✔ Pengertian, Gelar, Tujuan, Syarat, Keunggulan, Permendikbud Wacana Ppg, Dan Pola Soal Preetest Ppg

Apakah itu PPG ?
PPG singkatan dari Pendidikan Profesi Guru yaitu pendidikan tinggi sehabis agenda pendidikan sarjana yang mempersipakan mahasiswa untuk mempunyai pekerjaan dengan persyaratan keahlian yang khusus untuk menjadi guru. Pendidikan Profesi Guru atau PPG harus ditempuh selama 1 hingga 2 tahun sehabis seseorang lulus dari agenda sarjana pendidikan maupun keluaran atau lulusan dari non sarjana kependidikan. Program PPG (Program Pendidikan Profesi Guru) yaitu merupakan agenda pemerintah di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia mengganti Akta IV yang tidak berlaku mulai tahun 2005.

Apakah Gelar sehabis lulus PPG ?
Seseorang sehabis menempuh atau lulusan profesi guru akan mendapat gelar khsusus Gr di belakan nama guru tersebut. Ini dikatakan oleh Muhammad Nuh ketika menjabat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI. Karena berdasarkan undang-undang guru melegitimasi profesi guru sama dengan dokter.

Apakah Tujuan diadakannya Program PPG ?
Program PPG atau Program Pendidikan Profesi Guru diharapkan dan profesionalisme seorang guru benar-benar lebih terjamin dengan menjalani atau menempuh selama pendidikan selama satu tahun atau 2 semester. Program PPG ini berlaku untuk / bagi yang bercita-cinta ingin menjadi seorang guru, baik lulusan dari sanjana fakultas pendidikan maupun dari non kependidikan.

Apakan Persyaratan Seseorang Masuk Program PPG ?
Syarat PPG, bahwa pada dikala ini tidak semua orang sanggup mengikuti agenda PPG, dikarenakan pemerintah dikala ini tengah mengeluarkan undang-undang yang mengatur hal tersebut diantaranya mengatur ihwal syarat-syarat penerima PPG. Hal tersebut tertuang dalam Permendikbud Nomor 37 Tahun 2017 pasal 4 bahwa syarat untuk menjadi penerima agenda PPG harus memenuhi persyaratan sebagai berikuʈː
  • Memiliki kualifikasi akademik saijana (S-1) atau diploma empat (D-IV);
  • Guru dalam Jabatan atau pegawai negeri sipil yang mendapat kiprah mengajar yang sudah diangkat hingga dengan final tahun 2015; 
  • Memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK); dan 
  • Terdaftar pada data pokok pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan} 
Apakah Keunggulan Program PPG ?
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) hasilnya melegalkan sarjana non kependidikan untuk menjadi guru profesional. Ke depan sarjana lulusan di luar FKIP (fakultas keguruan dan ilmu pendidikan) itu bersaing dengan sarjana yang empat tahun mengenyam kuliah kependidikan. Kebijakan membuka jalan masuk bagi sarjana non kependidikan untuk menjadi guru ini tertuang dalam Permendikbud 87/2013 ihwal Pendidikan Profesi Guru Prajabatan (PPG). Sarjana dari fakultas non FKIP itu bebas mengajar mulai dari jenjang TK, SD, SMP, hingga SMA/sederajat.

Sarjana non kependidikan juga diwajibkan mengikuti saringan masuk PPG selayaknya sarjana kependidikan. Meskipun aksesnya dibuka setara dengan lulusan FKIP, sarjana non kependidikan wajib mengikuti dan lulus agenda matrikulasi dulu sebelum menjalani PPG. Sedangkan untuk sarjana FKIP yang linier atau sesuai dengan matapelajaran yang bakal diampu, tidak perlu mengikuti agenda matrikulasi itu. Khusus untuk sarjana yang bakal mengajar di jenjang Sekolah Menengah Pertama dan SMA/sederajat, tidak ada perlakukan berbeda bagi lulusan kependidikan maupun non kependidikan ketika mengikuti PPG. Mereka diwajibkan untuk mengikuti PPG dengan bobot atau beban berguru sebanyak 36 hingga 40 SKS. Menurut Sulistiyo sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Kemendikbud harus bisa menanggung risiko kalau membuka jalan masuk luas kepada sarjana non kependidikan untuk menjadi guru profesional. Guru yakni profesi khusus, sehingga pendidikannya juga khusus dalam waktu yang cukup.

Contoh Soal Masuk PPG.
Contoh Soal Preetest PPG
Sejak tahun 2017, Dirjen GTK telah mengeluarkan Surat Edaran yaitu bagi Guru yang mendaftarkan diri dalam Prpgram PPG harus mempersiapkan diri dalam menghadapi PreeTest PPG. Berikut admin share contoh soal Preetest Program PPG.

 PPG singkatan dari Pendidikan Profesi Guru yaitu pendidikan tinggi sehabis agenda pendi ✔ Pengertian, Gelar, Tujuan, Syarat, Keunggulan, Permendikbud Tentang PPG, dan Contoh Soal Preetest PPG
Contoh Soal Tes UTN PPG
 Silahkan unduh dengan link yang telah tersedia di bawah ini.
harus diingat :
Password : resmi
Sumber : blajarblajar.com
  • Contoh 100 Soal Uji Kompetensi Preetest PPG Kemenag Link Download (tanpa password)
Download 5 Paket Soal Latihan Soal Preetest PPG Tahun 2019 dan Kunci Jawabannya.
 PPG singkatan dari Pendidikan Profesi Guru yaitu pendidikan tinggi sehabis agenda pendi ✔ Pengertian, Gelar, Tujuan, Syarat, Keunggulan, Permendikbud Tentang PPG, dan Contoh Soal Preetest PPG
5 Paket Soal Latihan Soal Preetest PPG 2019 dan Kunci Jawabann

Paket 1 100 Soal Preetest PPG dan Kunci Jawaban Link Download

Paket 2 Soal Latihan PreeTest Link Download (Password : resmi)

Paket 3 150 Soal Latihan PPG dan Kuni Jawaban Link Download

Paket 4 Contoh 100 Soal PPG Guru Kelas SD/MI Link Download

Paket 5 Soal-Soal Guru SD/MI Link Download

Sekilas ihwal Soal Preetest PPG Guru Kelas Awal Tahun 2018
1. Seorang siswa diminta untuk mengidentifikasi duduk kasus yang mereka hadapi, kemudian duduk kasus itu
didiskusikan dalam kelompok untuk mendapat solusinya.
Ilustasi ini berkaitan dengan perkembangan ....
A. kemampuan kognitif
B. kemampuan interaksional
C. kemampuan integrasi diri
D. kemampuan komunikatif

2. Pernyataan berikut yang menjelaskan makna istilah kognitif adalah....
A. kemampuan berkomunikasi
B. Kemampuan untuk memecahkan masalah
C. kemampuan berinteraksi
D. kemampuan untuk mengintegrasikan diri

3. Kemampuan berfikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah nalar tapi masih terkait dengan
obyek-obyek bersifat konkrit merupakan ciri-ciri kemampuan anak berusia
A. 0 - 2 tahun
B. 2 -- 7 tahun
C. 7 -- 11/12 tahun
D. 11/12/ -- 14/15 tahun

4. Menggunakan potongan sapu lidi, kelereng, globe, gambar-gambar yang menyangkut pembelajaran IPA serta IPS sebagai media yakni sesuai dengan tahapan perkembangan berfikir
anak yang dikenal sebagai tahapan
A. Anak memahami bilangan dan angka tetapi masih terkait dengan obyek bersifat kongkrit (operasional konkrit)
B. Pengamatan dan penginderaan yang intensif terhadap lingkunganya (sensomotor)
C. Dominasi pengamatan bersifat egosentris
D. Kemampuan mengoperasikan kaidah nalar yang tidak terikat lagi dengan obyek yang bersifat konkrit (operasional formal)

5. Kemampuan penerima didik untuk membina relasi dan kemampuan memotivasi diri termasuk kecerdasan....
A. Kognitif
B. Sosial
C. Emosional
D. moral

6. Seorang penerima didik selalu ingin mendominasi dalam suatu kelompok belajar. Dia tidak memberi kesmpatan anggota lain untuk mengemukakan pendapat. Jika sahabat lain yang memimpin dan mengendalikan jalannya diskusi, ia memisahkan diri dan cenderung berguru sendiri.
Peserta didik tersebut mengalami permasalahan dalam perkembangan
A. sosial-emosional
B. kognitif
C. moral
D. spritual

7. Peserta didik telah mempunyai yang mempunyai moralitas benar-benar diinternalisasikan dan tidak
didasarkan pada standar-standar orang lain. Dia mengenal tindakan moral alternatif, menjajaki
pilihan-pilihan, dan kemudian tetapkan berdasarkan suatu arahan moral pribadi.
Hal ini merupakan contoh sikap moral-spritual pada tahapan ...
A. daypikir pascakonvensional
B. daypikir konvensional
C. daypikir prakonvensional
D. daypikir interkonvensional

8. Individu memandang apa yang diharapkan oleh keluarga, kelompok, masyarakat dan bangsa
serta setia mendukung hukum social bukan hanya untuk ketenangan tetapi disadari sebagai sesuatu yang berharga.
Pernyataan tersebut merupakan tahapan perkembangan moral
A. Prakonvensional
B. Konvensional
C. Pascakonvensional
D. Interkonvensional

9. Memaksimalkan aktivitas ekstrakurikuler, melaksanakan rekreasi dengan guru, dan melakukan
kegiatan informal lainnya mempunyai fungsi untuk mengatasi kesulitan berguru dalam hal ....
A. mengemukakan gagasan
B. mengaktualisasikan diri
C. penciptaan relasi yang baik
D. menformulasikan tindakan

10. Seorang penerima didik merasa kurang bersemangat pada jam usai pembelajaran. Dia bahkan lebih bahagia tinggal di sekolah hingga sore, petugas kebersihan sekolah hingga menyuruhnya pulang alasannya matahari hampir tenggelam.
Peserta didik tersebut dicurigai mempunyai hambatan pengembangan potensi berupa faktor ....
A. intelegensi dan kognitif
B. budaya dan pembiasaan
C. keluarga dan lingkungan masyarakat
D. emosional dan kepribadian

11. Seorang penerima didik bisa mendengarkan informasi yang disampaikan oleh guru tetapi pada dikala ditanya ia tidak mengerti apa yang ia dengar. Peserta didik tersebut mengalami kesulitan/ gangguan berguru dalam hal ....
A. kesulitan akademis
B. gangguan simbolik
C. gangguan nonsimbolik
D. gangguan sosial

12. Perbedaan antara konseling dan wawancara terletak pada maksud dan tujuannya. Tujuan konseling adalah....
A. Membantu siswa semoga sanggup memecahkan duduk kasus pribadinya
B. Menbantu siswa semoga sanggup melaksanakan penyesuaian diri dengan lingkungannya
C. Membantu siswa semoga sanggup mengatasi kesulitan belajar
D. Membantu siswa semoga memperoleh informasi tertentu

13. Teori ini memandang berguru sebagai hasil dari pembentukan relasi antara rangsangan dari luar (stimulus) dan tanggapan dari siswa (response) yang sanggup diamati. Semakin sering relasi (bond) antara rangsangan dan tanggapan terjadi, maka akan semakin kuatlah relasi keduanya (law of exercise). Teori berguru yang dimaksud adalah...
A. Behaviorisme
B. Humanistik
C. Sibernetik
D. Kontruktivisme

14. Di dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, menciptakan dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum, mengambarkan benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan teori belajar....
A. Sibernetik
B. Humannistik
C. Behaviorisme
D. Konstruktivisme

15. Menurut teori ini, peranan guru dalam pembelajaran yakni sebagai fasilitator, motivator, dan
memberikan kesadaran mengenai makna kehidupan pada siswa. Teori berguru ini berusaha memahami sikap berguru dari sudut pandang pelakunya bukan dari sudut pandang pengamatnya. Teori berguru ini yakni ....
A. Humanistik
B. Konstruktivisme
C. kognitivisme
D. Nativisme

16. Pada masa sekarang siswa dituntut untuk sanggup berguru setiap dikala dan bisa terjadi di manapun. Hal
ini terjadi alasannya kemajuan teknologi yang memungkinkan berguru jarak jauh dalam jaringan atau
online. Pernyataan diatas sejalan dengan teori berguru ....
A. Sibernetik
B. Konstruktivisme
C. Behaviorisme
D. Kognitivisme

17. Pendapat yang menyatakan bahwa pengetahuan atau pengalaman yang gres sanggup terkait dengan pengetahuan lama yang sudah ada di dalam struktur kognitif seseorang yakni teori belajar...
A. Behaviorisme
B. Konstruktivisme
C. Kognitivisme
D. Sibernatik

18. Tujuan pembelajaran yang menggambarkan proses dan hasil berguru yang diharapkan dicapai oleh penerima didik sesuai dengan kompetensinya dimuat dalam....
A. Silabus
B. RPP
C. Silabus dan RPP
D. SKL

19. Komponen rancangan pelaksanaan pembelajaran terdiri dari....
A. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
B. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, indikator,materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
C. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, sumber belajar, media pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
D. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, evaluasi, langkah-langkah pembelajaran

20. Silabus dan RPP sama-sama sebagai planning proses pembelajaran, perbedaannya yakni sebagai berikut:
A. Silabus berisi kompetensi dasar sedangkan rpp mengarahkan aktivitas berguru untuk mencapai kompetensi dasar
B. Silabus bersumber dari standar isi dan standar lulusan, sedangkan RPP bersumber dari standar kompetensi lulusan
C. RPP dibentuk oleh setiap guru, sedangkan silabus dibentuk oleh tim guru
D. RPP dan silabus keduanya disusun oleh setiap satan pendidikan.

21. Salah satu prinsip dalam penyusunan planning pelaksanaan pembelajaran (RPP) yakni ....
A. Materi atau materi didik berbasis kompetensi
B. Pembelajaran dirancang dengan berpusat pada penerima didik
C. RPP bersumber dari silabus
D. Alokasi waktu sesuai dengan agenda pada setiap satuan pendidikan

22. Perhatikan beberapa komponen dari RPP untuk mata pelajaran bahasa Indonesia yakni sebagai berikut ......
1) Kompetensi dasar :Mengenal aktivitas bermusyawarah
2) Indikator : menyebutkan dua ciri aktivitas bermusyawarah
3) Tujuan Pembelajaran : sehabis pelaksanaan pemilihan ketua kelas siswa sanggup menyebutkan dua ciri aktivitas musyawarah dengan benar
Berdasarkan komoponen-komponen RPP tersebut prinsip dipakai adalah....
A. Memberikan umpan balik dan tindak lanjut
B. Mendorong partisipasi aktif penerima didik
C. Memperhatikan perbedaan individu penerima didik
D. Keterkaitan dan keterpaduan

23. Benjamin S. Bloom berbagi ranah kognitif dengan urutan berikut:
A. ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi;
B. ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, síntesis, dan evaluasi
C. ingatan, pemahaman, síntesis, aplikasi, analsis, dan evaluasi
D. ingatan, pemahaman, analisis, aplikasi, evaluasi, dan, síntesis.

24. Taksonomi Anderson dan Krathwol menyempurnakan taksonomi Benjamin S. Bloom
mengembangkan ranah kognitif dengan urutan berikut:
A. ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi;
B. ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, síntesis
C. ingatan, pemahaman, síntesis, aplikasi, analsis, dan evaluasi
D. ingatan, pemahaman, aplikasi,analisis, evaluasi, dan, mencipta.

25. Model pembelajaran yang mempunyai keunggulan antara lain; berpikir dan bertindak kreatif,
memecahkan duduk kasus yang dihadapi secara realistis, merangsang perkembangan kemajuan
berfikir siswa untuk menuntaskan duduk kasus yang dihadapi dengan tepat, adalah....
A. Role Playing
B. Inquiry
C. Problem Solving
D. Picture and Picture

26. Faktor yang penting dipertimbangkan guru dalam melaksanakan diskusi pemecahan masalah
proses pembelajaran adalah:
A. Waktu yang tersedia untuk melaksanakan diskusi
B. Rumusan duduk kasus yang harus didiskusikan
C. Jumlah penerima didik yang mengikti pembelajaran
D. Motivasi berguru siswa

27. Fungsi indikator dijadikan sebagai penanda dalam....
A. Pencapaian standar kompetensi
B. Pencapaian kompetensi dasar.
C. Pencapaian tujuan pembelajaran
D. Pencapaian standar kelulusan

28. Apa yang paling sempurna dilakukan guru, kalau seorang penerima didik tidak menunjukkan jawaban atas pertanyaan yang diajukan ?
A. Menunjuk penerima didik lain untuk menjawab pertanyaan tersebut
B. Memberikan kritik semoga penerima didik berusaha menjawab walaupun salah
C. Menyederhanakan isi pertanyaan semoga gampang dipahami penerima didik
D. Menjawab sendiri pertanyaan tersebut.

29. Prinsip sistematis sebagai salah satu prinsip pengembangan silabus artinya ....
A. Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi dalam silabus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spritual penerima didik.
B. Adanya relasi yang konsisten (ajeg, taat asas) antara kompetensi dasar, indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian.
C. Cakupan indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar.
D. Komponen-komponen silabus saling bekerjasama secara fungsional dalam mencapai kompetensi.

30. Ciri-ciri kelas yang memakai pembelajaran CTL yakni sebagai berikut, kecuali....
A. Sharing dengan teman
B. Guru kreatif
C. Pengalaman nyata
D. Menggunakan satu sumber

31. Dalam menentukan dan berbagi materi pembelajaran, Ibu Murni Nugroho selalu menyeleksi materi pembelajaran yang telah teruji kebenarannya, tidak ketinggalan jaman dan menunjukkan bantuan untuk pemahaman ke depan. Kriteria penyeleksian dan pemilihan materi pembelajaran tersebut memenuhi kriteria...
A. Sahih
B. Kebermanfaatan
C. Layak dipelajari
D. Menarik minat

32. Bu Rossa menyiapkan materi pelajaran dengan cara dimulai dari materi-materi yang dikenal
siswa kemudian menuju hal-hal gres dan dianggap lebih mendalam. Bentuk pengembangan materi yang disusun Bu Rossa mengikuti pola....
A. Kausal
B. Spiral
C. Kronologis
D. inquiri

33. Memilih media pembelajaran hendaknya dihentikan sembarangan tetapi harus didasarkan pada kriteria tertentu. Misalnya, apakah untuk berguru individual, kelompok kecil, kelompok besar atau massal.
Pernyataan tersebut dalam pemilihan media termasuk ke dalam kriteria...
A. tujuan
B. sasaran didik
C. ketersediaan
D. konteks penggunaan

34. Pada dikala mempersiapkan pembelajaran seorang guru sanggup menyusun taktik pembelajaran
dan menentukan media yang akan dipakai dalam pembelajaran tersebut. Kemampuan dasar
yang harus dimiliki seorang pendidik terkait dengan keterampilan menentukan media pembelajaran
adalah...
A. Pendidik harus mengetahui latar sosial budaya siswa dan sekolah
B. Pendidik harus memahami karakteristik dari media pembelajaran tersebut.
C. Pendidik harus beradaptasi dengan kemampuan sekolah.
D. Pendidik menyesuaikan dengan materi pembelajaran.

35. Pada dikala mempersiapkan pembelajaran seorang guru harus sanggup menentukan jenis media
yang sempurna sesuai dengan materi. Di lihat dari kemampuan jangkauannya, media sanggup dibagi ke
dalam..
A. media yang mempunyai daya liput yang luas dan media yang mempunyai daya liput terbatas
B. media yang dpat didengar saja dan media yang sanggup dilihat
C. media tradisional dan media berbasis TIK
D. media dua dimensi dan media tiga dimensi

36. Di ruang media tersedia banyak sekali macam media yang sudah berdebu dan agak usang. Sebagai
seorang pendidik yang kreatif, sebaiknya sanggup memanfaatkan media dan menentukan media mana
yang akan digunakan. Dia mempunyai beberapa pertimbangan dalam hal ini.
Pertimbangan dalam menentukan media pembelajaran yang harus diperhatikan adalah...
A. Tujuan, sasaran didik, karakteristik media, waktu pengoperasian, biaya, ketersediaan, konteks penggunaan, dan mutu teknis.
B. Sasaran didik, karakteristik media, waktu mengoperasikan, tujuan, misi visi sekolah dan konteks penggunaan.
C. Tujuan, sasaran didik, karakteristik media, visi sekolah dan konteks penggunaan
D. Kultur sekolah, tujuan, waktu pengoperasiaan dan karakteristik media

37. Seorang guru harus bisa memanfaatkan media pembelajaran dan sumber berguru untuk
mencapai tujuan pembelajaraan utuh. Pernyataan berikut yang benar terkait dengan media pembelajaran adalah:
A. media pembelajaran yang paling baik yakni media yang berbasis TIK
B. sebuah media sanggup dipakai untuk semua aktivitas pembelajaran
C. media sanggup dipakai sebagai pembawa pesan dalam suatu aktivitas pembelajaran
D. menentukan media tidak perlu banyak pertimbangan semoga tidak merepotkan

38. Setiap materi pembelajaran mempunyai tingkat kesukaran yang bervariasi. Untuk memudahkan
peserta didik memahami materi yang mempunyai tingkat kesukaran tinggi guru sering
memanfaatkan media pembelajaran. Misalnya, media gambar atau tayangan video yang berisi
sistem peredaran darah.
Fungsi media pada pernyataan tersebut adalah:
A. Menampilkan objek yang terlalu besar
B. Membuat konkrit konsep yang abstrak
C. Menampilkan objek yang tidak sanggup diamati dengan mata telanjang.
D. Membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar.

39. Media mempunyai fungsi dan manfaat bagi pembelajaran. Hal ini dirasakan juga oleh guru
dalam membantu pembelajaran menjadi lebih efisien dan efektif. Misalnya dikala guru ingin
menjelaskan suatu konsep/ objek yang luas dan besar, ia tinggal memakai medianya saja.
Berikut ini yakni salah satu fungsi dari media pembelajaran sesuai kondisi tersebut:
A. Menampilkan objek yang terlalu besar, contohnya pasar, candi.
B. Membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar.
C. Membuat konkret konsep yang abstrak, contohnya untuk menjelaskan peredaran darah.
D. Menampilkan objek yang tidak sanggup diamati dengan mata telanjang.

40. Seorang guru ingin membuka situs google untuk menuliskan catatan, ide, atau refleksi yang bersifat eksklusif atau untuk dibagikan secara umum. Fitur yang sanggup dimanfaatkan oleh guru tersebut adalah...
A. book
B. forum
C. blog
D. e-portofolio

41. Seorang guru sedang ber-googling atau membuka situs google untuk mencari informasi mengenai pembelajaran berbasis TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi).
Pengertian googling dalam istilah internet tersebut adalah...
A. agenda mencari informasi
B. agenda desktop publishing
C. agenda untuk menjelajahi laman
D. agenda penciptaan laman

42. Saat kita akan informasi ihwal suatu topik atau judul sanggup memakai aplikasi internet yang dikenal dengan istilah mesin pencari (search engine).
Salah satu laman yang berfungsi sebagai mesin pencari selain google adalah...
A. www.yahoo.com
B. www.gmail.com
C. www.hotmail.com
D. www.cari-data.com

43. Seorang guru akan menciptakan media untuk menampilkan contoh surat, tabel, gambar dan banyak sekali dokumen lain. Aplikasi sederhana keluaran Microsoft yang sanggup dipakai untuk memfasilitasi aktivitas guru tersebut adalah...
1. Microsoft Database
2. Microsoft PowerPoint
3. Microsoft Desktop Publishing
4. Microsoft Word

44. Seorang guru sanggup menampilkan materi tayang yang menarik perhatihan siswa dalam pembelajaran. Program tampilan materi tayang ini difasilitasi oleh Microsoft. Aplikasi sederhana
keluaran Microsoft yang sanggup dipakai untuk menciptakan materi presentasi adalah....
A. Microsoft Database
B. Microsoft Spread Sheet
C. Microsoft powerpoint
D. Microsoft Desktop Publishing

45. pertanyaan, mengumpulkan data (informasi) dengan banyak sekali teknik, mengasosiasi/
menganalisis/mengolah data (informasi) dan menarik kesimpulan serta mengkomunikasikan hasil yang terdiri dari kesimpulan untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap.
Langkah yang dilakukan Pak Ali itu merupakan penggalan dari model pembelajaran...
A. portofolio
B. saintifik
C. penemuan
D. autentik

46. Pak Larso melaksanakan pembelajaran dengan memakai duduk kasus sebagai langkah awal
dalam mengumpulkan dan mengintergrasikan pengetahuan gres berdasarkan pengalamannya,
dimulai dengan memunculkan pertanyaan penuntun (a guiding question) dan membimbing
peserta didik berkolaboratif yang mengintegrasikan banyak sekali subjek (materi) dalam kurikulum.
Pembelajaran yang dilakanakan oleh Pak Larso tersebut merupakan model pembelajaran ....
A. projek based learning
B. discovery Learning
C. Problem Based Learning
D. Inquiry learning

47. Bu Rumini melaksanakan pembelajaran yang mengakomodasi semua anggota kelompok
mengungkapkan pendapat, ide, dan tanggapan terhadap skenario secara bebas, sehingga
dimungkinkan muncul banyak sekali macam alternatif pendapat.
Kegiatan yang dilakukan Bu Rumini tersebut merupakan implementasi model pembelajaran ....
A. Project based learning
B. inquiry learning
C. Discovery learning
D. problem based learning

48. Berikut ini merupakan langkah-langkah pembelajaran dengan model pembelajaran project based learning :
1) Penentuan Pertanyaan Mendasar,
2) Mendesain Perencanaan Proyek,
3) Menyusun Jadwal (Create a Schedule),
4) Memonitor penerima didik dan kemajuan proyek (Monitor the Students and the Progress of the Project),
5) Menguji Hasil (Assess the Outcome),
6) Mengevaluasi Pengalaman (Evaluate the Experience).
Urutan yang benar yakni ....
A. 1-2-3-4-5-6
B. 1-3-2-4-5-6
C. 1-3-2-5-6-4
D. 1-2-3-5-4-6

49. Perhatikan langkah-langkah aktivitas pembelajaran yang masih acak berikut ini!
1) Mengorganisasi siswa dalam belajar
2) Orientasi siswa pada masalah
3) Membimbing penyelidikan siswa secara sanggup bangkit diatas kaki sendiri atau kelompok
4) Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Jika langkah-langkah tersebut disusun mengikuti urutan model pembelajaran Problem Based
Learning, urutan langkah yang sempurna yakni ....
A. 1-2-3-4
B. 2-3-1-4
C. 3-2-1-4
D. 2-3-1-4

50. Kriteria keberhasilan berguru siswa ditentukan dengan memakai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). KKM yakni rata-rata setiap unsur dari kriteria yang ditentukan. Untuk menentukan KKM diharapkan faktor-faktor....
A. Kompleksitas indikator, daya dukung, dan kemampuan guru
B. Kemampuan guru, sarana/prasarana, dan intake siswa
C. Kompleksitas indikator, daya dukung, dan intake siswa
D. Kemampuan guru, tingkat kesulitan kompetensi dasar, dan intake siswa

51. Fungsi KKM yakni sebagai berikut, kecuali....
A. sebagai teladan penerima didik dalam menyiapkan diri mengikuti penilaian mata pelajaran
B. merupakan sasaran satuan pendidikan dalam pencapaian kompetensi tiap mata pelajaran
C. sanggup dipakai sebagai penggalan dari komponen dalam melaksanakan penilaian agenda pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah.
D. Sebagai aktivitas pengambilan keputusan yang sanggup dilakukan melalui metode kualitatif atau kuantitatif.

52. Fungsi indikator dijadikan sebagai penanda dalam....
A. Pencapaian standar kompetensi
B. Pencapaian kompetensi dasar.
C. Pencapaian tujuan pembelajaran
D. Pencapaian standar kelulusan

53. Untuk menentukan tindak lanjut pembelajaran, tindakan yang perlu dilakukan guru adalah;
A. Menilai tingkat pencapaian hasil berguru siswa
B. Menambah materi pelajaran baru
C. Mengetahui jumlah siswa yang tidak akan mengikuti agenda tindak lanjut
D. Memilih waktu yang sempurna untuk melaksanakan agenda tindak lanjut

54. Instrumen yang diguanakan untuk menilai sikap siswa dalam proses pembelajaran adalah:
A. Pedoman observasi
B. Kuesioner
C. Pedoman wawancara
D. Tes hasil belajar

55. Sebelum guru menyusun soal-soal untuk menilai hasil berguru penerima didik, manakah yang
pertama kali harus dipelajari:
A. Buku sumber yang digunakan
B. Kurikulum dan silabus
C. Indikator pencapaian kompetensi
D. Kemampuan awal siswa

56. Salah satu prinsip dalam penilaian hasil berguru penerima didik yakni penilaian harus terpadu artinya:
A. penilaian berdasarkan data yang mencerminkan kemampuan yang harus diukur
B. penilaian merupakan penggalan yang tak terpisahkan dari aktivitas pembelajaran
C. penilian berdasarkan kriteria yang terang ihwal kompetensi yang harus dicapai
D. penilaian harus berkesinambungan oleh pendidik untuk semua aspek kompetensi

57. Instrumen penilaian hasil berguru yang dipakai pendidik harus memenuhi persayaratan berikut, kecuali:
A. Konstruksi butir soal memenuhi persayaratan yang sesuai dengan bentuk tes yang digunakan
B. Substansi yang diukur mempresentasiukan kompetensi yang dinilai
C. Bahasa yang dipakai komukinatif sesuai dengan taraf perkembangan penerima didik
D. Digunakan untuk ulangan tengah semester dan ulangan final semester

58. Untuk mengetahui prestasi berguru yang dicapai oleh semua penerima didik pada satu
rombongan berguru sanggup dilakukan dengan menghitung nilai;
A. Mean
B. Modus
C. Median
D. Simpangan baku

59. Standar penilaian pendidikan merupakan teladan bagi guru dalam melaksanakan
A. Penilaian hasil berguru penerima didik
B. Penilaian proses pembelajaran yang dilakukan guru
C. Penilaian silabus dan RPP
D. Penilaian standar kompetensi lulusan

60. Penilaian yakni penafsiran hasil pengukuran dan penentuan pencapaian hasil belajar.
Penilaian sanggup berupa hasil berguru penerima didik yang tidak dipengaruhi oleh kepentingan penilai, perbedaan latar belakang agama, sosial-ekonomi, budaya, bahasa, gender, dan relasi emosional. Cara penilaian tersebut mengacu pada aspek penilaian....
A. Objektivitas.
B. Transparan
C. Bermakna
D. Menyeluruh

61. Upaya merancang pengayaan bagi perserta didik yang mencapai ketuntasan berguru optimal tampak dalam aktivitas guru sebagai berikut:
A. Memberikan komplemen materi berupa sumber didik dari pengarang yang berbeda
B. menunjukkan test komplemen dengan tingkat kesukaran lebih tinggi
C. menunjukkan komplemen sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument testnya yang sesuai
D. diberikan materi materi didik yang lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang mempunyai kesulitan tinggi

62. Dasar rancangan agenda remidi bagi penerima didik yang capaian prestasinya di bawah ketuntasan berguru ....
A. proses pengajaran remedial intinya yakni proses berguru mengajar biasa
B. tujuan pengajaran remedial yakni sama dengan test diagnostik
C. sasaran terpenting pengajaran remidial yakni peningkatan kecerdasan siswa
D. taktik yang dipilihhanya berbentuk test ulang

63. Salah satu prinsip merancang agenda remidial bagi penerima didik tampak dalam kegiatan
guru ....
A. Membuat rancangan pembelajaran khusus untuk siswa penerima remedial
B. Menggunakan rancangan pembelajaran yang telah dibentuk dengan memperhatikan hasil temuan analisis penilaian berguru siswa
C. Menggunakan rancangan pembelajaran gres yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada
D. merancang test ulang saja tanpa ada pengulangan klarifikasi materi

64. . Kriteria ketuntasan minimal (KKM) merupakan kriteria ketuntasan berguru yang ditentukan oleh sekolah, pada prinsipnya merupakan:
A. Nilai batas ambang kompetensi
B. Nilai minimal yang dicapai penerima didik
C. Nilai maksimal yang dicapai penerima didik
D. Nilai batas ambang kelulusan ujian sekolah

65. Penilaian portofolio sanggup dilaksanakan dengan cara ....
A. Memberikan penilaian menyeluruht erhadap tugas-tugas siswa
B. Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil test harian dan sumatif tiap siswa
C. Mengumpulkan hasil kerja masing-masing siswa yang telah diberikan masukan baik oleh guru dan rekan siswa dalam suatu album sebagai bukti hasil belajar
D. Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil ulangan tiap siswa untuk melihat kesulitan siswa dalam memahami pokok bahasan tertentu dan kemudian diberikan pengajarandan test remedial

66. Penilaian hasil berguru siswa didasarkan pada karya siswa dan kiprah siswa, kemampuan
dalam proses pembelajaran dan hasil post test disebut ....
A. Konstruktivisme
B. Authentic assesment
C. Efektif
D. kondusif

67. Pendekatan tes ini memakai norma yang disusun secara relatif berdasarkan distribusi
skor yang dicapai oleh para pengikut dalam suatu tes. Dengan demikian maka skor standar yang
dicapai oleh seseorang yang didasarkan atas norma relatif ini (PAN) mencerminkan status
individu di dalam kelompok.
Pendekatan tes yang dimaksud adalah....
A. Penilaian berkelanjutan
B. penilaian menyeluruh
C. penilaian teladan patokan
D. penilaian teladan norma

68. Kurikulum 2013 memakai pendekatan penilaian yang disebut dengan istilah penilaian
acuan kriteria (PAK). PAK merupakan penilaian pencapaian kompetensi yang didasarkan pada
kriteria ketuntasan minimal (KKM). KKM merupakan kriteria ketuntasan berguru minimal yang
ditentukan oleh satuan pendidikan dengan mempertimbangkan karakteristik Kompetensi Dasar
yang akan dicapai, daya dukung, dan karakteristik penerima didik.
Dengan demikian, Kurikulum 2013 memakai pendekatan penilaian yang didasarkan pada
pendekatan ....
a. Penilaian berkelanjutan
b. Penilaian autentik
c. Penilaian teladan patokan
d. Penilaian teladan norma

69. Menggambarkan sejauh mana seorang penerima didik telah menguasai suatu kompetensi, merupakan...
A. tujuan penilaian
B. prinsip penilaian
C. fungsi penilaian
D. hasil penilaian

70. Mengetahui tingkat penguasaan kompetensi dalam sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang sudah dan belum dikuasai seorang/sekelompok penerima didik untuk ditingkatkan dalam pembelajaran remidial dan agenda pengayaan merupakan....
A. prinsip penilaian
B. tujuan penilaian
C. fungsi penilaian
D. bentuk penilaian.

71. Assesment hasil berguru penerima didik harus memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut, kecuali:
A. objektif
B. adil
C. kooperatif
D. terpadu.

72. Penilaian yang didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur, hal tersebut merupakan prinsip penilian yang:
A. adil
B. objektif
C. valid
D. sistematis

73. Penilaian yang sanggup dipertanggungjawabkan, baik dari segi teknik, prosedur, maupun hasilnya, hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang...
A. adil
B. akuntabel
C. valid
D. sistematis

74. Penilaian yang dilakukan secara berencana dan sedikit demi sedikit dengan mengikuti langkah-langkah
yang baku, hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang...
A. adil
B. objektif
C. valid
D. sistematis

75. Di bawah ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melaksanakan assesmen hasil berguru penerima didik, kecuali....
A. ditujukan untuk mengukur pencapaian kompetensi
B. memakai teladan kriteria berdasarkan pencapaian kompetensi
C. ditindaklanjuti dengan agenda remedial dan pengayaan
D. dilakukan pengulangan kalau ternyata hasilnya banyak yang jelek

76. Program pembelajaran remedial hendaknya memungkinkan penerima didik untuk berguru sesuai dengan kecepatan, kesempatan, dan gaya berguru masing-masing. Pembelajaran remedial harus mengakomodasi perbedaan individual penerima didik.Pernyataan di atas termasuk salah prinsip yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran remedial, yaitu...
A. Fleksibilitas
B. Interaktif
C. Adaptif
D. Kesinambungan

77. Berdasarkan data hasil penilaian pembelajaran ihwal memahami teks anekdot ternyata hasilnya tidak maksimal. Dari 30 siswa dinyatakan belum tuntas sejumlah 15 sehingga mengikuti agenda remidial. Sedangkan yang dinyatakan tuntas sejumlah 15 orang mengikuti agenda pengayaan. Kegiatan pengayaan untuk 15 siswa sanggup dilakukan oleh guru dengan cara...
A. Mengadakan pendalaman materi terkait dengan KD tersebut
B. Digabung dengan siswa yang belum tuntas ikut remedial
C. Melanjutkan materi pada KD selanjutnya
D. Memberi kiprah mengerjakan Lembar Kerja Siswa

78. Upaya merancang pengayaan bagi perserta didik yang mencapai ketuntasan berguru optimal tampak dalam aktivitas guru sebagai berikut:
A. Memberikan komplemen materi berupa sumber didik dari pengarang yang berbeda
B. menunjukkan test komplemen dengan tingkat kesukaran lebih tinggi
C. menunjukkan komplemen sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument testnya yang sesuai
D. diberikan materi materi didik yang lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang mempunyai kesulitan tinggi

79. Dasar rancangan agenda remidi bagi penerima didik yang capaian prestasinya di bawah ketuntasan berguru ....
A. proses pengajaran remedial intinya yakni proses berguru mengajar biasa
B. tujuan pengajaran remedial yakni sama dengan test diagnostik
C. sasaran terpenting pengajaran remidial yakni peningkatan kecerdasan siswa
D. taktik yang dipilihhanya berbentuk test ulang

80. Salah satu prinsip merancang agenda remidial bagi penerima didik tampak dalam aktivitas guru ....
A. Membuat rancangan pembelajaran khusus untuk siswa penerima remedial
B. Menggunakan rancangan pembelajaran yang telah dibentuk dengan memperhatikan hasil temuan analisis penilaian berguru siswa
C. Menggunakan rancangan pembelajaran gres yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada
D. merancang test ulang saja tanpa ada pengulangan klarifikasi materi

81. Agar sanggup menyusun hipotesis tindakan dengan tepat, Anda sanggup melaksanakan kegiatan-
kegiatan. Salah satu aktivitas itu yakni pengkajian teoretik di bidang pembelajaran/ pendidikan.Pernyataan tersebut merupakan aktivitas PTK pada langkah ...
A. merumuskan masalah
B. mengidentifikasi masalah
C. Merancang PTK dengan mengajukan hipotesis tindakan
D. menyusun proposal penelitian

82. Mengetahui proses tindakan, efek tindakan (yang disengaja dan tak sengaja), (c) keadaan dan hambatan tindakan, (d) bagaimana keadaan dan hambatan tersebut menghambat atau mempermudah tindakan dan pengaruhnya merupakan aktivitas PTK pada langkah ....
A. refleksi
B. observasi
C. perencanaan
D. pelaksanaan

83. Model rancangan PTK terletak pada alur pelaksanaan tindakan yang dilakukan. Hal ini sekaligus menjadi penanda atau ciri khusus yang membedakan PTK dengan jenis penelitian lain.
Adapun alur penelitian tindakan yang dimaksud yakni ....
A. A. observasi --> refleksi --> perencanaan --> pelaksanaan tindakan
B. refleksi --> perencanaan --> pelaksanaan tindakan --> observasi
C. perencanaan --> observasi --> pelaksanaan tindakan --> refleksi
D. perencanaan --> pelaksanaan tindakan --> observasi --> refleksi

84. Rumusan duduk kasus dalam PTK berikut, yang mana paling sempurna disebut sebagai rumusan duduk kasus PTK?
A. Apakah efek permainan kiprah sanggup meningkatkan keaktifan siswa kelas XI Sekolah Menengan Atas Negeri 2 Boyolali?
B. Bagaimana cara meningkatkan kemampuan siswa dalam mengajukan pertanyaan melalui metode tanya jawab dalam pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas XI IPA 2?
C. Mengapa siswa Sekolah Menengan Atas Negeri 2 Boyolali selalu menjadi juara dalam banyak sekali perlombaan nasional?
D. Bagaimana cara memakai alat peraga yang berasal dari lingkungan sekitar sekolah?

85. Dalam Penelitian tindakan kelas, duduk kasus yang diteliti berasal dari ....
A. kerisauan guru akan kinerjanya di kelas yang diajar
B. keriasauan pendidik akan mutu pendidikan
C. cita-cita untuk membantu guru
D. kepedulian peneliti akan kinerja guru

86. Di bawah ini yakni prinsip-prinsip penelitian tindakan kelas (PTK) berdasarkan Suharsimi Arikunto, kecuali....
A. Kesadaran diri untuk memperbaiki kinerja
B. Kegiatan yang direkayasa
C. Perencanaan
D. Upaya empiris dan sistematis

87. Pola perencanaan-pelaksanaan-observasi-refleksi secara sedikit demi sedikit dan terus-menerus merupakan karakteristik PTK dalam hal....
A. Pengumpulan data
B. Menganalisis masalah
C. Mencapai tujuan
D. Menentukan ruang lingkup

88. Peran guru dalam PTK yakni sebagai...
A. Guru
B. Peneliti
C. Guru dan Peneliti
D. Objek Penelitian

89. Berikut ini aktivitas PTK pada tahap pertengahan tindakan, kecuali....
A. Pelaksanaan tindakan
B. Observasi dan intepretasi
C. Diskusi balikan
D. Analisis data

90. Tujuan PTK adalah...
A. Perbaikan KBM
B. Menyusun teori baru
C. Memperbaiki teori
D. Menyusun generalisasi

91. Merenungkan kembali tindakan perbaikan dan dampaknya serta mencari jalan keluar untuk
tindak lanjut PTK merupakan...
A. Analisis
B. Refleksi
C. Observasi
D. Diskusi

92. Latar belakang, tujuan penelitian, dan manfaat penelitian harus menjadi penggalan dari PTK
khususnya pada bagian....
A. Kesimpulan
B. Prosedur penelitian
C. Pendahuluan
D. Metodologi penelitian

93. Persiapan awal dalam PTK adalah...
A. Menyiapkan cara wawancara
B. Membuat analisis kelayakan hipotesis
C. Membuat planning (perbaikan) pembelajaran dan skenarionya
D. Menyiapkan fasilitas dan sarana

94. Proposal penelitian dalam PTK adalah....
A. Usulan untuk mendapat dana penelitian
B. Uraian ihwal komponen-komponen yang harus dilakukan guru
C. Uraian projek penelitian pendidikan
D. Perencanaan sistematik untuk melaksanakan PTK

95. Berikut ini langkah-langkah dalam tahap perencanaan tindakan dalam PTK, kecuali...
A. Formulasi solusi dalam bentuk hipotesis tindakan
B. Analisis kelaikan hipotesis tindakan
C. Persiapan tindakan
D. Observasi dan inperetasi.

96. Kegiatan yang harus dilakukan sehabis pembelajaran adallah melaksanakan refleksi. Refleksi ini tidak hanya dilaksanakan pendidik saja, tetapi juga oleh penerima didik. Tujuan dilakukannya refleksi pembelajaran bagi penerima didik adalah....
A. untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kegagalan pendidik dalam pembelajaran
B. untuk mencapai kepuasaan diri penerima didik memperoleh wadah yang sempurna dalam menjalin komunikasi positif dengan pendidik.
C. untuk meningkatkan motivasi berguru penerima didik dalam mengikuti pembelajaran selanjutnya
D. untuk mencapai kepuasaan diri pendidik memperoleh wadah yang sempurna dalam menjalin komunikasi positif dengan penerima pendidik.

97. Kegiatan yang harus dilakukan sehabis pembelajaran yakni melaksanakan refleksi. Tujuan
dilakukan refleksi pembelajaran bagi pendidik antara lain yakni ....
A. Untuk menganalisis tingkat keberhasilan proses dan hasil berguru penerima didik
B. Untuk melaksanakan penilaian diri terhadap hasil berguru yang telah dilakukan
C. untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kegagalan pembelajaran
D. Untuk berbagi model pembelajaran sesuai dengan mata pelajaran yang diampu

98. Kegiatan refleksi merupakan aktivitas terakhir dari pelaksanaan pembelajaran. Pada aktivitas inilah guru akan sanggup mengetahui berhasil tidaknya planning pelaksanaan pembelajaran.
Kegiatan refleksi dilakukan dengan memperhatikan beberapa prinsip, diantaranya yakni ....
A. Hasil penilaian pendidik dijadikan masukan oleh pendidik untuk perbaikan pembelajaran
B. Ada kesadaran pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
C. Penilaian dilaksanakan di final pembelajaran
D. Penilaian dilaksanakan semenjak awal pembelajaran hingga final pembelajaran

99. Refleksi terhadap pembelajaran mutlak harus dilakukan oleh pendidik untuk meningkatkan mutu pembelajaran dan meningkatkan kinerjanya sendiri dengan memperhatikan beberapa prinsip, di antaranya yakni ....
A. Penilaian dilaksanakan di final pembelajaran
B. Ada kesadaran pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
C. Penilaian oleh penerima didik dilakukan dengan sangat kritis
D. Hasil penilaian pendidik dijadikan masukan oleh pendidik untuk perbaikan pembelajaran

100. Untuk mengetahui keberhasilan berguru penerima didik, baik selama maupun sehabis penerima didik mengikuti pembelajaran tertentu sanggup dilihat melalui pengamatan keaktifan penerima didik dalam bekerjasama atau wawancara ihwal kesulitan-kesulitan yang dihadapi penerima didik selama mengikuti pembelajaran.Pertanyaan-pertanyaan yang sanggup menjelaskan menunjukkan klarifikasi tetang hasil wawancara atau pengamatan diantaranya yakni ...
A. Mengapa penerima didik tidak aktif dalam mengikuti pembelajaran?
B. Bagaimanakah proses pembelajaran yang dilakukan semoga efektif?
C. Apakah kompetensi awal penerima didik untuk mengikuti pembelajaran memadai?
D. mengapa penerima didik kita menunjukkan respon negatif atas pelaksanaan pembelajaran yang kita lakukan

Demikianlah yang sanggup kami sampaikan, semoga sanggup dimengerti sehingga sanggup memahami terkait dengan Program Pendidikan Profesi Guru atau PPG. Bagi Bapak Ibu atau siapa saja yang akan mengikuti Preetest PPG admin do'akan sukses dan mendapat aksesterbaik sesuai dengan apa yang diharapkan. Amiin

Belum ada Komentar untuk "✔ Pengertian, Gelar, Tujuan, Syarat, Keunggulan, Permendikbud Wacana Ppg, Dan Pola Soal Preetest Ppg"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel