✔ Soal Latihan Dan Kunci Balasan Seleksi Kompetensi Bidang (Skb) Guru Kelas Sd

Dalam kesempatan yang baik ini kami informasikan terkait dengan soal latihan seleksi kompetensi Bidang yang disingkat dengan SKB untuk Guru Kelas SD *Sekolah Dasar) yang dilengkapi dengan kunci jawaban.

Soal ini sanggup membantu Bapak Ibu Guru khususnya yang mengajar di SD yang kini berstatus Honorer Kategori II dengan dasar pernah mengikuti Testing Tahun 2013 yang lalu. Dengan bukti mempunyai Kartu Testing CPNS Tahun 2013.

SOAL LATIHAN DAN KUNCI JAWABAN SELEKSI KOMPETENSI BIDANG  ✔ SOAL LATIHAN DAN KUNCI JAWABAN SELEKSI KOMPETENSI BIDANG (SKB) GURU KELAS SD
Contoh Kartu Peserta Testing CPNS Tahun 2013
Sebagai materi untuk memperlancar dalam pelaksanaan mengisi jawaban Tes ASN (aparatur Sipil Negara) baik untuk Peserta Tes yang CPNS maupun untuk Calon PPPK/P3K. Kami sedikan pola Soal Latihan yang dilengkapi dengan Kunci Jawabannya. Dan bisa di baca kemudian disimak serta sanggup dipahami pada artikel di bawah ini.

Inilah Contoh Soalnya untuk CPNS atau Calon PPPK/P3K
SOAL LATIHAN
SELEKSI KOMPETENSI BIDANG (SKB)
GURU KELAS SEKOLAH DASAR
 
Pilihlah salah satu jawaban jawaban yang benar !

1) Kemampuan bahasa anak mulai berkembang, pemikiran masih statis, belum sanggup berfikir abstrak, dan kemampuan persepsi waktu dan ruang masih terbatas merupakan perkembangan anak pada tahap ...
A. Tahap sensorimotorik
B. Tahap praoperasional
C. Tahap operasional konkrit
D. Tahap operasional konkrit

2) Seorang anak dengan kemampuan memakai kata secara efektif baik verbal (pendongeng, orator, penerjemah, dsb), maupun tertulis/tulisan (sastrawan, penulis skenario drama/film, fonologi atau bunyi bahasa, semantik atau makna bahasa, dimensi pragmatik atau penggunaan simpel bahasa) berdasarkan Howard Gardner anak tersebut mempunyai kecerdasan...
A. Kecerdasan Bahasa (linguistic)
B. Kecerdasan Logika Matematika (logic-mathematical)
C. Kecerdasan Ruang (spatial)
D. Kecerdasan Gerak Tubuh

3) Untuk mengetahui kemampuan awal akseptor didik, seorang pendidik sanggup melaksanakan ...
A. pengayaan materi pelajaran
B. refleksi
C. latar belakang akseptor didik
D. tes awal (pre-test)

4) Dalam mengidentifikasi masalah kesulitan mencar ilmu sanggup dilakukan dengan metode criterion referenced. Yang bukan merupakan tahap metode criterion referenced yakni ...
A. Menetapkan angka nilai kualitatif minimal yang sanggup diterima, contohnya 5,0 atau 6,0.
B. Membandingkan prestasi dari setiap siswa dengan angka nilai batas lulus tersebut.
C. Menganalisis kemampuan akseptor didik
D. Menghimpun siswa yang diduga mengalami kesulitan belajar

5) Dalam kompetensi pedagogik guru mengusai teori mencar ilmu dan prinsip prinsip pembelajaran yang mendidik. Dalam prinsip pembelajaran yang mendidik guru harus ...
A. Melaksanakan Proses Pembelajaran sesuai jadwal
B. Menerapkan banyak sekali pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu.
C. Menggunakan taktik pembelajaran
D. Hanya memakai teknik pembelajaran

6) Salah satu unsur taktik pembelajaran yakni Mengidentifikasi dan memutuskan spesifikasi dan kualifikasi hasil (out put) dan sasaran (target) yang harus dicapai, dengan mempertimbangkan aspirasi dan selera masyarakat yang memerlukannya. (Newman dan Logan (Abin Syamsuddin Makmun, 2003)
Penerapan dari unsur taktik di atas dalam konteks pembelajaran yakni ...
A. Menetapkan spesifikasi dan kualifikasi tujuan pembelajaran yakni perubahan profil sikap dan pribadi akseptor didik.
B. Mempertimbangkan dan menentukan sistem pendekatan pembelajaran yang dipandang paling efektif.
C. Mempertimbangkan dan memutuskan langkah-langkah atau prosedur, metode dan teknik pembelajaran.
D. Menetapkan norma-norma dan batas minimum ukuran keberhasilan atau kriteria dan ukuran baku keberhasilan

7) Yang ditekankan di dalam taktik pembelajaran interaktif adalah...
A. membangun inisiatif individu, kemandirian, dan peningkatan diri
B. diskusi dan sharing diantara akseptor didik
C. pembelajaran didominasi isyarat dari guru
D. proses penyampaian materi secara verbal

8) Pada Kurikulum 2013, penyusunan kurikulum dimulai dengan memutuskan SKL berdasarkan kesiapan siswa, tujuan pendidikan nasional, dan kebutuhan. Setelah kompetensi ditetapkan kemudian ditentukan kurikulumnya yang terdiri dari kerangka dasar kurikulum dan struktur kurikulum. Ada beberapa faktor yang harus dikembangkan antara lain ......
A. Tantangan internal dan Eksternal
B. Responsibility
C. Reinforced
D. Enriched

9) Kurikulum 2013, proses pembelajaran memakai pendekatan saintifik, Artinya yaitu ....
A. kurikulum harus mengandung hal-hal barusehingga sanggup membantu siswa untuk ,
dapat mengembangkan setiap potensi yang dimilikinya
B. Menyeleksi nilai dan budaya, mana yang perlu dipertahankan, dan mana yang harus dimiliki oleh siswa
C. Pembelajaran yang mendorong siswa lebih bisa dalam mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi/menalar, dan mengomunikasikan
D. Mengembangkan Kompetensi Dasar berdasar pada prinsip akumulatif, saling memperkuat (reinforced) dan memperkaya (enriched) antar-mata pelajaran

10) Pengembangan kurikulum pemangku kepentingan ( sttka dilakukan dengan melibatkan pemangku ( stakeholders ) untuk menjamin relevansi pendidikan dengan kebutuhan kehidupan, termasuk di dalamnya kehidupan kemasyarakatan, dunia usaha/industri dan dunia kerja. Pernyataan tersebut diatas sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum :
A. Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi,dan seni
B. Relevan dengan kebutuhan kehidupan
C. Menyeluruh dan berkesinambungan
D. Beragam dan terpadu

11) Kurikulum dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa akseptor didik mempunyai posisi sentral untuk mengembangkan kompetensinya semoga menjadi insan yang beriman dan berakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa , berakhlak mulia, sehat,berilmu, cakap, kreatif, berdikari dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Pernyataan tersebut diatas sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum ..........
A. Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi,dan seni
B. Relevan dengan kebutuhan kehidupan
C. Menyeluruh dan berkesinambungan
D. Beragam dan terpadu

12) Upaya guru dalam memperlihatkan kesempatan kepada siswa untuk merefleksikan pengalaman mencar ilmu yang telah dialami yang paling optimal yakni dengan cara ....
A. Guru memperlihatkan tes atau pekerjaan rumah setiap tamat pelajaran
B. Guru memakai pertanyaan terarah maupun pertanyaan bersifat penelusuransaat pembelajaran berlangsung
C. Guru mewawancarai tiap siswa ihwal capaian atau dilema mencar ilmu yang dihadapi siswa dalam belajar
D. Guru menugaskan siswa untuk menuliskan kesulitan siswa dalam belajar

13) Upaya merancang pengayaan bagi akseptor didik yang mencapai ketuntasan mencar ilmu optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut ...............
A. Memberikan suplemen materi berupa sumber didik dari pengarang yang berbeda
B. Memberikan tes suplemen dengan tingkat kesukaran yang lebih tinggi
C. Memberikan suplemen sumber baaan suplemen yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument tesnya yang sesuai
D. Memberikan suplemen materi berupa sumber didik dari penerbit yang berbeda

14) Yang di maksud dengan penilaian yakni ....
A. Pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil mencar ilmu akseptor didik.
B. Proses yang di lakukan untuk mengambil keputusan berdasaarkan evaluasi.
C. Membandingkan hasil pengamatan dengan suatu kriteria.
D. Proses interaksi antara akseptor didik dan pendidik

15) Bentuk penilaian yang menghendaki akseptor didik menampilkan sikap memakai pengetahuan yang di peroleh dalam pembelajaran dalam melaksanakan kiprah di sebut penilaian
A. Pre test
B. post test
C. Autentik
D. Non Autentik

16) Pendidik melaksanakan penilaian kompetensi sikap melalui observasi penilaian diri, penilaian “teman sejawat” (peer evaluation) oleh akseptor didik. Adapun instrumen yang di gunakan dalam penilaian tersebut yakni :
A. Skala penilaian (rating scole)
B. rubrik
C. jurnal
D. Soal tes

17) Lingkup penilaian hasil mencar ilmu meliputi kompetensi beberapa kompetensi yaitu;
A. kompetensi spiritual, kompetensi sikap.
B. kompetensi inti, kompetensi dasar
C. kompetensi sikap spiritual, kompetensi sikap sosial, kompetensi keterampilan, kompetensi pengetahuan.
D. kompetensi sikap sosial

18) Aspek yang di nilai dalam pembelajaran matetamatika sebagai berikut kecuali ;
A. Pemahaman konsep
B. Menggunakan grafik
C. melaksanakan prosedur
D. pemecahan dilema dan sikap

19) Konsep menyodorkan banyak sekali situasi kepada siswa dan mendorong siswa untuk menyelidiki, mencari jawabannya yakni konsep dan strategi.....
A. Juscovery learning
B. Induktif learning
C. Inquiry learning
D. Cooperatif learning

20) Guru memebentuk kelompok kelompok mencar ilmu dan memeberikan kiprah kepada tiap kelompok . Setiap anggota dari suatu kelompok memperlihatkan kiprah dan fungsi tertentu sehingga kalau salah satu tidak menjalankan tugasnya maka pekerjaan kelompok tersbut tidak sanggup di selesaikan . karakteristik dari taktik pembelajaran tersebu yakni ;
A. Tugas kelompok
B. Diskusi kelompok kecil
C. Pengajaran eksklusif (direct teaching)
D. mencar ilmu kooperatf (cooperatf learning)

21) Teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran mempunyai tiga fungsi utama yang di gunakan dalam kegiatan pembelajaran kecuali
A. Teknologi sebagai alat bantu bagi siswa dalam pembelajaran
B. Teknologi sebagai ilmu pengetahuan (science)
C. Teknologi sebagai materi dann alat bantu pembelajaran (literacy)
D. Teknologi sebagai alat pengembangan produk

22) Bu Ani mengajak siswa kelas V ke ladang jagung milik petani untuk mengamati flora jagung yang siap di panen muda. Selanjutnya ibu Ani mengusut laporan hasil observasi siswa. Dari hasil pembagian terstruktur mengenai kecenderungan gaya mencar ilmu siswa di peroleh peringkat hasil mencar ilmu peringkat terbaik dari pembelajaran berupa observasi di luar kelas memperlihatkan siswa memeiliki kecenderungan gaya mencar ilmu berhasil baik melalui.....
A. Visual (pandangan mata)- Auditif (pendengaran)
B. Visual (pandangan mata ) – Kinestik (gerak )
C. Auditif (pendengaran )- Kinestetik (gerak)
D. Auditif Visual dan kinestetik

23) Upaya membimbing siswa untuk mengembang ketrampilan pengetahuan terlihat dalam upaya guru:
A. memberi pola penting toleransi
B. mendiskusikan bagaimana mengubah permasalahan disekitar siswa
C. melatih bagaimana mempersiapkan kesehatan diri dan lingkungan sekitar
D. melatih siswa menciptakan keputusan yang diambil berdasarkan informasi

24) Upaya guru memakai hasil analisis untuk menentukanketuntasan mencar ilmu antara lain sebagai berikut ....
A. menentukan kreteria keberhasilan belajar
B. mengklasifikasi siswa berdasarkan hasil capaian belajarnya
C. mencari letak kelemahan secara umum dilihat dari kreteria keberhasilan yang diharapkan
D. merencanakan pengajaran remidi

25) Kegemaran anak akan dongeng /cerita yang bersifat kritis menyerupai kisah perjalanan riwayat para hero dan sebagainya merupakan ciri-ciri anak berusia....
A. 3-5tahun
B. 6-8 tahun
C. 10-12 tahun
D. 15-18 tahun

26) Beberapa siswa mempunyai kecenderungan mencar ilmu berupa mengerjakan soal atau kiprah dengan cepat tetapi hasilnya banyak kesalahan .Gaya mencar ilmu para siswa tersebut adalah.......
A. implusive
B. reflektif
C. gaya berfikir terikat
D. gaya berfikir bebas

27) Hal yang mengandung makna Pancasila sebagai kaidah dasar Negara bersifat.......
A. jujur dan adil
B. mengikat dan memaksa
C. sementara dan selamanya
D. bahwasanya dan sejujunya

28) Penilaian yang didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur, hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang ......
A. Adil
B. Obyektif
C. Valid
D. Sistematis

29)Jika roda pertama berputar 3 kali, dan roda kedua berputar 9 kali, berapakalikah roda kedua akan berputar kalau roda pertama berputar 10 kali
A. 30
B. 21
C. 27
D. 18

30) Serangkaian kegiatan yang sistematik untuk sanggup menentukan manfaat atau kegunaan suatu obyek atau acara yakni ....
A. Pengukuran
B. Evaluaasi
C. Penilaian
D. Penilaian

31) Proses mendengarkan yang dilakukan dengan sungguh-sungguh disebut.....
A. Membaca intensif
B. Membaca langsung
C. Membaca deduktif
D. Membaca sekilas

32) Etika Pancasila yakni .....
A. Ketuhanan, kemanusiaan dan keadilan
B. Keagamaan, social dan kerakyatan
C. Kebangsaan , kedaerahan dan kebudayaan
D. Ketuhanan, kerakyatan dan kebangsaan

33) Dalam kaitannya dengan upaya untuk memotivasi mencar ilmu siswa dan semoga proses pembelajaran berlangsung efektif, maka guru perlu mengacu pada....
A. Metode pembelajaran
B. Pendekatan pembelajaran
C. Strategi pembelajaran
D. Gaya pembelajaran

34) Manfaat Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yakni (1) meningkatkan proses mencar ilmu mengajar, (2) memakai rancangan yang bersifat siklus di mana setiap siklus memperhatikan perubahan langkah demi langkah, dan (3) meliputi proses refleksi dan partisipatif, kecuali....
A. Meningkatkan proses mencar ilmu mengajar
B. Menggunakan rancangan yang bersifat siklus
C. Mencakup proses refleksi
D. Menggunakan metodelogi terbaru

35) Pada suatu hari dalam perjalanan menumpangi kendaraan beroda empat angkot. Dua penumpang yang masih muda belia tertawa, tetapi tidak terdengar mereka melaksanakan interaksi. Karena penasaran, saya mencoba memperhatiakan apa yang mereka lakukan. Ternyata mereka yakni siswa-siswa tuna rungu sedang asyik berkomunikasi, akan tetapi komunikasi yang dilakukan tidak memakai bahasa. Mereka memakai jari-jari tangan untuk berkomunikasi. Dengan demikian mereka menggunkan bahasa isyarat. Dari ilustrasi di atas, bahasa termasuk komunikasi.....
A. Verbal
B. Nonverbal
C. Inverbal
D. Sistimatik

36) Seorang bayi mulai berinteraksi dengan mengeluarkan bunyi-bunyi yang tidak beraturan ketika diperlihatkan sebuah maianan dan diajak bicara. Seorang ibu seringkali memberi kesempatan kepada bayi untuk ikut dalam komunikasi sosial dengannya. Bayi mengangkat-angkat badannya seperti memberi tanda untuk minta digendong. Ketika itulah bayi pertama kali mengenal sosialisasi dan mencicipi bahwa dunia ini tempat orang saling mengembangkan rasa. Proses anak mulai mengenal komunikasi dengan lingkungannya secara verbal disebut dengan....
A. Pemerolehan bahasa
B. Pemerolehan isyarat anak
C. Pemecahan bahasa anak
D. Karakteristik anak

37) Penggunaan abjad kapital di bawah ini yang benar adalah....
A. “kapan bapak berangkat?” tanya dirman
B. Presiden joko widodo berkunjung ke blora.
C. Dari Ave Maria ke Jalan Lain ke Roma
D. teluk bone sungguh indah dan mengagumkan.

38) Bahasa Indonesia Baku yakni bahasa Indonesia yang mengikuti kaidah atau pola bahasa Indonesia yang sedang berlaku.
Penggunaan abjad miring pada kalimat di atas dipakai untuk....
A. Menulis judul buku
B. Menjelaskan atau mengkhususkan huruf, bab kata, atau kelompok kata
C. Menuliskan kata nama-nama ilmiah
D. Menuliskan nama majalah

39) Masyarakat Indonesia terdiri dari banyak sekali suku dengan bahasa yang berbeda-beda, maka akan sulit berkomunikai kecuali ada satu bahasa pokok yang digunakan. Maka dari itu digunakanlah Bahasa Indonesia. Hal ini Bahasa Indonesia mempunyai kedudukan dan fungsi....
A. Sebagai lambang pujian kebangsaan
B. Sebagai alat pemersatu bangsa
C. Sebagai alat perhubungan
D. Sebagai lambang identitas nasional

40) Untuk menunjang kegiatan pembelajaran dan segala hal dalam konteks pendidikan digunakanlah Bahasa Indonesia. Hal tersebut merupakan fungsi Bahasa Indonesia sebagai....
A. Alat perhubungan tingkat nasional
B. Alat pengembangan kebudayaan dan IPTEK nasional
C. Bahasa yang dipakai dalam insiden kenegaraan
D. Bahasa pengantar di forum pendidikan

41) Model pembelajaran yang cocok dengan mata pelajaran matematika adalah....
A. Model Inquiry Learning
B. Model Discovery Learning
C. Model Problem Based Learning
D. Model Project Based Learning

42) Teman-teman, pernah punya pengalaman menyerupai Fikri, nggak? Sewaktu beliau bermain di sungai bersama teman-temannya, beliau mnginjak watu sungai yang licin. Akibatnya beliau terpeleset dan byuurrr... jatuh deh ke sungai. Waah... asyik, ya, bermain di sungai. Eh, teman-teman tahu nggak, mengapa watu di sungai halus dan licin sedangkan batu-batu di darat banyak yang kasar? Begini penjelasannya, simak ya....
Dalam bacaan di atas memakai ragam bahasa....
A. Resmi
B. Baku
C. Tidak baku
D. Daerah

43) Peggunaan tanda baca yamg benar dibawah ini yakni ............
A. Kita kini memerlukan meja. kursi. dan lemari.
B. Kita, kini memerlukan meja, kursi, dan lemari !
C. Kita kini memerlukan meja, dingklik dan lemari.
D. Kita kini memerlukan meja dingklik dan lemari ?

44) Menyimak sebagai sebuah keterampilan berbahasa , Karena .........
A. Menyimak sambil melaksanakan acara lain tidak bisa menanggapi secara tepat
B. Menyimak sambil melaksanakan aktifitas lain bisa menanggapi secara tepat
C. Membaca sambil menyimak bisa menangkap pembicaraan secara benar
D. Menyimak sambil menyanyi , ternyata sanggup menanggapi secara tepat

45) Dalam pembelajaran membaca permulaan, ada beberapa metode yang sanggup dipakai kecuali .....
A. Metode Kupas rangkai suku kata
B. Metode kata lembaga
C. Metode SAS
D. Metode Cerita

46) Berikut diberikan studi masalah :
Mula-mula diberikan kalimat secara keseluruhan. Kalimat itu diuraikan atas kata-kata yang mendukungnya. Dari kata – kata itu kita ceraikan atas suku – suku katanya dan balasannya atas abjad – hurufnya.Kemudian abjad – abjad itu kita sintetiskan kembali menjadi suku kata, suku kata menjadi kata dan kata menjadi kalimat. Berdasarkan studi masalah metode membaca permulaan yang tepat dipakai yakni ....
A. Metode Alfabet
B. Metode Suku Kata
C. Metode SAS
D. Metode Cerita

47) Memilihberbagai metode menulis permulaan
1). Menulis permulaan
2). Merangkaikan abjad lepas menjadi suku kata
3). Merangkaikan suku kata menjadi kata
4). Menyusun kata menjadi kalimat
Tahapan diatas yakni teknik menulis permulaan dengan metode ............
A. Metode Eja
B. Metode Kata Lembaga
C. Metode SAS
D. Metode Global

48) Merancang banyak sekali kegiatan menulis di kelas tinggi.
Berikut adaah kegiatan menulis lanjutan di kelas tinggi,kecuali....
A. Menulis ihwal banyak sekali topik
B. Menulis pengumuman
C. Menulis pantun
D. Menulis memo

49) Kegiatan mementaskan lakon atau kisah biasanya guru dan siswa mempersiapka naskah dan skenario,perilaku dan perlengkapan.kegiatan tersbut mengekpesikan perasaan dan pikiran siswa dalam bentuk bahasa lisan.hal tersebut termasuk hakekat berbicara jenis.....
A. Bercerita
B. Cerita berantai
C. Bermain peran
D. Dramatisasi

50) 1) Warna batunya merah menyala menyerupai api, bila terkena sinar matahari akan menyilaukan mata.
2) Ayah mempunyai watu akik yang sangat-sangat ia sukai.
3) Batu akik ini sungguh asing alasannya yakni seakan menyala ketika lampu mati.
4) Tidak salah kalau Ayah sangat suka dengan watu akiknya ini.
Urutan kalimat-kalimat di atas semoga menjadi paragraf yang padu yakni ...
A. 1 – 4 – 2 – 3
B. 1 – 3 – 2 – 4
C. 2 – 1 – 3 – 4
D. 2 – 3 – 4 – 1

Lihat juga :
51) Hakekat karya sastra apapun bentuknya tetap sama yakni .....
A. Pengalaman kemanusiaan dalam segala wujud dan dimensinya.
B. Pengalaman kemanusiaan dalam segala wujud dan waktunya.
C. Pengalaman kemanusiaan dalam segala hal.
D. Pengalaman kemanusiaan dalam segala aspek kehidupan.

52) Sastra Indonesia terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu ...
A. Puisi, prosa, sajak
B. Puisi, pantun, drama
C. Puisi, prosa, drama
D. Puisi, drama, sajak

53) Pagiku hilang sudah melayang
      Hari mudaku sudah pergi
      Sekarang petang tiba membayang
      ( ... )
Larik bermajas yang tepat untuk melengkapi puisi diatas yaitu ...
A. Batang usiaku sudah tinggi
B. Aku telah menjelang ajal
C. Aku lalai di hari pagi
D. Akhh, untuk apa ku sesalkan

54) Pada suatu pagi, beberapa anak burung berkumpul di tengah hutan sambil bergurau.
Mereka yakni burung Merak, Burung Beo, Burung Murai Batu, Burung Elang, dan Burung Gereja.
Burung Merak, Burung Beo, Burung Murai Batu, dan Burung Elang memamekan diri kepada Burung Gereja. Burung Merak memamerkan bulunya yang indah. Burung Beo memarkan suaranya yang indah. Burung Murai Batu memamerkan kicauannya yang merdu. Burung Elang memamerkan kegagahannya.
Burung Gereja sedih. Tak ada dalam dirinya yang bisa dibanggakan. Bulunya tidak indah. Suaranya juga tidak merdu. Badannya pun tidak gagah. Lalu, burung Gereja pulang ke rumah dan bertemu dengan ibunya. Ia menceritakan kesedihannya. Ibu burung Gereja menghibur anaknya.
Suatu hari, burung Gereja berjalan-jalan ke hutan. Ia ingin sekali menemui teman-temannya. Tetapi tidak satupun temannya yang terlihat. Ia kemudian berjalan ke tepi hutan. Di tempat Pak Tani, Burung Gereja melihat Burung Merak, Burung Beo, Burung Murai Batu, dan Burung Elang dalam perangkap Pak Tani. Mereka bercerita hendak dijual ke kota. Burung Merak, Burung Beo, Burung Murai Batu, dan Burung Elang sedih. Mereka meratapi kesombongannya.
Amanat yang sanggup kita petik dari kisah tersebut yakni ...
A. Kita dihentikan menyombongkan kelebihan yang kita miliki.
B. Kita dihentikan memamerkan kekurangan kita.
C. Kesabaran dan ketabahan hati akan mendatangkan kebaikan.
D. Kita harus membanggakan diri sendiri supaya percaya diri.

55) Perhatikan cuplikan obrolan berikut !
Bu guru : “ Ibu mint kalian berdua jujur ! Kenapa isi kiprah kalian bisa sama persis, bahkan titik dan komanya sekalipun “
Aline : “ Saya mengerjakan karya tulis itu sendiri bu.”
Chelsea : “ Saya juga mengerjakan karya nrimo saya sendiri.”
Bu guru : ” Lalu, bagaimana dengan ulangan tadi. Mengapa isi dari jawaban ulangan
kalian tidak sama dengan isi karya tulis kalian? Bisa menjelaskan ke ibu?
( usang Aline dan Chelsea melongo )
Bu guru : “ Baiklah kalau kalian tidak mau mengaku, ibu anggap kalian tidak mengerjakan kiprah karya tulis dan tidak mengikuti ulangan tadi.”
Karakter Bu Guru dalam drama di atas yakni ...
A. Galak
B. Tegas
C. Pemaaf
D. Bijaksana

56) Berapakah FPB dan KPK dari 126 dan 198 ...
A. 9 dan 1386
B. 18 dan 1386
C. 18 dan 1368
D. 9 dan 1368

57) Diketahui fungsi f : dan fungsi f ditentukan dengan rumus f (x) = x2 + 1, kalau f (a) = 10, itunglah nilai a yang mungkin.
A. a = 3 atau a = -3
B. a = -3 atau a = 3
C. a = -3 atau a = -3
D. a = 3 atau a = 3


59) Harga 2 koper dan 5 tas yakni Rp 600.000,00, sedangkan harga 3 koper dan 2 tas yakni Rp 570.000,00. Harga sebuah koper dan tas yakni ...
A. Rp 240.000,00
B. Rp 270.000,00
C. Rp 330.000,00
D. Rp 390.000,00

60)Jumlah dua buah bilangan sama dengan 20. Jika hasil kali kedua bilangan itu sama dengan 75, maka bilangan-bilangan tersebut yakni ...
A. 4 dan 16
B. 5 dan 15
C. 6 dan 14
D. 8 dan 12

61) Nugraha membeli 3kg jeruk dan 2kg jambu dan ia harus membayar Rp. 16.000 sedangkan Dewi membeli 6kg mangga dan 1kg jambu dengan harga Rp. 26.000.
Berapakah harga 10kg jeruk dan 5kg?
A. Rp. 30.000
B. Rp. 32.000
C. Rp. 40.000
D. Rp. 50.000

62)   
JIka besar sudut a yakni 70 derajat maka besar sudut e yakni ... derajat
A. 90
B. 100
C. 110
D. 120

63) Perhatikan sifat-sifat bangkit datar berikut !
1) mempunyai dua pasang sisi yang sama panjang
2) mempunyai diagonal yang saling tegak lurus
3) mempunyai sudut siku-siku
4) mempunyai 2 pasang sisi sejajar
5) mempunyai sepasang sudut sama besar
Dari sifat-sifat di atas yang merupakan sifat laying-layang yakni ....
A. 1), 2), 3)
B. 1), 3), 4)
C. 1), 3), 5)
D. 1), 2), 5)

64) Hasil pencerminan terhadap garis x dari bangkit di bawah ini yakni ....


65) Novi mengendarai kendaraan beroda empat dari Kota Semarang menuju Blora dengan kecepatan 40 km/jam, sedangkan Ima mengendarai kendaraan beroda empat dari Blora menuju Semarang dengan kecepatan 60 km/jam. Jika jarak Kota Semarang dengan Blora yakni 125 km dan mereka berangkat pada pukul 07.00 maka pada pukul berapa mereka akan berpapasan?
A. 08.00
B. 08.15
C. 08.25
D. 08.30

66) Data nilai siswa kelas VI berturut turut yakni 8, 7, 6, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 7. Dari data tersebut berapakah mediannya?
A. 8
B. 7,5
C. 7
D. 6,5

67) Bus Trans Jakarta berisi penumpang berangkat dari terminal ke pasar, di halte pertama turun 4 orang, di halte kedua naik 2 orang hingga di pasar ternyata ada 15 orang. Berapa banyak penumpang yang naik pada terminal?
A. 17
B. 15
C. 13
D. 11

68) Suatu lapangan berbentuk persegi panjang dengan luas 120 m2. Panjang lapangan tersebut yakni 12 m. Berapakah kelilingnya?
A. 22 m
B. 24 m
C. 42 m
D. 44 m

69) Suku ke-4 dan suku ke-9 suatu barisan aritmatika berturut-turut yakni 110 dan 150. Suku ke 30 barisan tersebut yakni ....
A. 308
B. 318
C. 326
D. 344


71) Menerapkan pengetahuan, konseptual, prosedural, danketerkaitankeduanya dalam konteksmateri Geometri.
Dari barisan geometri diketahui bahwa U3 = 4 dan U9 = 256, maka tentukan U12!
A. 2048 C. 2047
B. 2049 D. 2046

72) Menerapkan pengetahuankonseptual, prosedural, danketerkaitankeduanya dalam konteksmateri pengukuran Sebuah kolam mandi diisi air mulai pukul 07.20 hingga dengan pukul 07.50 dengan debit air 10 liter/menit. Berapa liter volume air dalam kolam mandi tersebut?
A. 3000 liter
B. 300 liter
C. 30 liter
D. 30000 liter

73) Menggunakan pengetahuankonseptual, prosedural, danketerkaitankeduanya dalam konteksmateri Statistika Nilai rata-rata ulangan matematika dari 7 siswa yakni 6,50. Ketika nilai satu orang siswa ditambahkan, maka rata-ratanya menjadi 6,70. Nilai siswa yang ditambahkan yakni ....
A. 9,10
B. b. 8,10
C. 7,10
D. 6,10

74) Menggunakan pengetahuankonseptual, prosedural, danketerkaitankeduanya dalam konteks materi Logika/Penalaran Matematika Dari pernyataanberikutini, manakah yang merupakaningkaran dari pernyataan Jakarta Ibukota RI.
A. Jakarta bukanibukota RI
B. Jakarta adalahibukota RI
C. Benarbahwa Jakarta Ibukota Jakarta
D. Benarbahwa Jakarta bukanIbukotadari RI

75) Menentukan alat peragadalam pembelajarannbilangan Bu Ani ingin mengajarkan kepada belum dewasa kelas 1 ihwal nilai tempat suatu bilangan (satuan, puluhan, ratusan, dan ribuan), Media yang tepat dipakai Bu Ani dalam Pembelajaran tersebut adalah...
A. Kartu bilangan
B. Blok dienes
C. Loncat katak
D. Papan berpaku

76) Mengklasifikasikan alatperaga dalam pembelajaranGeometri dan pengukuran Pak Arief ingin mengajarkan cara mengukur luas halaman sekolah dengan satuan meter.Alat peraga yang sebaiknya dipakai supaya pembelajaran menarik adalah...
A. Pita garis bilangan, mistar, tangga garis
B. Blok dienes, mistar, pita garis bilangan
C. Mistar, uang logam, blok dienes
D. Tangga garis, blok dienes, tangga garis

77) Menentukan alat ukur dalam pembelajaranbgeometri dan pengukuran Ketidakpastian yang ada pada pengukuran tunggal ditetapkan sama dengan setengah skala terkecil dari alat ukur yang digunakan.Jika kita memakai mistar atau penggaris, maka ketidakpastiannya yakni sama dengan....
A. 0,05 cm        C. 0,1 cm
B. 0,01 cm        D. 1 cm

78) Memecahkan PembelajaranIPS SD (diberikan masalah dalam pembelajaran, akseptor sanggup menyimpulkan pembelajaran dalam masalah tersebut Bu,fitri yakni guru SD Negeri 2 Sukamakmur ,mengajar di kelas Beliau memperlihatkan pelajaran IPS,dengan materi “ Menceritakan Pengalaman Diri. Sebelum memulai pelajaran, anak-anakberbaris di depan kelas,kemudian diperiksa kebersihannya, terutama kuku tangan dan telinga. Sambil diperiksa anak masuk kedalam kelas satu persatu. Anak- anak diajak berdoa dan kemudian mengucapkan salam.
Sebelum memperlihatkan materi, memberi motivasi kepada anak, saya bertanya “siapa tadi yangtidak mandi” anak – anak terdiam. Mari kita nyanyikan lagu bangkit tidur ku terus mandi,tidak lupa menggosok gigi, habis mandi kutolong ibu, membersihkan tempat tidurku. Kesimpulan dari pembelajaran IPS yang dilakukan bu Fitri yakni ....
A. Guru kurang memotivasi anak dalam pembelajaran
B. Guru mengajak siswa bernyanyi untuk memotivasi anak
C. Anak-anak hanya membisu saja ketika diberi pertanyaan dalam pembelajaran alasannya yakni guru kurang memotivasi anak
D. Guru memperlihatkan motivasi kepada siswa dalam pembelajaran

79) Menegaskan Fokus utamakajian pembelajaran IPS diSD (diberikan masalah pola Hari selasa, ketika pelajaran IPS pak Sunarto akan memperlihatkan materi pada belum dewasa ihwal silsilah keluarga. Waktu pelajaran yakni 2 x 35 menit. Setelah mengutarakan tujuan yang akan dibahas hari ini, pak Sunarto mengajukan pertanyaan pada para siswa untuk mengawali pelajaran.
“ Anak- anak tentunya kalian mempunyai keluaga di rumahkan,,?”
“ iya pak, punya.” Jawab semua siswa srentak.
“ Coba kalian sebutkan siapa saja yang dirumah kalian yang masuk dalam anggota keluarga !”
“ Ada ayah, ibu, adik, kakak, kakek, nenek” Jawab para siswa bersahut-sahutan.
Kemudian pak Sunarto menempelkan denah dan foto silsilah keluarga. Anak-anak mengamati sambil menyimak penjelasam dari pak sunarto. Sesekali pak sunarto melemparkan pertanyaan kepada siswa dan pertanyaan dijawab dengan benar. Pak Sunarto mengakhiri klarifikasi dengan memperlihatkan pertanyaan pada siswa “ apakah kalian sudah mengerti semua ihwal silsilah keluarga yang sudah bapak jelaskan,,?”
Tanya pak Sunarto.
“ Sudah pak”, jawab anak- anak serentak.
“ kalau masih ada yang kurang terang atau bingung, anak- anak boleh bertanya ”
“ tiadak ada pak”, jawab anak- anak lagi secara serentak.
Pak sunarto memperlihatkan kiprah kepada siswa semoga dikerjakan sendiri- sendiri. Pak sunarto yakin, niscaya nialai anak- anak memuaskan alasannya yakni belum dewasa berhasil menjawab pertanyaan yang tadi di lemparkan. Tugas yang diberikan juga sama dengan kiprah yang di jelaskan pak sunarto, hanya saja diganti nama-nama pada denah silsilah keluarrga.
Setelah semuanya selesai, pekerjaaan di kumpulkan dan sesudah di koreksi ternyata hasilnya mengecewakan, hampir 60% siswa mendapat nilai hasil evaluasinya di bawah rata- rata.
Apa kelemahan pembelajaran yang dilakukan pak sunarto, kecuali.....
A. Pemakaina metode pembelajaran terkesan masih bersifat Konvesional (ceramah dan penugasan
B. Alat peraga kurang lengkap sehingga membingngungkan siswa
C. Penyampaian materi kurang jelas
D. Guru sudah memberikan tujuan pembelajaran

80) Membedakan pengertian IPS dan Ilmu sosial.
Apa perbedaan antara Ilmu-Ilmu Sosial (IIS) dengan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dilihat dari tujuannya (purposes) ?
A. Ilmu-Ilmu sosial memutuskan kebenaran Ilmiah sebagai focus tujuanya, sedangkan pada Ilmu Pengetahuan Sosial mengarah pada penanaman BASK (Behavior, attitude, Skill, dan Knowledge).
B. Ilmu Pengetahuan Sosial memutuskan kebenaran Ilmiah sebagai focus tujuanya, sedangkan pada Ilmu-Ilmu sosial mengarah pada penanaman BASK (Behavior, attitude, Skill, dan Knowledge).
C. Ilmu-Ilmu Sosial yakni bersifat disipliner sesuai dengan kehidupan yang menjadi obyek studi berdasrkan bidang Ilmu masing-masing, sedangkan pada pendekatan Ilmu Pengetahuan Sosial bersifat intensdisipliner
D. Ilmu-Ilmu Sosial (IIS) diberikan di tingkat perguruan tinggi tinggi/universitas, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) diberikan di tingkat sekolah.

81) Mengurutkan ruang lingkup pembelajaran IPS SD Ruang lingkup pembelajaran IPS SD yaitu. . .
A. Masyarakat, Norma, Budaya, Waktu
B. Manusia, Waktu, SistemSosialdanBudaya, PerilakuEkonomidanKesejahteraan
C. Manusia, Kerja, Nilai dan Norma, Peningkatan Kesejahteraan
D. Masyarakat, Kerja, Perilaku Ekonomi dan Kesejahteraan, Waktu

82) Mengklasifikasikan tujuan IPS dalam pembelajaran di SD Apa tujuan IPS dalam pembelajaran di SD?
A. Menolong siswa untuk mengembangkan bakatnya
B. Membantu siswa dalam menentukan impian yang ingin diraihnya di masa mendatang
C. Menyediakan kesempatan kepada siswa untuk berekspresi lingkungan masyarakat
D. Memberikan kepada Siswa pengetahuan ihwal pengalaman insan dalam kehidupan bermasyarakat pada masalalu, kini dan masa akan datang

83) Menganalisis nilai kegunaan mempelajari sejarah bagi siswa
Bagi siswa mempelajari sejarah mempunyai beberapa manfaat. Berikut yang bukan merupakan manfaat mempelajari sejarah bagi siswa yaitu. . .
A. Membangun kesadaran akseptor didik ihwal pentingnya waktu dan tempat yang merupakan proses dari masa lampau, masa kini, dan masa depan
B. Menumbuhkan pemahaman akseptor didik terhadap landasan sikap yang akan ditempuhnya
C. Melatih daya kritis akseptor didik untuk memahami fakta sejarah secara benar dengan didasarkan pada pendekatan ilmiah dan metodologi keilmuan
D. Menumbuhkan apresisasi dan penghargaan akseptor didik terhadap peninggalan sejarah sebagai bukti peradaban bangsa Indonesia di masa lampau

84) Mengurutkan perkembangaran sejarah di Indonesia
Bagaimana keadaan Indonesia sesudah adanya perjanjian KMB?
A. Indonesia terbagi menjadi 8 provinsi
B. Ibukota negara Indonesia dipindahkan ke Yogyakarta
C. Indonesia menjadi negara serikat (RIS)
D. Irian Barat berintegrasi dengan Indonesia

85) Menjelaskan kekerabatan pembelajaran sejarah dengan antropologi. (diberikan soal kasus) Antropologi sebagai salah satu dari ilmu sosial mempunyai kaitan dan pemberian kepada ilmu sejarah begitu juga sebaliknya. Dalam penulisan sejarah, sejarawan tidak jarang memakai teori dan konsep antropologi. Berikut konsep antropologi yang sering dipakai sejarawan, kecuali. . .
A. enkulturasi
B. primitif
C. folklore
D. prasasti

86) Menemukan makna Bhineka Tunggal Ikka dalam kehidupan sehari-hari Eko yakni siswa kelas V SD Bumi Pertiwi. Pada suatu hari Pak Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok. Eko mendapat kelompok dengan Togar, Lusi, Intan dan Rully. Bagaiman sebaiknya sikap Eko?
A. Eko bersedia satu kelompok dengan Togar alasannya yakni Togar orang Batak sedangkan di orang Jawa
B. Eko tidak bersedia satu kelompok dengan Rully alasannya yakni Rully bukan sobat dekatnya
C. Eko bersedia berkelompok dengan mereka alasannya yakni mereka semua pandai
D. Eko bersedia berkelompok dengan siapun alasannya yakni semua yakni teman

87) Menggali pengalaman butir-butir Pancasila Mengembangkan perbuatan yang luhur, yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan kegotongroyongan, merupakan pengalaman Pancasila sila ke- . . .
A. Satu
B. Dua
C. Tiga
D. Lima

88) Mengemukakan suku bangsa yang ada di Indonesia.(diberikan masalah salah satu suku bangsa di Indonesia) Bangsa Indonesia mempunyai ratusan suku bangsa beserta adat dan budayanya. Masing-masing suku mempunyai keunikan tersendiri yang merupakan kekayaan budaya nasional.
Berikutciri-cirisalahsatusuku yang ada di pulauJawa :
- Tidakdiperkenankanmenggunakankendaraanuntuksaranatransportasi
- Tidakdiperkenankanmenggunakan bantalan kaki
- Laranganmenggunakanalatelektronik
- Pinturumahharusmenghadaputara/selatan
Sukutersebutadalah. . .
A. Suku Asmat
B. Suku Bugis
C. Buku Badui
D. Suku Dayak

89) Membuktikan potensi sumber daya alam di Indonesia. (diberikan soal kasus) Negara Indonesia mempunyai sumber daya alam yang melimpah, salah satunya yaitu timah. Daerah yang menghasilkan lebih dari 20% produksi timah putih dunia yakni . . .
A. Pulau Bangka, Belitung, dan Singkep
B. Kepulauan Natuna
C. Pulau Bali, Lombok, Nusa Penida
D. Pulau Kalimantan

90) Merencanakan penggunaan ICT dalam pembelajaran IPS SD Pada pemebelajaran IPS kelas V dengan materi Perjuangan Bangas Indonesia Melawan Penjajah, Pak Ridwan ingin menyajikan pemebelajaran yang menyenangkan dan gampang diingat serta dimengerti oleh anak didiknya. Media apa yang harus dipakai pak
Ridwan?
A. Video
B. Slide
C. Corel draw
D. Radio

91) Mempelajari sejarah setiap masyarakat menjadi lebih baik. Pernyataan tersebut yakni manfaat mempelajari sejarah dalam hal ...
A. Sejarah sanggup memperlihatkan kesenangan dan kegembiraan
B. Sejarah sanggup dipakai sebagai pedoman bagi suatu bangsa
C. Sejarah sanggup dijadikan sebagai profesi
D. Sejarah sanggup mengetahui insiden masa lampau
92) Apakah persamaan kekerabatan antara sejarah dengan antropologi..
A. Menempatkan insan sebagai subyek dan obyek dalam kajiannya
B. Keduanya memperlihatkan proses yang meliputi keterlibatan para pelaku
C. Terlibat dalam faktor-faktor eksternal yang bersifat sosiologis
D. Berorientasi terhadap pandangan hidup para pelakunya

93) Negara Kesatuan Republik Indonesia terdiri atas beraneka ragam budaya, bahasa, ras, agama, dan kepercayaan. Yang semuanya diikat dalam satu pedoman Bhinneka Tunggal Ika dengan lambang negara Garuda Pancasila. Kedua hal tersebut diatur dalam Undang-Undang Negara nomor..
A. UU no 15 tahun 2006
B. UU no 17 tahun 2006
C. UU no 24 tahun 2009
D. UU no 38 tahun 2009

94) Kekayaan sumber daya alam Indonesia telah dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan bangsa Indonesia. Sebagian lainnya masih berupa potensi yang belum dimanfaatkan alasannya yakni banyak sekali keterbatasan.
Sesuai perkembangan jaman langkah yang tepat bagi kita untuk mengolah potensi sumber daya yang ada yaitu...
A. Mengolah sumber daya yang ada dengan mendatangkan tenaga kerja asing
B. Mengekspor sumber daya yang masih berupa materi mentah
C. Mengirim tenaga kerja Indonesia ke luar negeri untuk mendapat pembelajaran dan pelatihan
D. Mengelola sumber daya yang ada dengan teknologi canggih

95) Lingkungan di sekitar kita terbagi atas 2 macam yaitu lingkungan alam dan lingkungan buatan. Dimana keduanya mempunyai manfaat dan tujuan yang sama yaitu...
A. Untuk memenuhi kebutuhan manusia
B. Melestarikan lingkungan masyarakat
C. Sebagai sumber pengetahuan dan teknologi
D. Sebagai sumber kekayaan alam

96) Dibawah ini yang bukan termasuk tanda-tanda alam biotik yaitu...
A. Metamorfosis
B. Fotosintesis
C. Penyerbukan
D. Erosi

97) Metamorfosis yakni suatu proses perkembangan biologi pada binatang yang melibatkan perubahan penampilan fisik sesudah kelahiran atau penetasan. Dibawah ini yakni pola serangga yang tidak mengalami metamorfosis yaitu...
A. Belalang
B. Nyamuk
C. Lalat
D. Semut

98) Katak mengalami metamorfosis sempurna. Dalam perkembangannya pada fase berudu, bernapas menggunakan...
A. Trakhea
B. Paru-paru
C. Insang
D. Kulit

99) Untuk menjaga kelestarian lingkungan salah satunya yakni dengan melaksanakan reboisasi atau penghijauan dengan tujuan...
A. Memperindah susunan kota
B. Menjaga tanah dan mencegah erosi
C. Memperoleh kayu yang berlimpah
D. Meningkatkan pendapatan

100) Limbah atau sampah terpisah menjadi sampah berair dan sampah kering. Hal yang paling tepat untuk mengatasi limbah sampah kering adalah...
A. Dibakar habis
B. Di daur ulang
C. Dikubur didalam tanah
D. Dibiarkan ditempat terbuka

KUNCI JAWABAN
SOAL LATIHAN DAN KUNCI JAWABAN SELEKSI KOMPETENSI BIDANG  ✔ SOAL LATIHAN DAN KUNCI JAWABAN SELEKSI KOMPETENSI BIDANG (SKB) GURU KELAS SD
Kunci Jawaban Soal Latihan SKB Guru Kelas SD
Selengkapnya, silahkan download melalui laman link berikut ini.
Demikianlah yang sanggup kami informasikan terkait dengan soal latihan untuk calon pelamar ASN baik untuk CPNS maupun untuk Calon PPPK atau P3K.
Semoga lulus dan sukses sehingga menjadi ASN (PNS / PPPK, P3K). Amiin.

Belum ada Komentar untuk "✔ Soal Latihan Dan Kunci Balasan Seleksi Kompetensi Bidang (Skb) Guru Kelas Sd"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel