✔ Ilmu Komputer, Komponen Utama Pada Komputer

Mengenal bab dan komponen komputer, ialah salah satu kecanggihan teknologi yang sudah beredar dan bahkan semua orang sudah menikmatinya, baik di rumah , perkantoran.

Bahkan teknologi yang berjulukan komputer sudah tidak abnormal lagi disana sini, dikarenakan semua  kalangan sudah mengunakannya baik muda-mudi maupun dewasa.

Adapun jenis-jenis komponen utama komputer sebagai berikut :

1. Casing CPU
Casing CPU ialah sebuah komponen komputer yang berfungsi sebagai pelindung dan daerah meletakkan atau menempelkan motheboard, power supply, optical disc drive, hard disk dan lain sebagainya. 

2. CPU ( Central Processing Unit )
CPU  ialah perangkat keras komputer yang memahami dan melaksanakan data dari perangkat lunak. Istilah lain CPU sebagai pemproses atau prosesor data.

CPU bertugas mengontrol komputer sehingga menjadi singkronisasi kerja antar komponen dalam menjalakan fungsi-fungsi operasinya.

CPU juga bertanggung jawab sebagai control dalam mengambil instruksi-instruksi dari memory utama dan menentuksn instruksi tersebut.

3. Montherboard/Mainboard
Montherboard juga sering disebut dengan mainboard yang diibaratkan sebuah kota yang berisi gedung-gedung rumah, jalan-jalan raya, beserta infrastruktur lainnya. Makara citra secara teknis, Montherboard ialah sebuah kota yang bekerjsama dari sistem komputer.

 ialah salah satu kecanggihan teknologi yang sudah beredar dan bahkan semua orang sudah m ✔ Ilmu Komputer, Komponen Utama Pada Komputer
Komponen Utama Pada Komputer
Gedung-gedung diibaratkan sebagai kumpulan chipset sedangkan jalan-jalan sanggup diibaratkan sebagai sirkuit elektronik yang menghubungkan setiap devesi tersebut.

Power supply yang memperlihatkan energy yang sanggup menghidupkan kota, sanggup diibaratkan sebagai pembangkit listrik, secara positif montherboard intinya ialah sebuah belahan papan elektronik PCB ( Printed Circuit Board ) yang berfungsi untuk menyediakan tempat, socket, slot dan connector bagi kompunen-kompunen tersebut.

Disisi lain montherboard juga sebagai pengatur dan mengkoordinir semua komponen biar sanggup berhubungan dengan dalam menjalankan perintahnya.

4. Prosesor
Prosesor sering disebut otak komputer dan sentra pengendali komputer yang didukung oleh komponen-komponen lainnya. Prosesor ialah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem pada komputer dan dipakai sebagai sentra otak dari komputer yang berfungsi untuk melaksanakan penghitungan dan menjalankan kiprah dengan baik.

5. Hard Disk
HDD menjadi singkat dari Hard Disk sedangkan HD singkat dari hard drive, ialah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis.

Hard Disk  berfungsi sebagai penyimpanan data secara permanen terutama sebagai penyimpan sistem operasi yang kita sanggup kanal kapanpun saja kita mau.

Hard Disk mempunyai kapasitas yang diukur dalam satuan Giga Byte dan Hard Disk harus menerima perhatian yang lebih, alasannya umumnya hard disk gampang rusak akhir jatuh dan goncangan yang cukup keras serta mengingat harganya cukup mahal.

Hard Disk mempunyai tiga macam jenis yang sering dipakai pada komputer, yaitu hard disk jenis IDE, SATA dan SCSI. Bagi pengguna komputer apabila ingin membelinya alangkah baiknya anda terlebih dahulu untuk memilih jenis hard disk apa yang akan dibeli sesuai dengan kebutuhan komputer anda.

6. CD  ROM
CD ROM juga di sebut Optical Disk ini salah satu memori yang ada dalam komputer. dikarenakan jadwal yang tersimpan di dalam ROM ini tidak gampang hilang atau berubah meskipun pemikiran listriknya dimatikan.

7. Power Supply
Power Supply ialah komponen elektro perangkat keras yang berfungsi sebagai penyuplai tegangan pribadi kedalam komponen-komponen komputer, mirip motherboard, hard disk, CD Drive, kipas dan komponen komputer lainnya.

8. Memory RAM
Dalam bahasa lain Memory RAM  disebut dengan ( Random Access Memory ) yang berfungsi untuk memegang instruksi data yang akan diproses oleh prosesor. RAM bersifat volatile dikarenakan data yang tersimpan dalam RAM akan hilang apabila komputer dimatikan.

9. Heatsink/ Fan Processor
Heatsink /Fan Processor ialah sebuah pendingan komputer atau pendingan CPU yang sanggup mengurangi dan juga menghilangkan panas pada komputer khususnya montherboard/mainboard.

Demikian artikel wacana ilmu komputer, Komponen Utama Pada Komputer semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "✔ Ilmu Komputer, Komponen Utama Pada Komputer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel