✔ Download Soal Latihan Dan Kunci Tanggapan Post Test Ukg Modul Kk A Dan Kk B Kelas Atas Guru Kelas Sd

Download Soal Latihan dan Kunci Jawaban Post Test UKG Modul KK A dan KK B Kelas Atas Guru Kelas SD

SOAL POSTEST KK A DAN KUNCI JAWABAN

SOAL LATIHAN MODUL A

PILIHLAH JAWABAN YANG PALING TEPAT!
1.    Berikut  yang tidak termasuk ke dalam metode yang sanggup dipakai untuk mengerjakan membaca dan menulis permulaan yaitu ...
a.    Metode tematik
b.    Metode eja
c.    Metode suku kata
d.    Metode bunyi

2.    Berdasarkan sejarah dan legalitasnya, bahasa Indonesia mempunyai dua kedudukan yang sangat penting yaitu sebagai bahasa nasional dan sebagai bahasa resmi/negara. Adapun dalam kedudukannya sebagai bahasa nasional, bahasa mempunyai empat fungsi, salah satunya yaitu ...
a.    Bahasa sebagai alat pemersatu banyak sekali masyarakat
b.    Bahasa resmi dalam perkembangan kebudayaan, pemanfaatan ilmu dan teknologi
c.    Bahasa bersifat produktif
d.    Bahasa resmi dalam perhubungan tingkat nasional

3.    Dalam paradigma profesionalisme kini ini, ada tidaknya nilai informatif dalam jaring komunikasi ternyata berbanding lurus dengan cakap tidaknya kita menulis. Pasalnya, selain harus bisa menerima, kita juga harus bisa memberi. Inilah efek jurnalisme yang kini sudah menyesaki hidup kita. Oleh lantaran itu, kita pun dituntut dalam hal tulis menulis demi penyebaran informasi.  Namun, persoalannya apakah kita peduli terhadap laras tulis bahasa kita. Sementara itu, yakinlah, watak dan tutur kata seseorang memperlihatkan asal usulnya atau dalam penegasan lain, bahasa yang kacau mencerminkan kekacauan pola pikir pemakainnya. Buku ini memperkenalkan langkah-langkah pragmatik yang Anda perlukan semoga goresan pena Anda bisa tampil wajar, segar, dan lezat dibaca.
Wacana tersebut termasuk ke dalam ragam bahasa ...
a.    Ragam bahasa ilmiah
b.    Ragam bahasa resmi
c.    Ragam bahasa tulis baku
d.    Ragam bahasa tak baku



Download Soal Latihan dan Kunci Jawaban Post Test UKG Modul KK A dan KK B Kelas Atas Guru  ✔ Download Soal Latihan dan Kunci Jawaban Post Test UKG Modul KK A dan KK B Kelas Atas Guru Kelas SD
Ilustrasi foto sedang pelaksanaan Uji Kompetensi Guru (UKG)
4.    Anak-anak kelas tiga diberikan kiprah oleh bu Fifi untuk membersihkan halaman depan sekolah, sehingga nampak nyaman, asri dan indah. Langkah yang dilaksanakan dalam pemberlajaran oleh bu Fifi yaitu ...
a.    Kerja kelompok, diskusi, desain, observasi, pembimbingan, implementasi
b.    Diskusi, desain, observasi, kerja kelompok, pembimbingan, implementasi
c.    Diskusi, kerja kelompok, desain, observasi, pembimbingan, implementasi
d.    Kerja kelompok, observasi, diskusi, desain, pembimbingan, implementasi

5.    Untuk mengetahui letak kelemahan yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan berguru dilakukan ...
a.    Diagnosis analitik
b.    Diagnosis umum
c.    Diagnosis psikologis
d.    Diagnosis patologis

6.    Identifikasi kemampuan awal dan karakteristik penerima didik merupakan salah satu upaya yang dilakukan para guru untuk memperoleh pemahaman perihal ...
a.    Desain jadwal pembelajara dan pembinaan tertentu yang perlu dikembangkan
b.    Memperoleh informasi yang lengkap dan akurat
c.    Tuntutan, bakat, minat, kebutuhan dan kepentingan penerima didik
d.    Menyeleksi tuntutan, bakat, minat, kemampuan, serta kecenderungan penerima didik

7.    Klimaks yaitu majas yang menyatakan beberapa hal secara berturut-turut dan makin usang makin meningkat, misalnya ...
a.    Bukan, bukan itu maksudku. Aku hanya ingin bertukar pikiran
b.    Semua pihak mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang bau tanah pun mengikuti lomba
c.    Dialah yang kutunggu, dialah yang kunanti, dialah yang kuinginkan, dialah yang kuharap
d.    Kepala sekolah, guru, staff dan siswa juga hadir dalam pesta kelulusan itu

8.    Beginilah menjelang senja di jantung kota. Sekelompok remaja nongkrong  di atas motor model terbaru mereka sambil ngobrol dan tertawa-tawa. Ada juga remaja atau mereka yang beranjak cukup umur duduk berdua-dua di kursi semen, di tas sadel motor, atau di trotoar. Anak-anak kecil berlarian sambil disuapi orang tuanya. Pengamen yang beristirahat sehabis seharian bekerja dan orang asing yang tidur di sisi pagar. Ragam bahasa wacana tersebut yaitu ...
a.    Ragam bahasa ilmiah
b.    Ragam bahasa resmi
c.    Ragam bahasa tulis baku
d.    Ragam bahasa tak baku

9.    Salovey dan Mayer (dalam Shapiro, 1997:5) menjelaskan bahwa berikut ini yang termasuk dalam kualitas-kualitas emosional yang penting untuk mencapai kesuksesan kecuali ...
a.    Empati
b.    Mengendalikan amarah
c.    Kemandirian
d.    Serius

10.    Pengelola Ancol memperkirakan sebanyak 500 ribu pengunjung hadir pada hari libur tahun gres 2016. Perkiraan ini dirasa tidak berlebihan mengingat membludaknya pengunjung pada tahun lalu. Sebagai daya tarik pengunjung, penglola menyiapkan banyak sekali jadwal hiburan dengan tema “Pesta Rakyat”, diantara pesta kembang api.
Gagasan utama paragraf tersebut yaitu ...
a.    Membludaknya pengunjung di Ancol
b.    Daya tarik pengelola Ancol
c.    Perkiraan jumlah pengunjung Ancol

11.    Bu Yustira guru di kelas 1 SD sedang berupaya untuk mengakomodasi perbedaan perkembangan penerima didik asuhannya. Beberapa diantaranya masih belum bisa membaca dan menulis lantaran pertolongan orang bau tanah yang terbatas, sibuk bekerja, serta berasal dari keluarga ekonomi lemah. Kegiatan pertama yang harus dilaksanakan pada dikala merencanakan pembelajaran yaitu ...
a.    Mengidentifikasi konsep dan cara membuatkan aspek yang sedang dibahas
b.    Mengumpulkan informasi dari orang bau tanah yang terkait dengan prilaku dan kebiasaan penerima didik
c.    Konsultasi dan memberikan planning jadwal kegiatan kepada beberapa pihak mirip kepala sekolah, orang tua, dan guru.
d.    Menyampaikan planning dan jadwal kepada kepala sekolah, sejawat, dan orang bau tanah penerima didik untuk mendapatkan pertolongan

12.    Kerusakan lingkungaan merupakan salah satu kasus besar yang dihadapi oleh umat insan di kurun modern kini ini. Hampir setiap hari kita selalu disuguhi dengan berita-berita perihal banyak sekali macam peristiwa alam, mirip banjir, tanah longsor, dan petaka lainnya yang telah memakan banyak korban, baik harta maupun nyawa. Semua peristiwa ini bergotong-royong yaitu akhir pola hidup sebagian besar insan modern yang tidak ramah lingkungan.
Paragraf di atas termasuk jenis wacara ...
a.    Argumentasi
b.    Persuasi
c.    Eksposisi
d.    Deskripsi

13.    Perbedaan kemampuan potensi penerima didik bisa mencangkup perbedaan dalam berkomunikasi, bersosialisasi atau perbedaan kemampuan kognitif, dan faktor yang menonjol dalam membentuk kemampuan kognitif yaitu faktor ...
a.    Pembentukan diri dan lingkungan keluarga sekitar
b.    Pengaruh tahapan usia, kesehatan, dan tinggi tubuh
c.    Pembentukan lingkungan alamiah dan lingkungan yang dibentuk
d.    Kemampuan anak berbeda dan meningkat

14.    Seorang guru memaparkan karakteristi seorang siswa sebagai berikut ;
-    Menunjukkan semakin baik dalam memakai logika berpikirnya
-    Dapat membina kekerabatan baik dengan sobat sebaya di lingkungan sekolah.
Kedua indikator di atas memperlihatkan pesesrta didik tersebut telah mengalami perkembangan dalam aspek ...
a.    Intelektual dan sopan santun
b.    Intelektual dan sosial
c.    Intelektual dan spiritual
d.    Intelektual dan emosional

15.    Salah satu prinsip perkembangan yaitu “ Laju perkembangan anak lebih pesat pada periode kanak-kanak dari periode berikutnya”. Implikasi terhadap pendidikan dari prinsip perkembangan tersebut adalah...
a.    Program (kurikulum) belar mengajar disusun secara sedikit demi sedikit dan berjenjang
b.    Program dan seni administrasi pemnbelajaran seyogyanya diorganisasikan semoga memungkinkan proses yang bersifat deduktif induktif
c.    Program dan seni administrasi berguru mengajar seyogyanya beroritasi pada materi
d.    lingkungan hidup dan pendidikan kanak-kanak amat penting untuk memperkaya pengalaman dan mempercepat laju perkembangannya 


Lihat yang lainnya :
Download Kumpulan Gambar Logo-Logo Kementerian Republik Indonesia
16.    Bacalah wacana dibawah ini !
Pergilah Ari ke pasar memakai sepeda bututnya. Sesampainya di pasar, dibelilah kebutuhan-kebutuhan hidupnya bersama sang ayah yang sakit-sakitan. Setelah semua barang terbeli, ia kemudian mengayuh sepeda tuanya meuju rumahnya yang hanya berupa gubuk di pinggir sungai.
Paragraf di atas termasuk jenis wacana ...
a.    narasi
b.    argumentasi
c.    eksposisi
d.    deskripsi

17.    Kegiatan di sekolahku demikian padatnya. Setiap hari saya harus masuk pukul 07.00. semoga tidak kesiangan saya harus berdiri pukul 04.30. Setelah mandi saya shalat Subuh. Kemudian saya segera mengenakan seram. Tak lupa saya melihat lagi buku-buku yang harus saya bawa. Selanjutnya saya makan pagi. Lalu kira-kira pukul 06.00 saya berangkat. Seperti biasa saya berangkat memakai angkutan umum. Jarak rumah dan sekolahku tidak terlalu jauh, sekitar lima kilometer.
Paragraf tersebut termasuk wacana ...
a.    Eksposisi
b.    Deskripsi
c.    Narasi
d.    Argumentasi

18.    Hal-hal yang dilakukan untuk mengidentifikasi kesulitan berguru penerima didik yaitu ...
a.    Memperhatikan atau menganalisis hasil observasi dan laporan hasil proses pembelajaran
b.    Mengidentifikasi kesulitan berguru pada bidang tertentu
c.    Menandai dan menemukan kesulitan berguru
d.    Menganalisis catatan hasil berguru

19.    Bu Ita ingin melaksanakan evaluasi bercerita di kelas 3, khususnya dalam segi kebahasaan. Oleh lantaran itu, ia akan memperhatikan hal-hal berikut ini ...
a.    Ketepatan kata, ketepatan ucapan, ketepatan kalimat
b.    Ketepatan ucapan, pilihan kata, sikap yang masuk akal
c.    Pilihan kata, ketepatan ucapan, dan penggunaan kalimat
d.    Ketepatan ucapan, pilihan kata, mimik yang masuk akal

20.    Mereka menulis karangan bebas di kelas.
Kalimat yang mempunyai pola yang sama dengan kalimat di atas yaitu ...
a.    Paman menanam pohon mangga di halaman rumah
b.    Saya menulis buku harian
c.    Paman menginap di rumah kami
d.    Kami ingin berlibur di rumah nenek

21.    Tahapan pemerolehan bahasa sanggup diperoleh melalu tahap linguistic. Berikut merupakan tahapan linguistic yang tertinggi yaitu ...
a.    Tahap satu kata (holofrasis)
b.    Tahap ibarat telepon (telephone speech)
c.    Tahap ibarat tetegram (telegram speech)
d.    Tahap ibarat bunyi atau ocehan (babling)
22.    Kata-katamu sunggu pedas di telingaku.
Kalimat tersebut merupakan perubahan makna kata ...
a.    Asosiasi
b.    Generalisasi
c.    Peyorasi
d.    Sinestesia

23.    Salah satu fungsi bahasa yaitu sebagai penanda kepribadian. Yang dimaksud penanda kepribadian yaitu ...
a.    Fungsi yang sanggup membuat dunia imajinasi
b.    Fungsi yang sanggup mengungkapkan perasaan dan jati diri
c.    Fungsi yang sanggup memeperlihatkan perlakuan terhadap orang lain
d.    Fungsi yang mengacu pada keragaman suku bangsa Indonesia

24.    Tahap pemerolehan bahasa yang diperoleh melalui teriakan, rengekan, dengkuran yang mirip dengan bunyi aksara vokal atau konsonan. Tahap ini disebut tahap ...
a.    Tahap vocalisasi (cooing)
b.    Tahap satu kata (holofrasis)
c.    Tahap ibarat telepon
d.    tahap ibarat bunyi (babling)

25.    Kami berguru di teras rumah.
Kata yang mempunyai pelafalan vocal yang sama dengan kata di atas yaitu ...
a.    Sejak jatuhnya jembatan itu, kami jadi terlambat.
b.    Biarpun orang tuanya kaya raya, tetapi ia tidak sombong
c.    Setiap hari adik memberi makan kelinci
d.    Saya mendapat meja berguru di hari ulang tahunku yang ke 8

26.    Bu Emma mempunyai kepedulian terhadap pengembangan potensi siswanya . Pada dikala menemukan siswa yang prestasinya lebih rendah dari tingkat kecerdasannya (underachievers). Salah satu upaya terbaik yang perlu dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan belajarnya adalah...
a.    menawarkan kiprah berupa latihan soal dan rangkuman
b.    menawarkan klarifikasi manfaat materi yang dipelajari di awal pembelajaran\
c.    meningkatkan minat dan motivasi berguru serta melatih keterampilan belajar
d.    disarankan untuk berkonsultasi kepada konselor pendidikan

27.    Individu belum melaksanakan internalisasi nilai-nilai moral. Penalaran moralnya dikendalikan oleh faktor eksternal berupa eksekusi dan hadiah.. Menurut teori perkembangan sopan santun dari Kohlberg pikiran sehat sopan santun individu tersebut berada pada tingkat...
a.    Konvensional
b.    Prakonvensional
c.    Pascakonvensiona
d.    Praoperasional

28.    Haris memperlihatkan gejala-gejala sikap yang cepat marah, gampang tersinggung, dan agresif, serta tidak sabaran, sehingga kurang disukai oleh teman-temannya. Dalam kekerabatan sosial dengan teman-temannya Haris cenderung menjadi anak yang...
a.    Ditolak
b.    Diabaikan
c.    Kontroversi
d.    Dijauhi

29.    Giska termasuk anak yang cepat belajar. Prestasi belajarnya hampir pada semua bidang studi di atas KKM, namun Gina sering mendapat nilai di bawah KKM pada bidang studi menggambar, keterampilan, dan materi pelajaran menulis. Berdasarkan identifikasi faktor penyebab, kesulitan berguru Gina diduga disebabkan oleh...
a.    kemampuan motorik halusnya belum berkembang dengan baik
b.    tingkat kecerdasan di bawah rata-rata
c.    sikap negatif terhadap keterampilan dan menggambar
d.    kurangnya menyukai mata pelajaran bahasa
30.    Untuk membantu penerima didik mencapai sasaran pembelajaran, pada umumnya guru mengajarkan materi pelajaran dari yang sederhana dahulu kemudian materi yang kompleks, menawarkan soal dari yang gampang dahulu kemudian soal yang sulit.. Hal itu itu antara lain merupakan implikasi pendidikan dari prinsip
atau aturan perkembangan yaitu...
A. perkembangan berlangsung secara bertahap
B. perkembangan berlangsung sesuai iramanya
C. perkembangan sanggup dipercepat melalui proses belajar
D. perkembangan awalnya diferensiasi karenanya integrasi


KUNCI JAWABAN


1. A                    11. ...          21.
2. A                    12. ...          22.

3. A                    13.              23.
4. D                    14.              24.
5. A                    15.              25.
6. A                    16.              26.
7. B                    17.              27.
8. D                    18.              28.
9.D                     19.              29.
10. C                  20.              30.

Selengkapnya ada pada link di bawah ini.
Apabila ada yang belum terisi, silahkan berguru secara mandiri, siapa tahu benar semuanya. Amiin
Semoga postingan kali ini sanggup membantu Bapak Ibu yang akan melaksanakan Uji Kompetensi Guru (UKG) sebagai implementasi dari PKB.

Belum ada Komentar untuk "✔ Download Soal Latihan Dan Kunci Tanggapan Post Test Ukg Modul Kk A Dan Kk B Kelas Atas Guru Kelas Sd"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel