Sepuluh Langkah Mengajar Bagi Guru Pemula. Menjadi guru bukanlah merupakan kiprah yang mudah. Seorang guru tidak hanya dituntut untuk bisa mengajarkan ilmu, tetapi juga harus menjadi referensi yang baik bagi anak didiknya, terlebih kalau sang guru yakni pemula. Jika Anda ingin tahu lebih banyak soal cara dan metode mengajar yang baik dan benar, coba cermati dan praktikkan beberapa hal berikut ini:

 1. Mengajar tidak hanya bangun dan duduk saja
 Jika diibaratkan, guru yang mengajar mirip ini terlihat kaku dan membosankan. Hindari cara mengajar yang hanya bangun atau duduk saja, alasannya yakni murid akan merasa jenuh harus melihat pada objek yang tidak bergerak. Cobalah dengan melaksanakan teknik interaksi, yaitu mengajar dengan jarak yang lebih bersahabat dengan murid dan berkeliling ke sekitar dingklik setiap murid. Dengan begitu, murid tidak akan jenuh alasannya yakni pandangannya selalu berubah-ubah arah.

 2. Gunakan metode khusus biar murid merespon bahan yang disampaikan 
Setelah Anda selesai menjelaskan bahan pembelajaran, selanjutnya ajak murid-murid untuk berdiskusi atau buka kesempatan bertanya biar suasana mencar ilmu tidak tegang. Metode khusus lainnya, yaitu dengan memancing murid untuk berkomentar atau beropini soal bahan yang telah Anda sampaikan. Apapun respon atau pendapat yang mereka sampaikan, Anda harus berikan apresiasi atau penghargaan biar semangat belajarnya terus melecut.

 3. Variasikan cara Anda mengajar
Cara memvariasikan proses mencar ilmu mengajar bisa dilakukan dengan banyak cara, mirip halnya memancing semangat mencar ilmu terlebih dahulu dengan menyanyikan yel-yel, kemudian disela-sela penyampaian bahan adakan pula kuis, dan diakhiri dengan mengajak murid untuk berdebat atau saling melontarkan pendapat masing-masing. 

4. Jadilah guru yang supel 
Tunjukan rasa prihatin dikala ada murid mengungkapkan permasalahan hidupnya, meskipun hal tersebut diluar jam pelajaran. Berikan solusi yang membuatnya merasa menemukan jalan keluar. Jadilah sosok referensi yang supel kepada semua murid tanpa melihat latar belakangnya. 5. Gunakan teknologi dikala mengajar Sekarang ini sudah banyak sarana mengajar bagi seorang guru biar lebih efektif dan efisien, salah satunya yaitu dengan memakai peralatan teknologi modern mirip visual audio dan video. Dengan memaksimalkan teknologi dalam mengajar, murid pun tidak akan merasa bosan.

 6. Mengajar dengan cara interaktif 
Cara ini sesungguhnya sudah kami singgung pada poin-poin sebelumnya. Intinya, dikala Anda mengajar, usahakan untuk selalu interaktif dengan murid. Dengan begitu, kedekatan guru dengan murid semakin hangat dan bahan yang disampiankan pun lebih gampang diserapnya. Cara mengajar yang baik dan benar ini, bisa dibilang wajib untuk dilakukan oleh semua guru di sekolah. 

7. Belajar di luar kelas 
Untuk menghilangkan kesan bosan di dalam kelas, Anda bisa ajak murid-murid untuk mencar ilmu di alam terbuka. Bisa dengan memanfaatkan taman sekolah atau dengan berkunjung ke tempat-tempat lain yang asri dan yang penting tidak jauh dari lingkungan sekolah. 

8. Sesekali praktik di lapangan
 Untuk meningkatkan daya serap murid pada bahan pembelajaran yang Anda sampaikan, tidak cukup dengan hanya mengandalkan teori saja. Sesekali ajak murid-murid untuk mencar ilmu praktik di lapangan. Karena dengan mencar ilmu praktik, bahan yang diserpnya bisa lebih gampang untuk dipahami. 

9. Bersikap sabar
 Tidak semua murid mempunyai kemampuan yang sama dalam memahami bahan yang Anda sampaikan. Jika Anda menemukan beberapa murid yang sulit memahami ilmu teori maupun praktik, cobalah untuk bersikap sabar dalam membimbingnya. Ajari murid-murid tersebut secara langsung dengan cara dan langkah-langkah yang sesuai dengan kapasitasnya. 

10. Terapkan closing mencar ilmu yang benar 
Diakhir proses mencar ilmu mengajar, Anda harus bisa menerapkan teknik closing mencar ilmu yang benar biar murid tidak lupa pada bahan yang telah disampaikan. Minimal Anda berikan kiprah mencar ilmu di rumah (PR). Itulah, 10 cara mengajar yang baik dan benar yang harus diketahui dan dilakukan oleh semua guru-guru di sekolah termasuk Anda.