✔ Unduh Balasan Lk 4 Evaluasi Berorientasi Hots Kiprah Diklat Pkb Melui Pkp Berbasis Zonasiif
Halo sobat guru semua. Masih bertemu dengan kembali dengan blog yang selalun update terkait dengan pendidikan. Pada kesempatan yang baik ini akan membagikan salah satu kiprah untuk guru sasaran penerima Diklat PKP Tahun 2019 dengan Sistem Zonasi yaitu Jawaban LK. 4 Penilian Berorientasi HOTS. Mari lihat dulu di bawah ini.
LK 4 PENILAIAN BERORIENTASI HOTS
Tujuan Kegiatan :
Penyususn Soal Berorientasi HOTS
Langkah Kegiatan :
LK.4A KISI-KISI PENULISAN SOAL
2. KARTU SOAL
LK.4B KARTU SOAL PILIHAN GANDA
LK.4C KARTU SOAL URAIAN
LK 4 PENILAIAN BERORIENTASI HOTS
Tujuan Kegiatan :
Penyususn Soal Berorientasi HOTS
Langkah Kegiatan :
1. Buatlah penilaian pengetahuan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
a. Buatlah kisi-kisi soal sesuai dengan mata pelajaran yang diampu sesuai kompetensi dasar mata pelajaran yang telah ditentukan di desain pembelajaran! (LK-4a)
b. Buatlah soal pada kartu soal yang tersedia, setiap penerima minimal menciptakan 1 (satu) soal pilihan ganda dengan level kognitif pengetahuan dan pemahaman, aplikasi (LK-4b) dan kecerdikan sehat serta 1 (satu) soal uraian (LK-4c)!
c. Anggota kelompok secara berpasangan menelaah soal memakai format telaah soal HOTS yang tersedia (LK-4d).
2. Presentasikan hasil kerja, penerima lain menyimak presentasi dengan cermat untuk menunjukkan saran perbaikan!
3. Perbaiki hasil yang dibentuk sesuai saran!
LK.4A KISI-KISI PENULISAN SOAL
Jenis sekolah : SEKOLAH DASAR NEGERI 2 KARYAMUKTI
Jumlah soal : 2
Mata pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Bentuk soal/tes : Uraian
Penyusun : Yanti Parida, S.Pd.SD
Alokasi waktu : 120 Menit
Kisi-Kisi Penulisan Soal
2. KARTU SOAL
LK.4B KARTU SOAL PILIHAN GANDA
KARTU SOAL NOMOR 1 (PILIHAN GANDA) Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas/Semester : IV / 1 | |
Kompetensi Dasar | 3.4 Menghubungkan gaya dan gerak pada bencana di lingkungan sekitar |
Materi | Bentuk Energi dan Perubahannya |
Indikator Soal | 1. Disajikan suatu kisah ihwal dua benda yang dijatuhkan secara bersamaan, siswa sanggup menyimpulkan bahwa gaya berat mempengaruhi kecepatan jatuhnya benda. 2. Disajikan suatu kisah ihwal anak yang sedang bermain kelereng, siswa sanggup menyimpulkan bagaimana gerak kelerang saat salah satu kelereng menabrak kelereng lain yang diam. |
Level Kognitif | L3 |
Soal Ahmad dan Hanif sedang bermain berkelahi kelereng. Kelereng Hanif menabrak kelereng Ahmad yang sedang diam. Kejadian di bawah ini yang tidak mungkin terjadi adalah…. A. Kedua kelereng bergerak ke arah yang berbeda B. Kedua kelereng bergerak bahu-membahu C. Kedua kelereng diam D. Kelereng Hanif berbalik arah |
Kunci Pedoman Penskoran
NO SOAL | KUNCI/KRITERIA JAWABAN | SKOR |
1 | C. Kedua kelereng diam | 1 |
Keterangan:
Soal ini termasuk soal HOTS karena
1. bisa merangsang kemampuan berfikir tingkat tinggi
2. Proses kegiatan dalam pembelajaran dilengkapi dengan kegiatan yang menarik
LK.4C KARTU SOAL URAIAN
KARTU SOAL NOMOR 2 (URAIAN) Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas/Semester : IV / 1 | |
Kompetensi Dasar | 3.4 Menghubungkan gaya dan gerak pada bencana di lingkungan sekitar |
Materi | Bentuk Energi dan Perubahannya |
Indikator Soal | 1. Disajikan suatu kisah ihwal dua benda yang dijatuhkan secara bersamaan, siswa sanggup menyimpulkan bahwa gaya berat mempengaruhi kecepatan jatuhnya benda. 2. Disajikan suatu kisah ihwal anak yang sedang bermain kelereng, siswa sanggup menyimpulkan bagaimana gerak kelerang saat salah satu kelereng menabrak kelereng lain yang diam. |
Level Kognitif | L3 |
Soal Selembar kertas dijatuhkan bersamaan dengan selembar kertas yang telah diremas. Kertas mana yang akan jatuh ke lantai terlebih dahulu? Jelaskan! |
Kunci Pedoman Penskoran
LK-4d Format Telaah Soal
INSTRUMEN TELAAH SOAL HOTS
BENTUK TES PILIHAN GANDA
Nama Pengembang Soal :
Mata Pelajaran/Paket Keahlian/Layanan/Tema : IPA
Kls/Prog/Peminatan : IV
Isilah tanda ceklist (v) pada kolom butir soal memenuhi kaidah dan silang (X) pada kolom butir soal bila soal tersebut tidak memenuhi kaidah.
No. | Aspek yang ditelaah | Butir Soal |
1 | ||
A. | Materi | |
1. | Soal sesuai Kompetensi Dasar (KD) | V |
2. | Soal sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi (IPK) | V |
3. | Soal tidak mengandung unsur SARAPPPK (Suku, Agama, Ras, Antargolongan, Pornografi, Politik, Propaganda, dan Kekerasan). | V |
4. | Soal memakai stimulus yang kontekstual (gambar/grafik, teks, visualisasi, dll, sesuai dengan dunia nyata)* | V |
5. | Soal memakai stimulus yang imajinatif (baru, mendorong penerima didik untuk membaca). | V |
6. | Soal memakai stimulus yang mendorong penerima didik untuk melaksanakan sesuatu). | V |
7. | Soal mengukur level kognitif kecerdikan sehat (menganalisis, mengevaluasi, mencipta). Sebelum memilih pilihan, penerima didik melakukaan tahapan-tahapan tertentu. | V |
8. | Jawaban tersirat pada stimulus | V |
B. | Konstruksi | |
1. | Pokok soal dirumuskan dengan singkat, jelas, dan tegas. | V |
2. | Rumusan pokok soal dan pilihan tanggapan merupakan pernyataan yang diharapkan saja. | V |
3. | Pokok soal tidak memberi petunjuk kunci jawaban. | V |
4. | Pokok soal bebas dari pernyataan yang bersifat negatif ganda. | V |
5. | Pilihan tanggapan homogen dan logis ditinjau dari segi materi. | V |
6. | Gambar, grafik, tabel, diagram, atau sejenisnya terang dan berfungsi. | V |
7. | Panjang pilihan tanggapan relatif sama. | V |
8. | Pilihan tanggapan tidak memakai pernyataan “semua tanggapan di atas salah/benar” dan sejenisnya. | V |
9. | Pilihan tanggapan yang berbentuk angka/waktu disusun menurut urutan besar kecilnya angka atau kronologisnya. | V |
10. | Butir soal tidak bergantung pada tanggapan soal sebelumnya. | V |
C. | Bahasa | |
1. | Menggunakan bahasa yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia, untuk bahasa kawasan dan bahasa gila sesuai kaidahnya. | V |
2. | Tidak memakai bahasa yang berlaku setempat/tabu. | V |
3. | Soal memakai kalimat yang komunikatif. | V |
Cibalong, Oktober 2019
Penelaah
DIAN, S.Pd
Format Telaah Soal Uraian
INSTRUMEN TELAAH SOAL HOTS
BENTUK TES URAIAN
Nama Pengembang Soal : YANTI PARIDA, S.Pd.SD
Mata Pelajaran/Paket Keahlian/Layanan/Tema : IPA
Kelas/Program/Peminatan : IV
Isilah tanda ceklist (v) pada kolom butir soal memenuhi kaidah dan silang (X) pada kolom butir soal bila soal tersebut tidak memenuhi kaidah.
R 3 RUBRIK PENGEMBANGAN SOAL HOTS
Rubrik ini dipakai fasilitator untuk menilai hasil karya pengembangan butir Soal USBN
Langkah-Langkah Hasil Kajian
- Cermati kiprah yang diberikan kepada penerima pembinaan pada LK-3!2. Berikan nilai menurut penilaian anda terhadap hasil kerja penerima sesuai rubrik berikut!
Kriteria Penilaian:
1. Merumuskan indikator soal dengan tepat.
2. Menuliskan soal sesuai indikator soal.
3. Menuliskan kisi-kisi soal dengan tepat.
4. Menuliskan soal pilihan ganda sesuai kriteria soal HOTS.
5. Menuliskan kunci tanggapan pilihan ganda dengan tepat.
6. Menuliskan soal uraian sesuai kriteria soal HOTS.
7. Menuliskan kunci tanggapan uraian dengan tepat.
Rubrik Penilaian :
Selengkapnya silahkan ambil filenya pada link di bawah ini !
Unduh Jawaban LK 4 Penilaian Berorientasi HOTS Tugas Diklat PKB Melui PKP Berbasis Zonasiif
Menuju Link Berikut :
- Contoh Jawaban LK 1 Konsep HOTS Tugas Lembar Kerja dan Rubrik In 1 Diklat PKB Melalui PKP Berbasis Zonasi Tahun 2019
- Jadawan LK 2 ANALISIS UNIT PEMBELAJARAN
- Jawaban LK 3 Format Desain Pembelajaran Berdasarkan Model Pembelajaran Tugas In 2 Diklat PKB Melalui PKP Berbasis Zonasi
Belum ada Komentar untuk "✔ Unduh Balasan Lk 4 Evaluasi Berorientasi Hots Kiprah Diklat Pkb Melui Pkp Berbasis Zonasiif"
Posting Komentar