✔ Kalkulator Berat Tubuh Ibu Hamil Dan Berat Tubuh Idealnya


Seiring dengan berkembangnya teknologi, kalkulator berat tubuh ibu hamil semakin kompleks. Dengan begitu, Anda tidak hanya akan sanggup menghitung berat tubuh selama kehamilan secara keseluruhan, namun juga per minggunya.

Misalnya ketika Anda mencari apakah Anda mempunyai berat tubuh ideal di ahad ke 29, maka Anda harus memasukkan tidak hanya tinggi tubuh namun juga masa kehamilan. Jika Anda mempunyai tinggi tubuh 153 cm dan usia kehamilan yang ingin diketahui yakni ahad ke-29 maka karenanya yakni sekitar 58,15 kg. Sehingga Anda sanggup mengetahui berat tubuh ideal ibu hamil (BBIH) yakni 58,15 kg.


Rumus Berat Badan Ibu Hamil

Jika Anda menghitung dengan memakai kalkulator yang ada di website ataupun aplikasi, Anda akan lebih gampang untuk memperoleh hasilnya. Namun, bila Anda tidak mempunyai jalan masuk untuk menghitung BBIH, Anda sanggup memakai cara manual. Rumusnya adalah:
BBIH = BBI + (UH x 0,35)

Keterangan:
-        BBI : berat tubuh ideal sebelum Anda hamil (satuan kg).
Rumus ini sendiri merupakan pengembangan dari rumus Borca untuk masyarakat Eropa. Rumus tersebut kemudian diubahsuaikan oleh Katsura sehingga pas untuk dipergunakan oleh orang Indonesia.
-        UH : Usia kehamilan yang dihitung per minggu.

Kenapa hitungnya per minggu? Karena dengan perhitungan per ahad sanggup membantu Anda untuk tahu apakah ada resiko penambahan berat badan. Jikapun ada yang salah contohnya penambahan berat tubuh terlalu banyak, maka sanggup dikurangi atau dilakukan kontrol supaya penambahan berat tubuh yang ideal.

-        BBIH: Berat tubuh ideal ibu hamil.
-        0,35 : pemanis berat tubuh untuk per minggunya.

Dipergunakan 0,35 dalam rumus BBIH disebabkan lantaran rata-rata berat tubuh sekitar 350-400 gr dan dipergunakan yang terendah untuk penitikberatan kualitas dibandingkan kuantitas
BBI sendiri sanggup diukur dengan rumus:

-        TB-110 untuk seseorang dengan tinggi tubuh di atas 160 cm. Misalnya tinggi tubuh Anda 165 cm, maka Anda akan memperoleh BBI sebesar 55.
-        TB-105 untuk seseorang yang mempunyai tinggi tubuh di bawah 160 cm. Misalnya tinggi tubuh 155 cm, maka BBI Anda yakni 50.
-        TB-100 untuk yang mempunyai tinggi tubuh di bawah 150 cm.

Rumus Berat Badan Ibu Hamil dengan Body Mass Index  (BMI)

Jika dirumuskan, perhitungan untuk kalkulator berat tubuh ibu hamil yaitu dengan:
BMI 
Keterangan:
BB = berat tubuh (satuan dalam kg).
TB = tinggi tubuh (satuan dalam meter).
Sehingga, bila Anda mempunyai tinggi 150 cm dan berat tubuh Anda yakni 70. Maka hasil perhitungannya yakni 70 : (1,5x1,5) = 31.1 atau sanggup dikatakan kurang.

Bagaimana Jika Berat Badan Kurang?

Jika berat tubuh kurang salah satu cara yang sanggup dilakukan yakni dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi 2x lebih banyak dibandingkan sebelumnya. Jikapun tidak bisa, contohnya Anda merasa mual terutama di trimester pertama, coba untuk makan dengan porsi yang sedikit namun sering.
Ada beberapa jenis kudapan yang sanggup Anda konsumsi ketika Anda merasa mual dan lapar sebelum jam utama. Beberapa di antaranya yakni yogurt, buah-buahan dan kacang-kacangan. Saat makan makanan utama, Anda sanggup mengkombinasikan makanan pokok ibarat nasi atau kentang dengan sayuran, buah, lauk yang berprotein ibarat tempe dan juga minuman susu ataupun jus buah.
Misalnya Anda tidak sanggup makan makanan yang banyak ibarat nasi, maka Anda sanggup menggantinya dengan mengkonsumsi kudapan yang lebih banyak. Misalnya dengan makan salad ataupun smootie sehat yang terbuat dari adonan sayur, buah dan yogurt.

Belum ada Komentar untuk "✔ Kalkulator Berat Tubuh Ibu Hamil Dan Berat Tubuh Idealnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel