✔ Download Silabus K-13 Tahun Fatwa 2019/2020 Kelas 2 Sd/Mi Semester 1 Dan 2 Tema 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8 Revisi 2018

 Menerima kekerabatan gambar pada lambang Negara dengan sila ✔ Download Silabus K-13 Tahun Ajaran 2019/2020 Kelas 2 SD/MI Semester 1 dan 2 Tema 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8 Revisi 2018
Silabus K13 SD/MI Kelas 2 Semester 1 & 2 Tema 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8 Revisi 2018

SILABUS 

TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Nama Sekolah : .......................
Kelas / Semester : 2 / 1
Tema   : Hidup Rukun
Waktu : 112 jam pelajaran

Mata Pelajaran dan Kompetensi Dasar 
1.1 Menerima kekerabatan gambar pada lambang Negara dengan sila-sila Pancasila dengan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
2.1 Bersikap positif terhadap kekerabatan gambar pada lambang Negara dengan sila-sila Pancasila
3.1 Memperkirakan kekerabatan gambar pada lambang Negara dengan sila-sila Pancasila
4.1 Menceritakan kekerabatan gambar pada lambang Negara dengan sila-sila Pancasila

Bahasa Indonesia
3.1 Memaham ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks dongeng atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun
4.1 Menirukan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan dalam dongeng atau lagu belum dewasa dengan bahasa yang santun
3.6 Memahami ungkapan permintaan maaf dan tolong melalui teks perihal budaya santun sebagai gambaran  sikap hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia
4.6 Menyampaikan ungkapan-ungkapan santun (menggunakan kata “maaf”, “tolong”) untuk hidup rukun dalam kemajemukan.

Matematika
3.1 Menjelaskan makna bilangan cacah dan memilih lambangnya menurut nilai daerah dengan memakai model faktual serta cara membacanya
4.1 Membaca dan menyajikan bilangan cacah dan lambangnyaberdasarkan nilai daerah dengan memakai model konkret
3.2 Membandingkan dua bilangan cacah
4.2 Mengurutkan bilangan-bilangan   dari bilangan terkecil ke bilangan terbesar atau sebaliknya
3.3    Menjelaskan dan melaksanakan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan  bilangan cacah hingga dengan 999 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan
4.3 Menyelesaikan duduk kasus penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah hingga dengan 999 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan

Seni Budaya dan Prakarya
3.1    Mengenal karya imajinatif dua dan tiga dimensi
4.1    Membuat karya imajinatif dua dan tiga dimensi
3.2    Mengenal pola irama sederhana melalui lagu anak-anak
4.2 Menampilkan pola irama sederhana melalui lagu belum dewasa
3.3 Mengenal gerak keseharian dan alam dalam tari
4.3 Meragakan gerak keseharian dan alam dalam tari
3.4    Mengenal pengolahan materi alam dan buatan dalam berkarya
4.4    Membuat hiasan dari materi alam dan buatan

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
3.1 Memahami penggunaan abjad kapital (nama Tuhan) nama orang, nama agama serta tanda titik dan tanda tanya dalam kalimat yang benar
4.1    Mempraktikkan variasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam banyak sekali bentuk permainan sederhana dan atau tradisional

Materi Pelajaran
  • Hubungan gambar pada lambang Negara dengan sila-sila Pancasila
  • Ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks dongeng atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun
  • Budaya santun (permintaan maaf/tolong) sebagai gambaran  sikap hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia melalui ungkapan dalam bahasa Indonesia verbal dan tulis
  • Makna bilangan cacah dan memilih lambangnya menurut nilai daerah dengan memakai model faktual serta cara membacanya
  • Pertidaksamaan dua bilangan cacah
  • Bilangan cacah yang bersesuaian dengan kumpulan obyek
  • Penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan  bilangan cacah hingga dengan 999 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan
  • Karya imajinatif dua dan tiga dimensi
  • Pola irama sederhana melalui lagu anak-anak
  • Gerak keseharian dan alam dalam tari
  • Pengolahan materi alam dan buatan dalam berkarya
  • Prosedur gerak variasi pola gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam banyak sekali bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
Kegiatan Pembelajaran
Subtema 1: Hidup Rukun di Rumah (28 jam pelajaran)
  • Menyimak teks perihal hidup rukun yang dibacakan guru lalu   menyebutkan ungkapan yang ada di dalamnya dengan toleransi dan tanggung jawab.
  • Membaca teks percakapan terkait dengan hidup rukun dan memerankannya dengan sobat dilandasi sikap toleransi dan percaya diri.
  • Menuliskan kembali isi dongeng yang sudah dibaca dilanjutkan dengan mengamati pengelompokan gambar buku yang mengatakan nilai daerah bilangan serta menuntaskan operasi hitung bilangan cacah tiga angka secara teliti dan percaya diri.
  • Menyanyikan lagu Peramah dan Sopan terkait hidup rukun sesuai pola irama secara  bahu-membahu dengan percaya diri.  
  • Menyimak klarifikasi guru terkait kekerabatan gambar (simbol sila-sila Pancasila) pada lambang negara dengan sila-sila Pancasila rasa ingin tahu dan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  • Mengamati gambar keluarga yang sedang beribadah, kemudian mendiskusikan gambar yang diamati sesuai sila–sila Pancasila  dengan sikap toleransi.
  • Menceritakan pengalaman dalam menerapkan nilai sila-sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
  • Mengamati gambar dan meragakan gerak dasar berjalan dengan rasa ingin tahu.
  • Mencari ungkapan di dalam syair lagu “Peramah dan Sopan” dan menjelaskan artinya dengan penuh tanggung jawab.
  • Membaca bilangan tiga angka, menuliskan lambangnya, dan memilih nilai tempatnya dengan teliti
  • Membaca teks percakapan perihal sikap sopan yang sanggup memelihara kerukunan bersama sobat sebangku dengan penuh toleransi dan percaya diri.
  • Menampilkan pola irama sederhana melalui lagu belum dewasa dengan gerak badan sesuai irama penuh semangat.
  • Mengamati gambar dan meragakan gerak dasar berlari dilanjutkan  dengan melaksanakan permainan tradisional penuh tanggung jawab
  • Membaca teks terkait penerapan nilai-nilai sila Pancasila dan menceritakan kembali isinya dengan percaya diri.
  • Mengamati bungkus makanan/ tiket/karcis kemudian membaca angka yang tertera kemudian menuliskan sesuai dengan nilai daerah dengan kerjasama..
Subtema 2: Hidup Rukun di Tempat Bermain (28 jam pelajaran)
  • Mengamati gambar dan mengurutkannya sehingga menjadi sebuah dongeng runtut dengan kreatif.
  • Melakukan gerakan kepala, tangan, dan kaki tanpa hitungan, dilanjutkan gerakan yang    dilakukan dengan hitungan sesuai permintaan sobat secara berpasangan dengan penuh semangat.
  • Mengamati sekumpulan kubus yang ditata sesuai dengan nilai tempatnya, kemudian membandingkan kelompok kubus yang satu dengan yang lain menurut nilai tempatnya dengan teliti.
  • Membuat pertanyaan menurut bacaan terkait hidup  rukun yang telah disimaknya dengan rasa ingin tahu dan percaya diri
  • Mengamati gambar dan meragakan gerak dasar lokomotor sesuai teladan yang diberikan guru. Kemudian melaksanakan permainan tradisional dengan jujur dan percaya diri.
  • Mengamati gambar permainan tradisional dan menuliskan isinya  dalam bentuk dongeng sederhana dengan kreatif.
  • Mengurutkan kalimat berisi teladan penerapan nilai-nilai sila Pancasila sesuai gambar sehingga menjadi dongeng yang runtut dengan percaya diri.
  • Mengamati gambar/video/film yang terkait dengan pengamalan sila-sila  Pancasila di daerah bermain dan menceritakan kembali isinya dengan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  • Meragakan gerakan koordinasi antara tangan, kaki, dan kepala dengan mengambil teladan gerakan bermain layang-layang dengan semangat.
  • Membaca percakapan yang memuat kalimat permintaan dengan cara melaksanakan gerak dasar lokomotor penuh semangat.
  • Membandingkan bilangan tiga angka dengan sobat secara berpasangan dengan tanggung jawab.
  • Membandingkan  dua bilangan cacah melalui diskusi kelompok dengan kolaborasi dan percaya diri.
  • Mengamati gambar tarian anak dilanjutkan dengan menirukan gerakan koordinasi kepala, tangan, dan kaki dengan hitungan dengan tanggung jawab.
  • Menyimak syair  lagu “Gembira” yang dibacakan oleh guru dilanjutkan dengan menyanyi bahu-membahu kemudian mengidentifikasi kalimat yang memakai kata permintaan dengan rasa ingin tahu.
  • Menjelaskan arti pentingnya kolaborasi untuk menjaga kerukunan dalam kehidupan sehari-hari dengan percaya diri.
  • Membuat teks percakapan dengan memakai kata permintaan yang berkaitan dengan dongeng hidup rukun dan toleransi dengan  rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  • Berdiskusi mengenai kerukunan dan kekompakan yang harus dilaksanakan saat bermain dengan sobat secara santun dan percaya diri.
  • Melakukan permainan berlari berpasangan dengan rintangan sebagai teladan penerapan nilai-nilai sila Pancasila secara sportif.
  • Mengidentifikasi dan menceritakan  sikap yang merupakan penerapan nilai sila-sila Pancasila di daerah bermain dengan percaya diri.
  • Mengurutkan  bilangan tiga angka dari yang terkecil atau sebaliknya menurut nilai tempatnya dengan teliti dan jujur.
Subtema 3: Hidup Rukun di Sekolah (28 jam pelajaran)
  • Mengamati teks percakapan yang mengandung kalimat perintah sesuai nilai sila-sila Pancasila dengan rasa ingin tahu.
  • Membuat kalimat perintah sesuai dengan gambar percakapan imajinatif dengan percaya diri.
  • Menyelesaikan  permasalahan dalam kehidupan sehari-hari  terkait dengan operasi hitung penjumlahan cara susun panjang dengan teliti dan percaya diri.
  • Menceritakan aktivitas di sekolah yang menerapkan pengamalan  nilai sila –sila Pancasila dengan percaya diri dan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  • Menyelesaikan operasi hitung  penjumlahan dan pengurangan dengan teliti dan percaya diri.
  • Mewarnai gambar imajinatif kemudian menciptakan pertanyaan sesuai gambar dengan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  • Menuliskan dan menyebutkan  suara sila –sila  Pancasila dengan penuh rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  • Menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari yang memuat penyelesaian operasi hitung pengurangan dengan teliti..

Subtema 4: Hidup Rukun di Masyarakat (28 jam pelajaran)
  • Mengidentifikasi kalimat yang mengatakan permintaan dan kalimat yang menolak permintaan dalam teks wacana dengan teliti dan percaya diri.
  • Mengurutkan gambar menjadi sebuah dongeng dan menuliskan angka di samping gambar yang mengatakan urutan dongeng dengan percaya diri.
  • Menuliskan materi dan alat yang dipakai untuk menciptakan setiap jenis prakarya dengan tanggung jawab.
  • Membuat hiasan memakai materi baku dari  biji-bijian dan diintegrasikan dengan penyelesaian operasi hitung penjumlahan dan pengurangan dengan teliti.
  • Menceritakan kembali teks percakapan yang sudah dibaca dan  mencantumkan bab penolakan permintaan dengan santun.
  • Menceritakan pengalaman aktivitas di masyarakat yang sesuai dengan penerapan nilai-nilai  sila Pancasila secara tertulis dan verbal dengan jujur dan percaya diri.
  • Menceritakan aktivitas gotong-royong yang dilakukan di lingkungan rumah dengan percaya diri.
  • Menunjukkan dan menuliskan   kalimat penolakan yang terdapat pada teks percakapan dengan toleransi dan percaya diri.
  • Membuat karya kreasi dari biji-bijian dengan rasa syukur kepada Tuhan yang maha Esa.
  • Mengamati gerakan-gerakan melompat  dan meloncat, serta memeragakannya dengan penuh percaya diri.
  • Menyimpulkan isi teks perihal olahraga dengan percaya diri dan tanggung jawab.
  • Mencari dan menuliskan kalimat penolakan dan kalimat yang mengatakan keadilan pada dongeng yang didengarnya dengan teliti.
  • Menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari yang terkait dengan  operasi hitung penjumlahan dan pengurangan. 
Selengkapnya silahkan Bapak Ibu unduh atau download filenya di bawah ini.
NEXT :
Selamat pagi semuanya terutama kepada guru-guru SD dan Madrasah Ibtidaiyah Kelas 2, yang sedang mencari perangkat pem…
DOWNLOAD BUKU GURU DAN SISWA KURIKULUM 2013 SD/MI KELAS 1, 2, 3, 4, 5, 6 REVISI 2018 & 2017
Download Silabus, RPP, Prota, Promes, SD, KD, KKM SD/MI Kelas 2 Semester 1 dan 2.rar - Kami unggah khusus untuk Kelas 2 SD/MI terkait dengan Administrasi Kelas untuk Guru, dengan tujuan hanyalah membantu biar meringankan sedikit pekerjaan perihal manajemen yang setiap hari dikerjakan. Dengan adanya manajemen yang memadai Guru tidak akan kelabakan untuk menjalankan...
Silabus yang diposting ini merupakan format microsoft wor, sehingga Bapak ibu sanggup mengeditnya, diantaranya nama guru, nama kepala sekolah, nama sekolah. Sekian dan terima kasih atas kunungannya dan semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "✔ Download Silabus K-13 Tahun Fatwa 2019/2020 Kelas 2 Sd/Mi Semester 1 Dan 2 Tema 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8 Revisi 2018"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel