✔ Download Bahan Lengkap Diklat Penguatan Kepala Sekolah Tahun 2019

Bahan Pembelajaran Latihan Kepemimpinan bagi Calon Kepala Sekolah / Madrasah, Lembaga Pengembagan Kepala Sekolah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Mengadakan Pendidikan dan Latihan atau Diklat Penguatan Kepala Sekolah. Artian penguatan Kepala Sekolah yakni Kepala Sekolah yang sedang aktif menjabat sebagai kepala sekolah di satuan pendidikan tetapi belum mengikuti Diklat pada tahun sebelumnya yang diselengkarakan oleh LPPKS (Lembaga Pengembanagan Kepala Sekolah) yang berpusat di Surakarta, Solo. Untuk tahun kini menyerupai di Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat tepatnya pada tanggal 9 September 2019 akan diadakan Diklat Penguatan Kepala Sekolah. Setelah selesai dan berakhir dinyatakan lulus dari Diklat maka akan mendapat NUKS (Nomor Unik Kepala Sekolah).

Dalam rangka peningkatan mutu kepala sekolah/madrasah pemerintah mengeluarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 28 tahun 2010 wacana Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah/ Madrasah. Permendiknas ini memuat wacana sistem penyiapan calon kepala sekolah/madrasah, proses pengangkatan kepala sekolah/madrasah, masa tugas, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), evaluasi kinerja kepala sekolah/madrasah, mutasi dan pemberhentian kiprah guru sebagai kepala sekolah/madrasah.

Dalam sistem penyiapan calon kepala sekolah/madrasah, penerima yang telah lulus seleksi manajemen dan seleksi akademik, mengikuti Pendidikan dan Latihan Calon Kepala Sekolah/madrasah (Diklat Cakep). Dalam Diklat Calon Kepala sekolah tersebut, penerima mendapat materi-materi yang berkaitan dengan tugas, pokok dan fungsi kepala sekolah baik bersifat manajerial sekolah maupun kepemimpinan sekolah.

Berkaitan dengan hal tersebut, LPPKS menyiapkan materi pembelajaran sesuai dengan materi yang dibutuhkan calon kepala sekolah. Materi ini dirancang untuk pembelajaran mandiri, sehingga calon kepala sekolah sanggup memakai materi pembelajaran ini secara aktif. Dengan keinginan pada final kegiatan pembelajaran, pengetahuan dan keterampilan penerima dalam mempersiapkan diri menjadi kepala sekolah menujukkan peningkatan yang signifikan dan pada gilirannya akan sanggup dimanfaatkan sebagai dasar pengembangan keprofesian mereka secara berkelanjutan. Kemudian dari semua yang diperolehnya itu, diperlukan akan berdampak pada semakin banyaknya pemimpin-pemimpin gres yang amanah, berjiwa wirausaha, dan profesional.

Terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat dalam penyusunan materi pembelajaran ini. Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberkati kita semua.

 Bahan Pembelajaran Latihan Kepemimpinan bagi Calon Kepala Sekolah  ✔ Download Materi Lengkap Diklat Penguatan Kepala Sekolah Tahun 2019
Download Materi Diklat Penguatan Kepala Sekolah Tahun 2019

Ruang Lingkup Materi
Ruang lingkup materi sajian disusun sebagai berikut:
  1. Integritas kepribadian sebagai pemimpin
  2. Bekerja sama dengan pihak lain dan mempunyai kepekaan sosial terhadap orang atau kelompok lain.
  3. Bekerja keras, membuat inovasi, pantang menyerah, dan mempunyai naluri kewirausahaan dalam mengelola kegiatan sekolah/madrasah sebagai sumber berguru calon kepala sekolah.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Bahan Diklat ini sanggup dipakai calon Kepala Sekolah atau bagai penguatan kepala sekolah sebagai contoh dalam memimpin di sekolah. Permasalahan yang Saudara temukan diskusikan dengan  pengawas/fasilitator. Hasil diskusi sanggup dipakai untuk menyempurnakan aktivitas kepemimpinan di sekolah. Hasil penyempurnaan aktivitas kepemimpinan dipaparkan di hadapan pengawas/fasilitator dengan prosedur operasional yang terang dan menambah peran, tanggung jawab petugas yang diberi amanat sehingga sanggup mempermudah pekerjaan kepala sekolah sebagai pemimpin dalam mengelola sekolah sehingga sanggup memperlancar pekerjaan kepala sekolah sehari-hari dan optimalisasi kegiatan pembelajaran yang berbasis kewirausahaan yang berkepemimpinan serta mempunyai integritas sehingga warga sekolah memliki jiwa wirausaha, berkepribadian,sosial dalam mengelola sekolah sebagai sumber belajar.

Uji Pengetahuan Awal
  1. Apa yang dimaksud dengan integritas?
  2. Apa yang dimaksud dengan integritas kepribadian kepala sekolah?
  3. Integritas kepribadian menyerupai apakah yang harus dimiliki seorang kepala sekolah?
  4. Kerja sama menyerupai apa yang perlu dibangun dengan warga sekolah dan masyarakat dalam meningkatkan kegiatan pembelajaran siswa.
  5. Mengapa kepala sekolah perlu menjaga kekerabatan baik dan mempunyai kepekaan sosial dalam
    menjalankan kepemimpinannya sebagai kepala sekolah? Jelaskan!
  6. Apa yang dimaksud dengan jiwa wirausaha kepala sekolah?
  7. Sebutkan beberapa ciri-ciri wirausaha yang berhasil?
  8. Mengapa kepala sekolah ingin menjadi seorang wirausaha yang sukses?
Konsep Kepemimpinan Pembelajaran
Kepemimpinan pembelajaran intinya merupakan suatu implementasi kepemimpinan seorang pemimpin institusi pendidikan yang memfokuskan diri pada kualitas pembelajaran sehingga yang bersangkutan secara terus menerus membuatkan kualitas pembelajaran yang diselenggarakan pada institusinya. Sehubungan dengan fokusnya pada pembelajaran maka kepemimpinan pembelajaran atau Instructional Leadership ini seringkali disebut sebagai Learning-Centred Leadership. Indikator keberhasilan pengembangan kualitas pembelajaran ini terutama diukur melalui kualitas lulusannya, baik melalui capaian atau hasil berguru lulusan maupun kebermanfaatan atau keberdayaan lulusan pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi maupun pada dunia kerja.

Selengkapnya semua materi Diklat Calon Kepala Sekolah / Penguatan Kepala Sekolah yaitu sebagai berikut.
Serupa :
Bahan Diklat, Petunjuk Teknis Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah/Penguatan Kepala Sekolah ini menurut lampiran V Peratura…
Tata kelola atau Paparan Kebijakan Pelaksanaan Pendidikan dan Latihan (Diklat) Penguatan Kepala Sekolah. materi ini disampaikan …
Download Modul 
Laporan Program Kerja Kepala Sekolah TP. 20.../20... dan Program Kerja TP. 20.../2...  LAPORAN  PELAKSANAAN PROGRAM KERJA TAHUN 2017/2018 Laporan Program Kerja Kepala Sekolah TP. 20.../20... dan Program Kerja TP. 20.../20... Pendidikan merupakan tanggung jawab bersama antara sekolah, orang renta dan masyarakat (Tri Pusat, Pendidikan). Sesuai dengan UU No. 20 Tahun...

Demikianlah yang sanggup admin susun wacana Materi Diklat untuk Materi Bahan Calon Kepala Sekolah dan Bahan Diklat Penguatan Kepala Sekolah. Semoga membantu Bapak Ibu baik yang akan melaksankan Diklat, maupun yang sedang melakukan Diklat. Kami ucapkan selamat berguru dan sekola lulus dengan predikat baik bahkan lebih baik atau memuaskan. Sekian dan terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "✔ Download Bahan Lengkap Diklat Penguatan Kepala Sekolah Tahun 2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel