✔ Download Soal Pts, Uts Matematika Kelas 8 Smp Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi 2018

Soal matematika kelas 8 semester 1 kurikulum 2013 ini sebagai materi latihan persiapan dalam menghadapi pelaksanaan Penilaian Tengah Semester Ganjil di SMP atau Madrasah Tsanawiyah. Soal ini dilengkapi dengan kunci tanggapan sehingga memudahkan untuk mengoreksi benar dan salahnya hasil pekerjaan penerima didik.

Bagi Bapak Ibu guru yang mengajar bidang studi matematika kelas VIII SMP/MTs dan sedang mencari soal sebagai materi contoh dalam pembuatan soal khususnya mapel matematika kurikulum 2013 terbaru admin sediakan di ruang ini. dan Bapak Ibu sanggup download pada link di bawah ini.

Sebagai materi acuan Konsep Penilaian dalam Pembelajaran Matematika, Bapak Ibu dalam menilai harus mengacu kepada Permendikbud Nomor 53 Tahun 2015, penilaian merupakan proses pengumpulan informasi/data wacana capaian pembelajaran penerima didik dalam aspek sikap, aspek pengetahuan, dan aspek keterampilan yang dilakukan secara berkala dan sistematis yang dilakukan untuk memantau proses, kemajuan belajar, dan perbaikan hasil berguru melalui penugasan dan penilaian hasil belajar. Penilaian yang dimaksud yakni penilaian hasil berguru oleh guru. Penilaian berfungsi untuk memantau kemajuan belajar, memantau hasil belajar, dan mendeteksi kebutuhan perbaikan hasil berguru penerima didik secara berkesinambungan. Penilaian dilaksanakan untuk memenuhi fungsi formatif dan sumatif dalam penilaian. Penilaian bertujuan antara lain untuk (a) mengetahui tingkat penguasaan kompetensi, (b) menetapkan ketuntasan penguasaan kompetensi, (c) menetapkan agenda perbaikan atau pengayaan menurut tingkat penguasaan kompetensi, dan (d) memperbaiki proses pembelajaran.

Penilaian yang dilakukan oleh guru mencakup aspek sikap, aspek pengetahuan, dan aspek keterampilan. Penjelasan ketiga aspek penilaian akan dibahas selanjutnya. Penilaian untuk aspek pengetahuan dan keterampilan dilakukan terhadap penguasaan tingkat kompetensi sebagai capaian pembelajaran. 

Soal yang dibagikan ini mengacu kepada buku guru dan buku siswa matematika kelas VIII Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi 2018. Selengkapnya mengenai Soal matematika kelas 8 semester ganjil berikut link download di bawah ini.
Soal PTS, UTS Kelas 8 Semester 1 Matematika Kurikulum 2013 Revisi 2018 DOWNLOAD

Baca juga soal-soal lainnya di bawah ini.
Soal dan Kunci Jawaban Matematika SMP Kelas 7 Semester Genap Kurikulum 2013 Lengkap Dengan Kisi-Kisi LINK DISINI
Soal UTS/PTS SMP Kelas VII (7) Semester 1 K-13 Semua Mata Pelajaran LINK DISINI
Soal, Kunci Jawaban, Pembahasan Perguruan Tinggi Swasta / UTS / UKK Matematika SMP / MTs Kelas VIII (8) Semester 1 LINK DISINI
 
Inilah sekilah wacana soal matematika kelas 8 semester 1 di bawah ini.
SOAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER
Mata Pelajaran  : Matematika
Kelas                 : VIII (Delapan)
Semester           : I (Ganjil)
Acuan               : Kurikulum 2013

1. Batang korek api disusun dengan dengan susunan menyerupai pada gambar berikut.


Jika pola tersebut terus berlanjut, banyak batang korek api pada susunan ke-10 yakni ... batang.
A. 33
B. 36
C. 39
D. 42

2. Perhatikan pola bilangan berikut.
(3, 6), (6, 15), (8, 21)
Pernyataan yang sempurna untuk mendapat bilangan kedua dari pasangan
bilangan pertama pada pola tersebut yakni ....
A. Ditambah 3
B. Dikalikan 2
C. Dikalikan 2 kemudian ditambah 3
D. Dikalikan 3 kemudian dikurangi 3

Petunjuk : Untuk soal no. 3 - 16, pilihlah salah satu tanggapan yang benar sesuai dengan pola barisan yang diberikan.

3. 10, 30, 50, 70, ..., ..., ...
A. 80, 90, 100
B. 90, 110, 130
C. 100, 200, 400
D. 110, 130, 150

4. 2, 3, 8, 11, 16, ..., ..., ...
A. 19, 24, 27
B. 18, 23, 26
C. 20, 25, 28
D. 19, 25, 28

5, 4, 9, 8, 13, 12, 17, ..., ..., ...
A. 18, 23, 22
B. 17, 22, 21
C. 16, 21, 20
D. 15, 20, 19

6. 1, 3, 4, 7, 9, 13, 16, 21, ..., ...
A. 27, 31
B. 25, 31
C. 25, 30
D. 25, 29

7. 2, −6, 18, −32, 64, ..., ..., ...
A. −128, 254, −508
B. 128, −254, 508
C. −96, 128, −160
D. −254, 508, −1016

8. 90, 30, 10, ..., ..., ...
A. 10/3, 10/9, 10/27
B. 3, 2, 1
C. 7, 4, 1
D. 10/9, 10/27, 10/81

9. 4, −7, 10, −13, 16, ..., ..., ...
A. 19, −22, 25
B. −20, 25, −31
C. 20, −24, 28
D. −19, 22, −25

10. A, K, C, ..., E, O, G
A. D
B. L
C. N
D. M

11. 1, 3, 4, 7, ..., ..., 29
A. 11, 19
B. 11, 18
C. 10, 17
D. 10, 18

12. 1, 4, 9, 16, ..., ..., 49
A. 25, 36
B. 25, 30
C. 20, 36
D. 24, 34

13. 2, 4, 10, 11, 18, 18, 26, 25, ..., ..., ...
A. 32, 30, 40
B. 33, 31, 41
C. 34, 32, 42
D. 35, 33, 43

14. 1, 5, –1, 3, 7, 1, 5, 9, 3, 7, 11, 5, ..., ..., ...
A. 8, 12, 6
B. 9, 13, 7
C. 10, 14, 8
D. 11, 15, 9

15. 4, 10, ..., ..., 34, 44
A. 17, 26
B. 16, 22
C. 17, 25
D. 16, 25

16. 100, 92, ..., 79, ..., 70
A. 85, 73
B. 84, 74
C. 84, 71
D. 85, 74

17. Jika angka di belakang koma pada bilangan 7,1672416724167... dilanjutkan terus menerus, angka pada tempat kedudukan 1/1033 yakni ...
A. 1
B. 6
C. 7
D. 2

18. Angka satuan pada bilangan 2.0132.001 yakni ...
A. 3
B. 9
C. 7
D. 1

19. Jika n pada bilangan 1.248n yakni suatu bilangan bundar positif, nilai n semoga angka satuannya 8 yakni ...
A. 2.013
B. 2.014
C. 2.015
D. 2.016

20. Jika n menyatakan banyak rusuk sisi ganjal suatu limas, maka banyak rusuk pada limas tersebut yakni ....
A. 3n
B. 2n
C. 3n + 1
D. 2n + 1

21. Diketahui titik A(3,1), B(3, 5), C(–2, 5). Jika ketiga titik tersebut dihubungkan akan membentuk
A. segitiga sama sisi
B. segitiga sama kaki
C. segitiga siku-siku
D. segitiga sembarang

22. Diketahui dalam koordinat Kartesius terdapat titik P, Q , dan R. Titik P(4,6) dan titik Q(7, 1). Jika titik P, Q , dan R dihubungkan akan membentuk segitiga siku-siku, maka koordinat titik R yakni ....
A. (6, 5)
B. (4, 5)
C. 6, 1)
D. (4, 1)

Untuk pertanyaan nomor 3 – 10 perhatikan koordinat kartesius berikut ini.
23. Koordinat titik A yakni ...
A. (5, 7)
B. (–5, 7)
C. (7, 5)
D. (7, –5)

24. Koordinat titik C yakni ....
A. (4, 4)
B. (–4, 4)
C. (4, –4)
D. (–4, –4)

25. Koordinat titik F yakni ....
A. (8, 6)
B. (8, –6)
C. (6, –8)
D. (–8, –6)

26. Koordinat titik H yakni ....
A. (6, 5)
B. (–6, 5)
C. (6, –5)
D. (–6, –5)

27. Titik-titik yang berjarak 3 satuan terhadap sumbu-X yakni ....
A. Titik B dan C
B. Titik E dan G
C. Titik B dan E
D. Titik E dan G

28. Titik-titik yang berjarak 4 satuan terhadap sumbu-Y yakni ....
A. Titik B dan C
B. Titik E dan G
C. Titik B dan E
D. Titik E dan G

29. Titik-titik yang ada di kuadran II yakni ....
A. Titik A dan B
B. Titik C dan D
C. Titik E dan F
D. Titik G dan H

30. Titik-titik yang ada di kuadran IV yakni ....
A. Titik A dan B
B. Titik C dan D
C. Titik E dan F
D. Titik G dan H

31. Garis-garis yang sejajar dengan sumbu-X yakni ....
A. garis m dan n
B. garis m dan l
C. garis k dan m
D. garis k dan l

32. Garis-garis yang sejajar dengan sumbu-Y yakni ....
A. garis m dan n
B. garis m dan l
C. garis k dan m
D. garis k dan l

33. Garis m dan garis n yakni adalah dua garis yang ....
A. Tegak lurus
B. berimpit
C. berpotongan
D. sejajar

34. Garis n dan garis k yakni dua garis yang ....
A. Tegak lurus
B. berimpit
C. berpotongan
D. sejajar

35. Garis yang berada disebelah kanan sumbu-Y yakni ....
A. garis m
B. garis n
C. garis k
D. garis l

36. Garis yang berada di bawah sumbu-X yakni ....
A. garis m
B. garis n
C. garis k
D. garis l

37. Jarak garis m terhadap sumbu- Y yakni ....
A. 2 satuan
B. 3 satuan
C. 4 satuan
D. 5 satuan

38. Jarak garis k terhadap sumbu- X yakni ....
A. 2 satuan
B. 3 satuan
C. 4 satuan
D. 5 satuan

39. Koordinat titik potong garis m dan l yakni ....
A. (2, 3)
B. (–5, 3)
C. (–5, –6)
D. (2, –6)

40. Koordinat titik potong garis n dan l yakni ....
A. (2, 3)
B. (–5, 3)
C. (–5, –6)
D. (2, –6)

41. Diketahui himpunan P = {1, 2, 3, 5} dan Q = {2, 3, 4, 6, 8, 10}.
Jika ditentukan himpunan pasangan berurutan {(1, 2), (2, 4), (3, 6), (5, 10)}, maka hubungan dari himpunan P ke himpunan Q yakni ....
A. kurang dari
B. setengah dari
C. dua kali dari
D. kuadrat dari

42. Empat orang anak berjulukan Tohir, Erik, Taufiq, dan Zainul mempunyai kesukaan masing-masing. Kesukaan Tohir berguru kelompok dan menulis cerpen, kesukaan Erik bermain komputer dan renang, kesukaan Taufiq menulis cerpen dan renang, dan kesukaan Zainul renang saja.
Anak yang mempunyai kesukaan menulis cerpen, tetapi tidak suka berguru kelompok yakni ....
A. Tohir
B. Erik
C. Taufiq
D. Zainul

43. Diketahui himpunan pasangan berurutan:
(i) {(0, 0), (2, 1), (4, 2), (6, 3)}
(ii) {(1, 3), (2, 3), (1, 4), (2, 4)}
(iii) {(1, 5), (2, 5), (3, 5), (4, 5)}
(iv) {(5, 1), (5, 2), (4, 1), (4, 2)}
Himpunan pasangan berurutan yang merupakan pemetaan (fungsi ) yakni ....
A. (i) dan (ii)
B. (i) dan (iii)
C. (ii) dan (iii)
D. (iii) dan (iv)

44. Antara himpunan A = { a, b} dan himpunan B = {1, 2, 3} sanggup dibuat banyak pemetaan dengan ....
A. 3 cara
B. 6 cara
C. 8 cara
D. 9 cara

45. Bila P = { a, b, c } dan Q = {1, 2, 3}, maka banyaknya korespondensi satu-satu yang mungkin dari P ke Q yakni ....
A. 3 cara
B. 6 cara
C. 9 cara
D. 27 cara

46. Fungsi f : x → x + 1 dengan tempat asal {2, 4, 6, 8} mempunyai tempat hasil ....
A. {2, 4, 6, 8}
B. {3, 5, 7, 9}
C. {1, 3, 5, 7}
D. {2, 3, 4, 5}

47. Jika diketahui f(x) = 2 x + 5 dan f(x) = –3, maka nilai dari x yakni ....
A. –3
B. –4
C. –5
D. –6

48. Diketahui fungsi f : x → 2x – 1. Pernyataan di bawah ini yang salah adalah...
A. 3 → 4
B. f(–5) = –11
C. bila f(a) = 5, maka a = 3
D. bayangan 1 yakni 1

49. Diketahui G(x) = ax + b. Jika G(–2) = –4 dan G(–6) = 12, maka bentuk fungsi G yakni ....
A. G(x) = –4 x + 12
B. G(x) = –4 x – 12
C. G(x) = –2 x + 6
D. G(x) = –4 x – 6

50. Daerah asal fungsi yang didefinisikan dengan fungsi f dari x ke 2 x – 1 yakni {x | −2 x < x < 3; x ∈ B }. Daerah akibatnya yakni .....
A. {–3, –1, 1, 3}
B. {–2, –3, –1, 1, 3, 4}
C. {–2, –1, 0, 1, 3}
D. { –1, 0, 1, 2}

51. ...... dst

Soal PTS, UTS Matematika Kelas 8 SMP Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi 2018

Soal yang disajikan ini. Kami harapkan sanggup membantu semuanya baik guru, maupun siswa dalam proses pelaksanaan Penilaian Tengah Semester Tahun Pelajaran 2019/2020.

Belum ada Komentar untuk "✔ Download Soal Pts, Uts Matematika Kelas 8 Smp Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi 2018"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel