✔ Pola Balasan Kiprah Evaluasi Diri Guru Diklat Pkb Melalui Pkp Berbasis Zonasi 2019

Pada Diklat atau Pendidikan dan Pelatihan Pengembagan Keperofrsian Berkelanjutan (PKB) melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi Tahun 2019 merupakan kegiatan salah satu upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan meningkatkan kualitas lulusan penerima didik.

Guru sebagai pendidikan profrsional memiliki kiprah utama yaitu mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan melatih, menilai serta mengevaluasi penerima didik. Guru sebagai tenaga jago profesional memegang peranan yang sangat penting dalam memilih prestasi penerima didik. Dimana guru perlu mengaktualisaikan diri atau meng update diri dengan melalukan banyak sekali kegiatan diantaranya Pengembangan Keprofesian Berkelanutan. Dalam kurun waktu hingga kini ini Ditjen GTK telah melaksanakan PKB, PKP yang memfokuskan pada peningkatan kompetensi guru terutama peningkatan pedagogok dan profesional. Dalam Diklat PKP ini memfokuskan kepada memeintarkan penerima didik yaitu melalui pembelajaran berorientasi pada keterampilam berfikir tingkat tinggi.

Dalam kaitannya dengan Diklat PKB melalui PKP Basis Zonasi tahun 2019 ini adanya salah satu kiprah yang harus selesai oleh guru sebagai penerima Diklat yaitu tugasnya " Penilian Diri Guru ". Lama Diklat yaitu selama 5 minggu, In dan On. In yaitu pertemuan seluruh penerima diklat di kawasan atau wilayah pembelajaran yang sudah ditentukan dengan Guru Inti, Sedangkan On yaitu praktek guru di sekolahnya masing-masing.

Tugas Penilaian Diri Guru ini ada di In 1 dan harus selesai dan di bawa pada pertemuan In 2, disetorkan kepada Guru Inti.

Saya disini akan memperlihatkan salah satu pola balasan dari kiprah Penilaian Diri Guru atas nama Yanti Parida, S.Pd.SD dari SDN 2 Karyamukti Kecamatan Cibalong Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat, usang mengajar dia yaitu 16 tahun 09 bulan. Lihat selengkapnya menyerupai di bawah ini.


Silahkan miliki untuk rujukan atau pola Bapak dan Ibu sebagai penerima Diklat PKP.

PENILAIAN DIRI GURU

Nama Sekolah   : 
Nama Guru        : 
Lama Mengajar  : 

Jelaskan secara singkat apa yang Anda pahami terkait kompetensi pedagogik berikut!
Selengkapnya sebagai berikut.
Baca :

5
Perumusan Indikator pencapaian kompetensi (IPK)
Saya sudah merumuskan Indikator pencapaian kompetensi (IPK) dalam proses pembuatan tolok ukur yang dipakai untuk mengetahui ketercapaian kompetensi.
6
Model-model pembelajaran
Saya sudah mempersiapkan metode pembelajaran menyerupai diskusi kelompk, bermainperan, ceramah sesuai rencana.
Model-model pembelajaran yaitu kumpulan beberapa metode dan teknik pembelajaran yang dirangkai dalam langkah-langkah pembelajaran (sintak).
7
Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berorientasi HOTS
Saya sudah menciptakan RPP sebelum pembelajaran.
Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berorientasi HOTS yaitu RPP yang memuat perencanaan pembelejaran yang memperhatikan pengembangan keterampilan berpikir tingkat tinggi.
8
Pengembangan soal HOTS
Saya sudah menerapkan pengembangan soal HOTS.
Pengembangan soal HOTS yaitu upaya yang dilakukan untuk menciptakan soal penilaian yang merangsang kemampuan berpikir tingkat tinggi.
B
Profesional
Saya sudah mempersiapkan RPP yang tersusun secara sistematis sesuai format, dan melaksanakannya mulai dari awal hingga final pembelajaran.
Profesional yaitu suatu kemampuan yang diperoleh dari proses pendidikan. Dengan kata lain, orang yang disebut professional yaitu orang yang melaksanakan sesuatu tidak dengan asal-asalan/ amatiran.
9
Penguasaan materi, struktur dan konsep mata pelajaran yang diampu
Saya sudah mempersiapkan terhadap penguasaan materi, struktur dan konsep mata pelajaran yang diampu ini kemampuan yang dimiliki saya pada bahan ajar, tata cara bagaimana bahan didik itu disusun dan rangkaian fakta yang membentuk sebuah mata pelajaran.
10
Pengembangan professional melalui tindakan yang reflektif
Saya melaksanakan pengembangan professional melalui tindakan yang reflektif ini merupakan suatu usaha/upaya yang dilakukan untuk meningkatkan profesionalisme melalui kegiatan memikirkan kembali apa yang sudah dilakukan
  
                                                                                                ................., Oktober 2019

                                                                                                nama guru / penerima diklat 
Demikianlah terkait dengan kiprah yang ada pada PKB melalui Diklat PKP Berbasis Zonasi tahun 2019 lengkap dengan balasan yang sudah jadi atau fix. Semoga bermanfaat dan membantu Bapak Ibu pesetta Diklat. Selamat belajar

Belum ada Komentar untuk "✔ Pola Balasan Kiprah Evaluasi Diri Guru Diklat Pkb Melalui Pkp Berbasis Zonasi 2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel