✔ Download Soal Pilihan Ganda (Pg) Dan Isian Singkat Osn Sd/Mi Bidang Ipa

Download Soal Pilihan Ganda (PG) dan Isian Singkat OSN SD/MI Bidang IPA

Pemilihan siswa berprestasi niscaya akan diadakan untuk setiap tahun yang diselenggarakan oleh pemerintah melalui kemendikbud, sesuai tingkatannya baik SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MAK atau yang sederajat untuk menentukan putera-putri terbaik.

Seperti yang sekaran akan kami muat Soal Pilihan Ganda dan Isian Singkat untuk Tingkat Sekolad Dasar/Madrasah Ibtidaiyah yang niscaya sedang dicari baik eksklusif oleh siswa calon akseptor OSN IPA, maupun oleh guru pembimbingnya, dan bahkan orang tuanya sibuk untuk mencarikan pola soal-soal yang sudah diujikan pada tahun-tahun sebelumnya.

Kami di sini akan membagikannya kepada semua yang sedang memerlukannya.
Selamat mencoba untuk mempelajarinya.
SOAL OSN SD/MI Bidang IPA
Nomor Ujian : ........................................
Nama Siswa : .........................................
PILIHAN GANDA
1. Untuk mengurangi laju transpirasi di ekspresi dominan kemarau, beberapa tumbuhan berkayu
    menggugurkan daunnya (meranggas). Ciri daun pada tumbuhan tersebut yakni . . . .
    A. berlapis lilin          B. lebar           C. tebal           D. berduri

2. If herbivore on a food chain is extinct, then. . . .
    A. the first consumer increase
    B. secondary consumer decrease
    C. predator lose the natural enemies
    D. omnivore replaces the role of herbivore

3. Empat butir telur dari spesies binatang yang berbeda diinkubasi dalam kondisi dan temperatur yang 
    optimal. Tabel di bawah menawarkan waktu yang diharapkan telur sampai menetas. 
    Telur manakah yang dihasilkan oleh binatang di bawah ini?
Manakah ciri-ciri yang sempurna untuk keempat binatang tersebut?
A. 3                 B. 1 dan 3                   C. 1, 2, dan 3                     D. 1, 2, 3 dan 4

6.    


Tubuh seorang siswa diputar ke arah kanan sebanyak 10 kali dalam kondisi membungkuk dan mata tertutup (lihat gambar). Setelah berhenti, siswa tersebut diminta untuk berdiri kemudian berjalan lurus dengan badan tegak dan mata terbuka.
Hasilnya, siswa tersebut tidak bisa berjalan lurus bahkan hampir terjatuh saat berdiri. Mengapa hal tersebut sanggup terjadi?
A. mata berkunang-kunang sehingga kehilangan arah
B. akses setengah lingkaran pada indera pendengaran terganggu
C. sistem peredaran darah menuju kepala terganggu
D. rangka badan tidak bisa menyesuaikan diri dalam kondisi sekejap

7. Perhatikan skema alir di bawah ini.
Kesimpulan yang sanggup diambil dari skema alir tersebut adalah:
1. Sistem organ yang berbeda di dalam badan kita bekerja sama sehingga badan kita dapat 
    melaksanakan metabolisme.
2. Proses pencernaan dan pernapasan termasuk sistem sirkulasi.
3. Sistem sirkulasi mengirim sari masakan dan oksigen ke dalam sel.
4. Makanan dicerna seluruhnya dalam usus halus pada sistem pencernaan kita.
Manakah kesimpulan yang tepat?
A. 1 dan 3       B. 1, 3, dan 4         C. 2 dan 4         D. 1, 2, 3, dan 4

8.    
Dari gambar di atas, yang termasuk tumbuhan monokotil ditunjukkan oleh gambar . . .
A. 1 dan 3        B. 2 dan 4            C. 2 dan 3          D. 1 dan 4

9. Perhatikan skema dan binatang berikut.
Persamaan dari sel otot penyusun kedua organ tersebut adalah
1. Memiliki bentuk dan ukuran yang sama.
2. Memiliki mitokondria yang berfungsi menghasilkan energi untuk pergerakan otot tersebut.
3. Memiliki inti sel lebih dari satu.
4. Memiliki membran sel yang berfungsi mengontrol keluar masuknya suatu molekul.
Pernyataan yang benar adalah:
A. 1 dan 2         B. 2 dan 3          C. 2 dan 4           D. 3 dan 4

11. Banjir sanggup disebabkan oleh pendangkalan sungai, penebangan hutan tanpa reboisasi, dan 
      kurangnya kawasan resapan. Pilihlah dua upaya bijak yang sanggup dilakukan untuk mencegah banjir.
      A. mengubah lahan parkir menjadi taman kota dan membangun con block
      B. mengubah satu lahan kosong menjadi waduk dan menciptakan sungai buatan
      C. menciptakan biopori dan mengganti jalan perumahan beraspal menjadi con block
      D. menciptakan sumur dimana-mana dan membangun waduk

12. Berdasarkan grafik laju penguapan di bawah ini, bagaimanakah urutan gambar yang sesuai untuk 
      menggambarkan laju penguapan a, b, dan c secara berurutan?
Manakah dari pernyataan berikut yang benar wacana gambar di atas?
A. menghentikan proses pertumbuhan bakteri
B. menghilangkan zat-zat yang terdapat pada makanan
C. menambah kesejukan pada sayuran dan buah-buahan
D. memberi zat-zat embel-embel pada makanan

14.   
Tanaman anggrek menyerupai gambar di atas merupakan tumbuhan epifit. Tanaman tersebut mendapat air untuk metabolisme tubuhnya dengan cara . . . .
A. menghisap air dari tumbuhan yang ditumpanginya
B. selalu memperoleh air eksklusif dari tetesan air hujan
C. memanfaatkan kelembaban ajaran air di permukaan batang pohon yang ditumpanginya
D. memanjangkan akarnya sampai masuk ke dalam tanah

15. Perhatikan gambar populasi pohon akasia di bawah ini.

Gambar di atas menawarkan bahwa di sekitar pohon akasia tidak terdapat pohon berkayu jenis lain. Hal tersebut disebabkan oleh . . . .
A. pohon akasia mengeluarkan senyawa alelopati yang menyebabkan pohon berkayu jenis lain di 
     sekitarnya tidak sanggup tumbuh
B. sebagian besar nutrisi di dalam tanah diserap oleh pohon akasia sehingga tumbuhan di sekitarnya
     kekurangan nutrisi
C. sinar matahari tidak sanggup menembus tutupan daun akasia yang sangat lebat sehingga tumbuhan di
     sekitarnya tidak sanggup berfotosintesis
D. akar tumbuhan disekitarnya terhalang oleh akar akasia yang besar dan tumbuh menjalar ke segala
     arah

16. Anto ingin melaksanakan percobaan untuk mengklasifikasikan daun-daun dengan melakukan
      pengukuran panjang daun dan mengamati pola tulang daun. Pasangan alat apa yang paling tepat
      dipakai Anto yakni . . . .
Dari tabel di atas, benda yang paling renggang kerapatannya yakni . . . .
A. watu Bata         b. Es        c. Air      d. lem

19. Empat liter air bersuhu 250 C di tuangkan kedalam empat wadah yang berbeda masing-masing
      satu liter, menyerupai pada gambar.
Keempat wadah di gunakan untuk menyidik efek panas terhadap pemuaian dengan cara memanaskan air sampai mencapai suhu 650 C. Wadah yang mana yang paling baik digunakan?
A. Wadah A              B. Wadah B            C. Wadah C              D. Wadah D
20. .... 21.... dst

30. Gambar dibawah ini menawarkan sistem pengangkut air pada sumur.     
      Untuk meringankan pekerjaan mengangkat air dalam sumur, apakah yang harus dilakukan?  P : menciptakan W lebih panjang                                     

Q : menciptakan diameter X lebih besar
R : menciptakan diameter Y lebih kecil
S : menciptakan panjang tali Z lebih pendek
                                                                           A. P dan Q saja
B. Q dan R saja
C. P, Q, dan R saja
D. Semuanya
ISIAN SINGKAT 
31. Perhatikan gambar tersebut.
      a. Organ yang menghasilkan sel gamet ditunjukkan oleh nomor?
      b. Tempat perkembangan embrio ditunjukkan oleh nomor?
32. .....33......dst......
39. Bila kita menggosokkan pinggiran gelas kristal dengan tangan maka akan terdengar bunyi.
      Fenomena fisika yang terkait dengan suara ini disebut . . . .


40. Dinding beling A dan B disatukan dengan membentuk sudut 90°. Jika sebuah benda bulat
      diletakkan di antara kaca, gambarlah bayangan yang dibuat oleh beling tersebut pada gambar
      beling A dan B di bawah.
      (Ket: Gambarlah bulatan pada cermin sebagai jawaban)
Silahkan ambil soal ia atas selengkapnya ada pada tautan di bawah ini.
Soal lainnya :
Download Soal Olimpiade IPA SD
Download Soal Latihan Olimpiade IPA Sains SD
Kumpulan Soal Olimpiade IPA OSN SD
Selamat belajar, biar mendapat apa-apa yang dicita-citakan. Sukses selalu yang selalu admin ucapkan. Amiin

Belum ada Komentar untuk "✔ Download Soal Pilihan Ganda (Pg) Dan Isian Singkat Osn Sd/Mi Bidang Ipa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel