✔ Unduh Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Matematika Sd/Mi Kelas I, Ii, Iii, Iv, V, Vi

Tujuan kurikulum ada 4 kompetensi, yakni :
1. Kompetensi Sikap Spiritual
2. Kompetensi Sikap Sosial
3. Kompetensi Pengetahuan
4. Kompetensi Keterampilan
Keempat kompetensi ia atas sanggup dicapai melalui proses pembelajaran, ialah intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.

Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu, “Menerima dan menjalankan fatwa agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu, “Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak pribadi (indirect teaching), ialah keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi penerima didik.

Baca juga :
KI dan KD BAHASA SUNDA KURIKULUM 2013 JENJANG SD/MI
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan sanggup dipakai sebagai pertimbangan guru dalam menyebarkan aksara penerima didik lebih lanjut.

Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.

KELAS I

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya menurut rasa ingin tahu perihal dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang terang dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia


3.1 Menjelaskan makna bilangan cacah hingga dengan 99 sebagai banyak anggota suatu kumpulan objek
4.1 Menyajikan bilangan cacah hingga dengan 99 yang bersesuaian dengan banyak anggota kumpulan objek yang disajikan
3.2 Menjelaskan bilangan hingga dua angka dan nilai kawasan penyusun lambang bilangan menggunakan
kumpulan benda konkret serta cara membacanya
4.2 Menuliskan lambang bilangan hingga dua angka yang menyatakan
banyak anggota suatu kumpulan objek dengan inspirasi nilai tempat
3.3 Membandingkan dua bilangan hingga dua angka dengan memakai kumpulan benda benda konkret
4.3 Mengurutkan bilangan-bilangan hingga dua angka dari bilangan terkecil ke bilangan terbesar atau sebaliknya dengan memakai kumpulan benda-benda konkret
3.4 Menjelaskan dan melaksanakan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah hingga dengan 99 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan
pengurangan
4.4 Menyelesaikan duduk kasus kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah hingga dengan 99


3.5 Mengenal contoh bilangan yang  berkaitan dengan kumpulan benda /gambar/gerakan atau lainnya
4.5 Memprediksi dan menciptakan contoh bilangan yang berkaitan dengan kumpulan benda /gambar/gerakan atau lainnya
3.6 Mengenal berdiri ruang dan berdiri datar dengan memakai banyak sekali benda konkret
4.6 Mengelompokkan berdiri ruang dan berdiri datar menurut sifat tertentu dengan memakai banyak sekali benda konkret
3.7 Mengidentifikasi berdiri datar yang sanggup disusun membentuk contoh pengubinan
4.7 Menyusun bangun-bangun datar untuk membentuk pola
pengubinan
3.8 Mengenal dan memilih panjang dan berat dengan satuan tidak baku memakai benda /situasi konkret
4.8 Melakukan pengukuran panjang dan berat dalam satuan tidak baku dengan memakai benda/situasi konkret
3.9 Membandingkan panjang, berat, lamanya waktu, dan suhu memakai benda/ situasi konkret
4.9 Mengurutkan benda /kejadian/ keadaan menurut panjang, berat, lamanya waktu, dan suhu


KELAS II
Tujuan kurikulum meliputi empat kompetensi, ialah (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.

Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu, “Menerima dan menjalankan fatwa agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu, “Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak pribadi (indirect teaching), ialah keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi penerima didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan sanggup dipakai sebagai pertimbangan guru dalam menyebarkan aksara penerima didik lebih lanjut.

Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.


KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar,
melihat, membaca) dan menanya menurut rasa ingin tahu perihal dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang terang dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia

3.1 Menjelaskan makna bilangan cacah dan memilih lambangnya
menurut nilai kawasan dengan memakai model konkret serta cara membacanya
4.1 Membaca dan menyajikan bilangan cacah dan lambangnya menurut nilai kawasan dengan memakai model konkret
3.2 Membandingkan dua bilangan cacah
4.2 Mengurutkan bilangan-bilangan dari bilangan terkecil ke bilangan terbesar atau sebaliknya
3.3 Menjelaskan dan melaksanakan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah hingga dengan 999 dalam
kehidupan sehari-hari serta
mengaitkan penjumlahan dan
pengurangan
4.3 Menyelesaikan masalah
penjumlahan dan pengurangan
bilangan yang melibatkan bilangan cacah hingga dengan 999 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan
3.4 Menjelaskan perkalian dan
pembagian yang melibatkan
bilangan cacah dengan hasil kali hingga dengan 100 dalam
kehidupan sehari-hari serta
mengaitkan perkalian dan
pembagian
4.4 Menyelesaikan duduk kasus perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali hingga dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian

3.5 Menjelaskan nilai dan kesetaraan pecahan mata uang
4.5 Mengurutkan nilai mata uang serta mendemonstrasikan banyak sekali kesetaraan pecahan mata uang
3.6 Menjelaskan dan memilih panjang (termasuk jarak), berat,
dan waktu dalam satuan baku,
yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
4.6 Melakukan pengukuran panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan
dengan kehidupan sehari-hari
3.7 Menjelaskan pecahan 1/2, 1/3 , dan 1/4 menggunakan benda-benda konkret dalam kehidupan sehari hari
4.7 Menyajikan pecahan 1/2, 1/3 , dan 1/4 yang bersesuaian dengan bab dari keseluruhan suatu benda konkret dalam kehidupan
sehari-hari
3.8 Menjelaskan ruas garis dengan memakai model konkret berdiri datar dan berdiri ruang
4.8 Mengidentifikasi ruas garis
dengan memakai model
konkret berdiri datar dan
bangun ruang
3.9 Menjelaskan berdiri datar dan berdiri ruang menurut ciri cirinya
4.9 Mengklasifikasi berdiri datar dan berdiri ruang menurut ciri cirinya
3.10 Menjelaskan contoh barisan berdiri datar dan berdiri ruang memakai gambar atau benda konkret
4.10 Memprediksi contoh barisan berdiri datar dan berdiri ruang memakai gambar atau benda konkret


KELAS III

Tujuan kurikulum meliputi empat kompetensi, ialah (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler. Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu, “Menerima dan menjalankan fatwa agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu, “Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru”.

Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak pribadi (indirect teaching), ialah keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi penerima didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan sanggup dipakai sebagai pertimbangan guru dalam menyebarkan aksara penerima didik lebih lanjut.

Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3. Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya
menurut rasa ingin tahu perihal dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4. Menyajikan pengetahuan faktual
dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak
beriman dan berakhlak mulia


3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah
4.1 Menyelesaikan duduk kasus yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah
3.2 Menjelaskan bilangan cacah dan
pecahan sederhana (seperti
1/2, 1/3 , dan 1/4) yang disajikan pada garis bilangan
4.2 Menggunakan bilangan cacah dan
pecahan sederhana (seperti
1/2, 1/3 , dan 1/4 ) yang disajikan pada garis bilangan
3.3 Menyatakan suatu bilangan sebagai jumlah, selisih, hasil kali, atau hasil bagi dua bilangan cacah
4.3 Menilai apakah suatu bilangan sanggup dinyatakan sebagai jumlah, selisih, hasil kali, atau hasil bagi
dua bilangan cacah
3.4 Menggeneralisasi inspirasi pecahan sebagai bab dari keseluruhan
memakai benda-benda konkret
4.4 Menyajikan pecahan sebagai bab dari keseluruhan memakai benda-benda konkret
3.5 Menjelaskan dan melaksanakan penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut sama
4.5 Menyelesaikan duduk kasus penjumlahan dan pengurangan
pecahan berpenyebut sama
3.6 Menjelaskan dan memilih usang waktu suatu insiden berlangsung
4.6 Menyelesaikan duduk kasus yang berkaitan usang waktu suatu
insiden berlangsung
3.7 Mendeskripsikan dan memilih kekerabatan antar satuan baku untuk panjang, berat, dan waktu yang umumnya dipakai dalam kehidupan sehari-hari
4.7 Menyelesaikan duduk kasus yang berkaitan dengan hubungan
antarsatuan baku untuk panjang, berat, dan waktu yang umumnya
dipakai dalam kehidupan sehari-hari
3.8 Menjelaskan dan memilih luas
dan volume dalam satuan tidak baku dengan memakai benda konkret
4.8 Menyelesaikan duduk kasus luas dan
volume dalam satuan tidak baku dengan memakai benda
konkret
3.9 Menjelaskan simetri lipat dan simetri putar pada berdiri datar
memakai benda konkret
4.9 Mengidentifikasi simetri lipat dan
simetri putar pada berdiri datar memakai benda konkret
3.10 Menjelaskan dan memilih keliling berdiri datar
4.10 Menyajikan dan menuntaskan duduk kasus yang berkaitan dengan
keliling berdiri datar
3.11 Menjelaskan sudut, jenis sudut (sudut siku-siku, sudut lancip, dan
sudut tumpul), dan satuan pengukuran tidak baku
4.11 Mengidentifikasi jenis sudut, (sudut siku-siku, sudut lancip, dan
sudut tumpul), dan satuan pengukuran tidak baku
3.12 Menganalisis banyak sekali berdiri datar menurut sifat-sifat yang dimiliki
4.12 Mengelompokkan banyak sekali bangun
datar menurut sifat-sifat yang dimiliki
3.13 Menjelaskan data berkaitan dengan
diri penerima didik yang disajikan dalam diagram gambar
4.13 Menyajikan data berkaitan dengan
diri penerima didik yang disajikan dalam diagram gambar


KELAS IV

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR MATEMATIKA SD ✔ UNDUH KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR MATEMATIKA SD/MI KELAS I, II, III, IV, V, VI
KI DAN KD MATEMATIKA KELAS IV SD/MI

KELAS V

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR MATEMATIKA SD ✔ UNDUH KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR MATEMATIKA SD/MI KELAS I, II, III, IV, V, VI
KI DAN KD MATEMATIKA KELAS V SD/MI

KELAS VI

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR MATEMATIKA SD ✔ UNDUH KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR MATEMATIKA SD/MI KELAS I, II, III, IV, V, VI
KI DAN KD MATEMATIKA KELAS VI SD/MI
Silhkan ambil filenya di bawah ini.
Kami rekomendasikan :



Itulah KI dan KD Matematika SD/MI Kurikulum 2013. Semoga sanggup bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "✔ Unduh Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Matematika Sd/Mi Kelas I, Ii, Iii, Iv, V, Vi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel