✔ Unduh Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan Sd/Mi Kelas I, Ii, Iii, Iv, V, Vi

UNDUH KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN SD/MI KELAS I, II, III, IV, V, VI

KELAS: I
Tujuan kurikulum meliputi empat kompetensi, adalah (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.

Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu, “Menghargai dan menghayati anutan agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu, “Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak pribadi (indirect teaching), adalah keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi penerima didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan sanggup dipakai sebagai pertimbangan guru dalam membuatkan abjad penerima didik lebih lanjut.

UNDUH KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR PENDIDIKAN JASMANI ✔ UNDUH KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN SD/MI KELAS I, II, III, IV, V, VI
KI dan KD Kurikulum 2013 PJOK SD/MI Kelas I, II, III, IV, V, VI
Selengkapnya wacana KI & KD Mata Pelajaran PJOK silahkan simak di bawah ini, dan silahkan untuk dipahami oleh semuanya.

Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3. Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca]
dan menanya menurut rasa
ingin tahu wacana dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah dan di
sekolah
4. Menyajikan pengetahuan faktual
dalam bahasa yang terang dan logis,
dalam karya yang estetis, dalam
gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan sikap anak
beriman dan berakhlak mulia





3.8 Memahami bagian-bagian tubuh,
bab tubuh yang boleh dan tidak
boleh disentuh orang lain, cara
menjaga kebersihannya, dan
kebersihan pakaian
4.8 Menceritakan bagian-bagian tubuh,
bab tubuh yang boleh dan tidak
boleh disentuh orang lain, cara
menjaga kebersihannya, dan
kebersihan pakaian


KELAS: II
Tujuan kurikulum meliputi empat kompetensi, adalah (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu, “Menghargai dan menghayati anutan agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu, “Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak pribadi (indirect teaching), adalah keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi penerima didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan sanggup dipakai sebagai pertimbangan guru dalam membuatkan abjad penerima didik lebih lanjut.
Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3. Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca]
dan menanya menurut rasa
ingin tahu wacana dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah dan di
sekolah
4. Menyajikan pengetahuan faktual
dalam bahasa yang terang dan logis,
dalam karya yang estetis, dalam
gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan sikap anak
beriman dan berakhlak mulia


KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
3.1 Memahami variasi gerak dasar
lokomotor sesuai dengan konsep
tubuh, ruang, usaha, dan
keterhubungan dalam berbagai
bentuk permainan sederhana dan
atau tradisional
4.1 Mempraktikkan variasi gerak dasar
lokomotor sesuai dengan konsep
tubuh, ruang, usaha, dan
keterhubungan dalam berbagai
bentuk permainan sederhana dan
atau tradisional
3.2 Memahami variasi gerak dasar
non-lokomotor sesuai dengan
konsep tubuh, ruang, usaha, dan
keterhubungan dalam berbagai
bentuk permainan sederhana dan
atau tradisional
4.2 Mempraktikkan variasi gerak dasar
non-lokomotor sesuai dengan
konsep tubuh, ruang, usaha, dan
keterhubungan dalam berbagai
bentuk permainan sederhana dan
atau tradisional
3.3 Memahami variasi gerak dasar
manipulatif sesuai dengan konsep
tubuh, ruang, usaha, dan
keterhubungan dalam berbagai
bentuk permainan sederhana dan
atau tradisional
4.3 Mempraktikkan variasi gerak dasar
manipulatif sesuai dengan konsep
tubuh, ruang, usaha, dan
keterhubungan dalam berbagai
bentuk permainan sederhana dan
atau tradisional

3.4 Memahami bergerak secara
seimbang, lentur, dan berpengaruh dalam
rangka pengembangan kebugaran
jasmani melalui permainan
sederhana dan atau tradisional
4.4 Mempraktikkan mekanisme bergerak
secara seimbang, lentur, dan kuat
dalam rangka pengembangan
kebugaran jasmani melalui
permainan sederhana dan atau
tradisional
3.5 Memahami variasi banyak sekali pola
gerak lebih banyak didominasi (bertumpu,
bergantung, keseimbangan,
berpindah/lokomotor tolakan,
putaran, ayunan, melayang, dan
mendarat) dalam kegiatan senam
lantai
4.5 Mempraktikkan variasi berbagai
pola gerak lebih banyak didominasi (bertumpu,
bergantung, keseimbangan,
berpindah/lokomotor tolakan,
putaran, ayunan, melayang, dan
mendarat) dalam kegiatan senam
lantai
3.6 Memahami penggunaan variasi
gerak dasar lokomotor dan non
lokomotor sesuai dengan irama
(ketukan) tanpa/dengan musik
dalam kegiatan gerak berirama
4.6 Mempraktikkan penggunaan variasi
gerak dasar lokomotor dan non
lokomotor sesuai dengan irama
(ketukan) tanpa/dengan musik
dalam kegiatan gerak berirama
3.7 Memahami mekanisme penggunaan
gerak dasar lokomotor, non
lokomotor,dan manipulatif dalam
bentuk permainan, dan menjaga
keselamatan diri/orang lain dalam
kegiatan air ***
4.7 Mempraktikkan penggunaan gerak
dasar lokomotor, non-lokomotor,
dan manipulatif dalam bentuk
permainan, dan menjaga
keselamatan diri/orang lain dalam
kegiatan air***
3.8 Memahami manfaat pemanasan dan
pendinginan, serta banyak sekali hal
yang harus dilakukan dan dihindari
sebelum, selama, dan setelah
melaksanakan kegiatan fisik
4.8 Menceritakan manfaat pemanasan
dan pendinginan, serta banyak sekali hal
yang harus dilakukan dan dihindari
sebelum, selama, dan setelah
melaksanakan kegiatan fisik
3.9 Memahami cara menjaga
kebersihan lingkungan (tempat
tidur, rumah, kelas, lingkungan
sekolah, dan lain-lain)
4.9 Menceritakan cara menjaga
kebersihan lingkungan (tempat
tidur, rumah, kelas, lingkungan
sekolah).


KELAS III
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3. Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca]
dan menanya menurut rasa
ingin tahu wacana dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah dan
di sekolah
4. Menyajikan pengetahuan faktual
dalam bahasa yang jelas, sistematis
dan logis, dalam karya yang estetis,
dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan sikap anak
beriman dan berakhlak mulia


KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
3.1 Memahami kombinasi gerak dasar
lokomotor sesuai dengan konsep
tubuh, ruang, usaha, dan
keterhubungan dalam berbagai
bentuk permainan sederhana dan
atau tradisional
4.1 Mempraktikkan gerak kombinasi
gerak dasar lokomotor sesuai
dengan konsep tubuh, ruang,
usaha, dan keterhubungan dalam
banyak sekali bentuk permainan
sederhana dan atau tradisional
3.2 Memahami kombinasi gerak dasar
non-lokomotor sesuai dengan
konsep tubuh, ruang, usaha, dan
keterhubungan dalam berbagai
bentuk permainan sederhana dan
atau tradisional
4.2 Mempraktikkan gerak kombinasi
gerak dasar non-lokomotor sesuai
dengan konsep tubuh, ruang,
usaha, dan keterhubungan dalam
banyak sekali bentuk permainan
sederhana dan atau tradisional
3.3 Memahami kombinasi gerak dasar
manipulatif sesuai dengan konsep
tubuh, ruang, usaha, dan
keterhubungan dalam berbagai
bentuk permainan sederhana dan
atau tradisional
4.3 Mempraktikkan kombinasi gerak
dasar manipulatif sesuai dengan
konsep tubuh, ruang, usaha, dan
keterhubungan dalam berbagai
bentuk permainan sederhana dan
atau tradisional

3.4 Memahami bergerak secara
seimbang, lentur, lincah, dan
berdaya tahan dalam rangka
pengembangan kebugaran jasmani
melalui permainan sederhana dan
atau tradisional
4.4 Mempraktikkan bergerak secara
seimbang, lentur, lincah, dan
berdaya tahan dalam rangka
pengembangan kebugaran jasmani
melalui permainan sederhana dan
atau tradisional
3.5 Memahami kombinasi berbagai
pola gerak lebih banyak didominasi (bertumpu,
bergantung, keseimbangan,
berpindah/lokomotor, tolakan,
putaran, ayunan, melayang, dan,
dan mendarat) dalam aktivitas
senam lantai
4.5 Mempraktikkan kombinasi berbagai
pola gerak lebih banyak didominasi (bertumpu,
bergantung, keseimbangan,
berpindah/lokomotor, tolakan,
putaran, ayunan, melayang, dan
mendarat) dalam kegiatan senam
lantai
3.6 Memahami penggunaan kombinasi
gerak dasar lokomotor, non
lokomotor dan manipulatif sesuai
dengan irama (ketukan)
tanpa/dengan musik dalam
kegiatan gerak berirama
4.6 Mempraktikkan penggunaan
kombinasi gerak dasar lokomotor,
non-lokomotor dan manipulatif
sesuai dengan irama (ketukan)
tanpa/dengan musik dalam
kegiatan gerak berirama
3.7 Memahami mekanisme gerak dasar
mengambang (water trappen) dan
meluncur di air serta menjaga
keselamatan diri/orang lain dalam
kegiatan air***
4.7 Mempraktikkan gerak dasar
mengambang (water trappen) dan
meluncur di air serta menjaga
keselamatan diri/orang lain dalam
kegiatan air***
3.8 Memahami bentuk dan manfaat
istirahat dan pengisian waktu luang
untuk menjaga kesehatan
4.8 Menceritakan bentuk dan manfaat
istirahat dan pengisian waktu luang
untuk menjaga kesehatan
3.9 Memahami perlunya memilih
masakan bergizi dan jajanan sehat
untuk menjaga kesehatan tubuh
4.9 Menceritakan perlunya memilih
masakan bergizi dan jajanan sehat
untuk menjaga kesehatan tubuh


KELAS IV
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3. Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati dan
menanya menurut rasa ingin
tahu wacana dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya,
dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, di sekolah
dan kawasan bermain
4. Menyajikan pengetahuan faktual
dalam bahasa yang jelas, sistematis
dan logis, dalam karya yang estetis,
dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan sikap anak
beriman dan berakhlak mulia


KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
3.1 Memahami variasi gerak dasar
lokomotor, non-lokomotor, dan
manipulatif sesuai dengan konsep
tubuh, ruang, usaha, dan
keterhubungan dalam permainan
bola besar sederhana dan atau
tradisional*
4.1 Mempraktikkan variasi gerak dasar
lokomotor, non-lokomotor, dan
manipulatif sesuai dengan konsep
tubuh, ruang, usaha, dan
keterhubungan dalam permainan
bola besar sederhana dan atau
tradisional*
3.2 Memahami variasi gerak dasar
lokomotor, non-lokomotor, dan
manipulatif sesuai dengan konsep
tubuh, ruang, usaha, dan
keterhubungan dalam permainan
bola kecil sederhana dan atau
tradisional*
4.2 Mempraktikkan variasi gerak dasar
lokomotor, non-lokomotor, dan
manipulatif sesuai dengan konsep
tubuh, ruang, usaha, dan
keterhubungan dalam permainan
bola kecil sederhana dan atau
tradisional*
3.3 Memahami variasi gerak dasar
jalan, lari, lompat, dan lempar
melalui permainan/olahraga yang
dimodifikasi dan atau olahraga
tradisional
4.3 Mempraktikkan variasi pola dasar
jalan, lari, lompat, dan lempar
melalui permainan/olahraga yang
dimodifikasi dan atau olahraga
tradisional

3.4 Menerapkan gerak dasar
lokomotor dan non-lokomotor
untuk membentuk gerak dasar
seni beladiri**
4.4 Mempraktikkan gerak dasar
lokomotor dan non lokomotor untuk
membentuk gerak dasar seni
beladiri**
3.5 Memahami banyak sekali bentuk
kegiatan kebugaran jasmani
melalui banyak sekali latihan; daya
tahan, kekuatan, kecepatan, dan
kelincahan untuk mencapai berat
tubuh ideal
4.5 Mempraktikkan banyak sekali aktivitas
kebugaran jasmani melalui berbagai
bentuk latihan; daya tahan,
kekuatan, kecepatan, dan
kelincahan untuk mencapai berat
tubuh ideal
3.6 Menerapkan variasi dan
kombinasi banyak sekali pola gerak
lebih banyak didominasi (bertumpu, bergantung,
keseimbangan,
berpindah/lokomotor, tolakan,
putaran, ayunan, melayang, dan
mendarat) dalam kegiatan senam
lantai
4.6 Mempraktikkan variasi dan
kombinasi banyak sekali pola gerak
lebih banyak didominasi (bertumpu, bergantung,
keseimbangan,
berpindah/lokomotor, tolakan,
putaran, ayunan, melayang, dan
mendarat) dalam kegiatan senam
lantai
3.7 Menerapkan variasi gerak dasar
langkah dan ayunan lengan
mengikuti irama (ketukan)
tanpa/dengan musik dalam
kegiatan gerak berirama
4.7 Mempraktikkan variasi gerak dasar
langkah dan ayunan lengan
mengikuti irama (ketukan)
tanpa/dengan musik dalam aktivitas
gerak berirama
3.8 Memahami gerak dasar satu gaya
renang***
4.8 Mempraktikkan gerak dasar satu
gaya renang ***
3.9 Memahami jenis cidera dan cara
penanggulangannya secara
sederhana dikala melakukan
kegiatan fisik dan dalam
kehidupan sehari-hari
4.9 Mendemonstrasikan cara
penanggulangan jenis cidera secara
sederhana dikala melaksanakan aktivitas
fisik dan dalam kehidupan sehari
hari.
3.10 Menganalisis sikap terpuji
dalam pergaulan sehari-hari (antar
sahabat sebaya, orang yang lebih
tua, dan orang yang lebih muda)
4.10 Mendemonstrasikan sikap terpuji
dalam pergaulan sehari-hari (antar
sahabat sebaya, orang yang lebih tua,
dan orang yang lebih muda)


KELAS V

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3. Memahami pengetahuan faktual
dan konseptual dengan cara
mengamati, menanya dan mencoba
menurut rasa ingin tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, di
sekolah dan kawasan bermain
4. Menyajikan pengetahuan faktual
dan konseptual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, logis dan
kritis, dalam karya yang estetis,
dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan
dalam tindakan yang
mencerminkan sikap anak


KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
3.1 Memahami kombinasi gerak
lokomotor, non-lokomotor, dan
manipulatif sesuai dengan konsep
tubuh, ruang, usaha, dan
keterhubungan dalam berbagai
permainan bola besar sederhana
dan atau tradisional*
4.1 Mempraktikkan kombinasi gerak
lokomotor, non-lokomotor, dan
manipulatif sesuai dengan konsep
tubuh, ruang, usaha, dan
keterhubungan dalam berbagai
permainan bola besar sederhana
dan atau tradisional*
3.2 Memahami kombinasi gerak dasar
lokomotor, non-lokomotor, dan
manipulatif sesuai dengan konsep
tubuh, ruang, usaha, dan
keterhubungan dalam berbagai
permainan bola kecil sederhana dan
atau tradisional*
4.2 Mempraktikkan kombinasi gerak
dasar lokomotor, non-lokomotor,
dan manipulatif sesuai dengan
konsep tubuh, ruang, usaha, dan
keterhubungan dalam berbagai
permainan bola kecil sederhana
dan atau tradisional*
3.3 Memahami kombinasi gerak dasar
jalan, lari, lompat, dan lempar
melalui permainan/olahraga yang
dimodifikasi dan atau olahraga
tradisional
4.3 Mempraktikkan kombinasi gerak
dasar jalan, lari, lompat, dan
lempar melalui
permainan/olahraga yang
dimodifikasi dan atau olahraga
tradisional
3.4 Menerapkan variasi gerak dasar
lokomotor dan non lokomotor untuk
membentuk gerak dasar seni
beladiri**
4.4 Mempraktikkan variasi gerak
dasar lokomotor dan non
lokomotor untuk membentuk
gerak dasar seni beladiri**


3.5 Memahami kegiatan latihan daya
tahan jantung (cardio respiratory)
untuk pengembangan kebugaran
jasmani
4.5 Mempraktikkan kegiatan latihan
daya tahan jantung (cardio
respiratory
) untuk pengembangan
kebugaran jasmani
3.6 Memahami kombinasi pola gerak
lebih banyak didominasi (bertumpu, bergantung,
keseimbangan,
berpindah/lokomotor, tolakan,
putaran, ayunan, melayang, dan
mendarat) untuk membentuk
keterampilan dasar senam
memakai alat
4.6 Mempraktikkan kombinasi pola
gerak lebih banyak didominasi (bertumpu,
bergantung, keseimbangan,
berpindah/lokomotor, tolakan,
putaran, ayunan, melayang, dan
mendarat) untuk membentuk
keterampilan dasar senam
memakai alat
3.7 Memahami penggunaan kombinasi
gerak dasar langkah dan ayunan
lengan mengikuti irama (ketukan)
tanpa/dengan musik dalam
kegiatan gerak berirama
4.7 Mempraktikkan pengunaan
kombinasi gerak dasar langkah
dan ayunan lengan mengikuti
irama (ketukan) tanpa/dengan
musik dalam kegiatan gerak
berirama
3.8 Memahami salah satu gaya renang
dengan koordinasi yang baik pada
jarak tertentu***
4.8 Mempraktikkan salah satu gaya
renang dengan koordinasi yang
baik pada jarak tertentu ***
3.9 Memahami konsep pemeliharaan
diri dan orang lain dari penyakit
menular dan tidak menular
4.9 Menerapkan konsep pemeliharaan
diri dan orang lain dari penyakit
menular dan tidak menular
3.10 Memahami ancaman merokok,
minuman keras, dan narkotika,
zat-zat aditif (NAPZA) dan obat
berbahaya lainnya terhadap
kesehatan tubuh
4.10 Memaparkan ancaman merokok,
meminum minuman keras, dan
mengonsumsi narkotika, zat-zat
aditif (NAPZA) dan obat berbahaya
lainnya terhadap kesehatan tubuh


KELAS VI

Tujuan kurikulum meliputi empat kompetensi, adalah (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.

Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu, “Menerima, menjalankan, dan menghargai anutan agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu, “Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
guru, dan tetangga serta cinta tanah air”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak pribadi (indirect teaching), adalah keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi penerima didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan sanggup dipakai sebagai pertimbangan guru dalam membuatkan abjad penerima didik lebih lanjut.

Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.

OMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3. Memahami pengetahuan faktual
dan konseptual dengan cara
mengamati, menanya dan mencoba
menurut rasa ingin tahu
wacana dirinya, makhluk ciptaan
Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di
rumah, di sekolah dan di tempat
bermain
4. Menyajikan pengetahuan faktual
dan konseptual dalam bahasa yang
jelas, sistematis, logis dan kritis,
dalam karya yang estetis, dalam
gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan sikap anak
beriman dan berakhlak mulia


KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
3.1 Memahami variasi dan kombinasi
gerak dasar lokomotor, non
lokomotor, dan manipulatif dengan
kontrol yang baik dalam permainan
bola besar sederhana dan atau
tradisional*
4.1 Mempraktikkan variasi dan
kombinasi gerak dasar lokomotor,
non-lokomotor, dan manipulatif
dengan kontrol yang baik dalam
permainan bola besar sederhana
dan atau tradisional*
3.2 Memahami variasi dan kombinasi
gerak dasar lokomotor, non
lokomotor, dan manipulatif dengan
kontrol yang baik dalam permainan
bola kecil sederhana dan atau
tradisional*
4.2 Mempraktikkan variasi dan
kombinasi gerak dasar lokomotor,
non-lokomotor, dan manipulatif
dengan kontrol yang baik dalam
permainan bola kecil sederhana dan
atau tradisional*
3.3 Memahami variasi dan kombinasi
gerak dasar jalan, lari, lompat, dan
lempar dengan kontrol yang baik
melalui permainan dan atau
olahraga tradisional
4.3 Mempraktikkan variasi dan
kombinasi gerak dasar jalan, lari,
lompat, dan lempar dengan kontrol
yang baik melalui permainan dan
atau olahraga tradisional
3.4 Memahami variasi dan kombinasi
gerak dasar lokomotor, non
lokomotor, dan manipulatif untuk
membentuk gerak dasar seni
beladiri**
4.4 Mempraktikkan variasi dan
kombinasi gerak dasar lokomotor,
non lokomotor, dan manipulatif
untuk membentuk gerak dasar seni
beladiri**

3.5 Memahami latihan kebugaran
jasmani dan pengukuran tingkat
kebugaran jasmani pribadi secara
sederhana (contoh: menghitung
denyut nadi, menghitung
kemampuan melaksanakan push up,
menghitung kelenturan tungkai)
4.5 Mempratikkan latihan kebugaran
jasmani dan pengukuran tingkat
kebugaran jasmani pribadi secara
sederhana (contoh: menghitung
denyut nadi, menghitung
kemampuan melaksanakan push up,
menghitung kelenturan tungkai)
3.6 Memahami rangkaian tiga pola
gerak lebih banyak didominasi (bertumpu,
bergantung, keseimbangan,
berpindah/lokomotor, tolakan,
putaran, ayunan, melayang, dan
mendarat) dengan konsisten, tepat
dan terkontrol dalam aktivitas
senam
4.6 Mempraktikkan rangkaian tiga pola
gerak lebih banyak didominasi (bertumpu,
bergantung, keseimbangan,
berpindah/lokomotor, tolakan,
putaran, ayunan, melayang, dan
mendarat) dengan konsisten, tepat
dan terkontrol dalam aktivitas
senam
3.7 Memahami penggunaan variasi dan
kombinasi gerak dasar rangkaian
langkah dan ayunan lengan
mengikuti irama (ketukan)
tanpa/dengan musik dalam
kegiatan gerak berirama
4.7 Mempraktikkan penggunaan variasi
dan kombinasi gerak dasar
rangkaian langkah dan ayunan
lengan mengikuti irama (ketukan)
tanpa/dengan musik dalam
kegiatan gerak berirama
3.8 Memahami keterampilan salah satu
gaya renang dan dasar-dasar
evakuasi diri***
4.8 Mempraktikkan keterampilan salah
satu gaya renang dan dasar-dasar
evakuasi diri***
3.9 Memahami perlunya
pemeliharaan kebersihan alat
reproduksi
4.9 Memaparkan perlunya
pemeliharaan kebersihan
alat
reproduksi


Keterangan:
*) Untuk kompetensi dasar permainan bola besar dan permainan bola kecil sanggup dipilih sesuai dengan sarana prasarana yang tersedia. (Dan dipastikan Guru tidak mengajarkan pada salah satu pembelajaran yang diminati oleh gurunya melainkan diminati oleh siswanya semoga siswa tidak terpaksa dan PJOK menjadi momok bagi siswanya)

**) Pembelajaran aktifitas beladiri selain pencaksilat sanggup juga aktifitas beladiri lainnya (karate, yudo, taekondo, dll) diubahsuaikan dengan situasi dan kondisi sekolah. Olahraga beladiri pencaksilat mulai diajarkan pada kelas IV dikarenakan karakterisrtik psikis anak kelas I. II dan III belum cukup untuk mendapatkan aktifitas pembelajaran beladiri.

***) Pembelajaran aktifitas air boleh dilaksanakan sesuai dengan kondisi, jikalau tidak bisa dilaksanakan digantikan dengan aktifitas fisik lainnya yang terdapat di lingkup materi.

Tersedia juga KI dan KD SD/MI untuk mata pelajaran lainnya.
Unduh KI dan KD PPKn SD/MI Kelas I, II, III, IV, V, VI
KI dan KD Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Sunda SD/MI Kelas 1-6
Dengan demikian kiranya untuk mata pelajaran PJOK sudah cukup lengkap apabila Bapak Ibu memerlukan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar / KI-KD untuk Satuan Pendidikan SD / Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI). Sehingga tidak ada alasan lagi untuk tidak melengkapi manajemen yang lainnya, apabila ada kaitannya dengan mata pelajaran olahraga dan kesehtan. Semoga saja, pendidikan kita kuat, dan sehat untuk generasi yang akan datang, baik sehat jasmani maupun rohaninya.

Belum ada Komentar untuk "✔ Unduh Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan Sd/Mi Kelas I, Ii, Iii, Iv, V, Vi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel