✔ Komet Kamikaze Terdeteksi, Kunci Menguak Asal Kehidupan Bumi Dari Segi Ilmu Astronomi

Komet Kamikaze Terdeteksi, Kunci Menguak Asal Kehidupan Bumi dari Segi Ilmu Astronomi– 

Teleskop Hubble membantu tim astronom Badan Antariksa Amerika Serikat menemukan bukti komet melesat ke bintang muda yang disebut HD 172555. Komet yang menuju bintang yang berjarak 95 tahun cahaya dari Bumi itu disebut komet kamikaze, merujuk contoh karakteristiknya. Namun sejauh ini, astronom belum melihat dengan niscaya komet kamikaze tersebut. 

Dikutip dari Engadget, Senin 9 Januari 2017, komet kamikaze dipandang dapat menawarkan wawasan yang mendalam bagi astronom untuk mengungkap pembentukan Tata Surya. 

Komet tersebut dinamakan komet kamikaze sebab objek antariksa itu menabrak Bumi miliaran tahun lalu. Momen komet menabrak bumi di masa kemudian itu diyakini bertanggung jawab atas kehadiran air ke Bumi pada masa awalnya. 

"Menyaksikan acara (komet) tersebut memberi kami wawasan apa yang mungkin terjadi pada masa-masa awal Tata Surya kita, ketika komet menabrak ke penggalan dalam Tata Surya,termasuk Bumi," ujar pemimpin ilmuwan Goddard Space Flight Center NASA, Maryland, Carol Grady. 

Bicara soal bintang yang menjadi tujuan komet kamikaze tersebut, teleskop Hubble mendeteksi gas karbon dan silikon yang bergerak cepat di pada cahaya bintang HD 172555, bersahabat tepi piringan bintang tersebut. Astronom menyampaikan klarifikasi yang paling mungkin terkait keberadaan gas tersebut yakni objek menyerupai komet yang hancur usai melewati piringan bintang. 

"Pada faktanya, komet tersebut dapat melahirkan kemungkinan kehidupan, sebab mereka membawa air dan elemen pembentuk kehidupan lainnya menyerupai karbon," ujarnya. 
Source: Viva.co.id

Belum ada Komentar untuk "✔ Komet Kamikaze Terdeteksi, Kunci Menguak Asal Kehidupan Bumi Dari Segi Ilmu Astronomi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel